Monday, December 13, 2010

Kebun Binatang Tertua Didunia "Vienna Zoo"

Vienna Zoo (Tiergarten Schönbrunn) dibangun tahun 1752 oleh Adrian van Stekhoven atas perintah Kaisar Romawi Franz I. Sebanyak tiga belas kandang hewan dibuat disitu mengelilingi Paviliun Pusat. Di Paviliun Pusat ini dimaksudkan sebagai tempat sarapan dan istirahat Sang Kaisar, sehingga saat Kaisar sedang jenuh, ia bisa berkeliling area sekitar untuk melihat-lihat hewan.

Pada tahun 1779 barulah kebun binatang ini dibuka untuk umum. Dan Kaisar Joseph II pengganti Franz I tetap melanjutkan pemeliharaan hewan, dan ekspedisi ke Amerika dan Afrika untuk bisa menambah koleksi di Kebun Binatang tersebut

Bahkan Pada awal Perang Dunia I, kebun binatang ini sudah mencapai 712 spesies dan 3500 spesimen. Dan setelah pembubaran Kekaisaran Austria-Hongaria setelah perang, kebun binatang menjadi tanggung jawab Republik Austria. Karena dikelola negara, maka negara merenovasi dan memperluas area kebun binatang. Bahkan sekarang sudah terdapat banyak bangunan baru, termasuk Rainforest House, Desert House, Aquarium dan Terarium House, dan Polarium.

Baru-baru ini Vienna Zoo (Tiergarten Schönbrunn) dinyatakan sebagai kebun binatang Eropa terbaik oleh Zoological Society of London.

Berikut Sketsa Gambaran Vienna Zoo Pada sekitar Tahun 1800-an


Vienna Zoo (dalam bahasa setempat: Tiergarten Schönbrunn) adalah kebun binatang terletak di dalam area Istana Schönbrunn di Wina, Austria. Kebun Binatang ini didirikan oleh Kekaisaran setempat pada tahun 1752, dan menjadi kebun binatang tertua di dunia saat ini. Bahkan Vienna Zoo, sekarang menjadi Kebun Binatang Terbaik di Eropa saat ini



Area-Area Unggulan Di Dalam Vienna Zoo
Berikut adalah 4 Area Unggulan di dalam Kebun Binatang Vienna yang banyak sekali dikunjungi Turis, dan sekaligus 4 Area inilah yang membuat Vienna Zoo didaulat sebagai Kebun Binatang Eropa Terbaik.

1. REGENWALDHAUS – Area Hutan Hujan Buatan

Area ini Dibuka pada tahun 2002. Rumah hutan hujan ini adalah Sebuah kandang kaca raksasa merembuat keadaan didalamnya seperti hutan lengkap dengan badai petir buatan. Jadi disini pengunjung bisa berkeliling didalam seperti layaknya ada di hutan tropis, dengan burung yang hidup bebas, kelelawar dan hewan lainnya.



2. Terarium House - Terowongan Akuarium

Terarium adalah Terowongan akuarium dimana kita dapat melihat aneka terumbu besar, penuh dengan anemon ikan berwarna cerah dan karang. Pengunjung akan disuguhi kekayaan spesies ikan dan keindahan terumbu karang yang beraneka ragam


3. Polarium - Area Kutub Dingin

Area polarium adalah area khusus yang dibuat untuk spesies yang butuh udara dingin (seperti penguin, beruang kutub, singa laut, dll). Di Polarium ini sering juga diadakan event-event dan hiburan sirkus hewan didalamnya. sehingga pengunjung terhibur oleh atraksi dari penguin dan beruang kutub.



4. Wüstenhaus - Area Padang Pasir
Area ini didesain sedemikian rupa hingga mirip padang pasir. Sehingga Pengunjung yang masuk kedalamnya dapat disuguhi aneka botani khas padang pasir dan juga aneka hewan khas padang pasir (kebanyakan kadal dan unta)



4 Area Unggulan Inilah yang "mengantar" Vienna Zoo selain sebagai Kebun Binatang Tertua Di Dunia, namun juga sebagai Kebun Binatang Terbaik Eropa (didaulat oleh Zoological Society )

No comments:

Post a Comment