Sunday, May 19, 2013

6 Jenis Keju yang Unik di Dunia

Keju merupakan makanan yang berasal dari air susu. Keju mengandung protein dan lemak yang didapatkan dari air susu sapi, kerbau, kambing, bahkan keledai. Keju merupakan kumpulan protein casein yang terdapat dalam susu yang memadat (menggumpal), dan dibiarkan mengental dan mengeras menjadi satu. Seperti halnya lemak, pada suhu tertentu keju dapat meleleh. Berikut uniknya merangkum 5 jenis keju uni di dunia:

1. Stilton cheese (Keju Keemasan)
Sobat Unik keju yang satu ini biasa digunakan sebagai bahan tambahan jamuan makanan di saat merayakan Hari Natal. Jenis keju unik ini dinamakan Stilton cheese dan dijual dengan harga yang mahal yakni 60.87 poundsterling per 100 gram, atau 608 poundtserling (1.000 dolar AS) per kilo. Maka tidak heran jika Stilton cheese merupakan keju termahal di daratan Inggris. Dan yang menyebabkan harga keju unik ini melambung tinggi adalah kandungan logam emas (dapat dimakan) yang terdapat di dalamnya.

2. Pule (Keju Termahal di Dunia)
Berbeda dengan stilton cheese, keju pule ini dibuat di Zasavica, sebuah kawasan alamiah di Kota Belgrade, Serbia. Luar biasanya sepotong keju pule dihargai 1.700 dolar AS, mahal sekali bukan? Kenapa tidak karena keju putih dan empuk ini dibuat dari bahan yang tidak biasa, yakni susu keledai. Untuk menghasilkan 1 kg keju pule saja dibutuhkan 25 liter susu keledai, tanpa campuran bahan lainnya.

3. Epoisses (Keju paling ‘bau’)
Saking baunya keju yang satu ini tidak diperbolehkan dibawa masuk ke dalam alat transportasi umum di Perancis, karena membuat orang-orang disekitarnya tidak nyaman. Dikabarkan pula keju epoisses ini merupakan salah satu makanan favorit Kaisar Napoleon Bonaparte. Sobat unik keju yang satu ini terbuat dari susu sapi mentah dan segar dengan sedikit tambahan pomace Brandy.

4. Casu marzu (Keju Dengan Larva Lalat)
Keju yang satu ini berasal dari Italia, tepatnya dari Kepulauan Sardinia. Nama Casu marzu sendiri berarti “keju busuk” ataupun “keju berlarva/belatung.” Dan belatung-belatung yang hidup di dalam keju tersebut berasal dari lalat. Keju Italia yang satu ini berasal dari susu kambing, pecorino sardo, kemudian difermentasikan lebih lama daripada pembuatan keju normal. Ditambahkan pula larva lalat (Piophila casei), hewan kecil imut ini berguna untuk menghilangkan lemak yang terdapat dalam keju. Selain itu, larva lalat tersebut menjadikan keju lebih empuk.
Jika sebagian orang merasa jijik dan enggan memakan Casu marzu dengan larva hidup di dalamnya, berbeda dengan masyarakat Sardinia. Mereka menganggap Casu marzu lebih berbahaya jika larva-larva di dalamnya sudah tidak ada lagi yang hidup.

5. Milbenkäse (Terbuat Dari Kotoran Tungau)
Dengan tingkat produksi lebih dari 1,8 juta ton dengan 400 jenis keju berbeda, menjadikan Jerman sebagai negeri keju terbesar di dunia. Bahkan beberapa jenis bahkan dibuat dengan cara unik dan tidak biasa untuk menghasilkan keju yang lezat. Salah satunya adalah Milbenkäse, keju yang dibuat dengan cara membiarkan ribuan lebih kutu debu hinggap dan berkeliaran di atasnya. Tungau atau kutu-kutu tersebut akan mengeluarkan kotoran yang mengandung enzim, kotoran tersebut berguna untuk mempercepat kematangan keju.
Setelah melewati satu bulan, keju akan berwarna kuning, tiga bulan berikutnya warna keju menjadi coklat kemerahan. Dan jika dibiarkan selama satu tahun makan warnanya akan menjadi kehitaman. Milbenkäse pun selain lezat dapat menyembuhkan mereka yang menderita alergi debu rumah, meski harus memakan sekaligus dengan tungau yang ada di dalamnya.

6. Halloumi (Keju yang Tidak Meleleh)
Jika keju biasanya meleleh dalam suhu panas, berbeda dengan keju dari Siprus ini. Halloumi sangat kuat dan memiliki titik leleh lebih tinggi daripada keju yang lain. karenanya keju yang satu ini tepat sekali untuk olahan makanan yang dipanggang dan digoreng. Di negerinya sendiri Halloumi dinikmati bersama semangka, terutama di musim panas. Kandungan air semangka sangat menyegarkan sementara keju halloumin memberikan cita rasa lezat. Bahkan di kedai minuman, halloumi seringkali disajikan untuk menikmati minuma bir.

Tambahan:

Vieux Lille (Keju ‘Aroma Terkuat’ di Dunia)
Teddington Cheese adalah toko yang menjual berbagai macam keju dari berbagai penjuru dunia, bahkan di toko milik orang Inggris ini dijual beberapa jenis keju dengan aroma sangat kuat. Saking kuatnya si penjual harus menggunakan masker penutup hidung. Dan jika Sobat Unik penasaran keju mana yang paling kuat, maka pelayan toko akan menunjukkan Vieux Lille. Dengan aroma yang menyengat dan rasa asin yang kuat, maka tidak cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang mudah pingsan atau alergi terhadap bebauan. Nama lain dari keju Vieux Lille, adalah “Puant de Lille” dan “Puan Macéré”.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment