Tuesday, December 14, 2010

Istilah dalam Sepak Bola yang Mungkin Anda Belum Tahu

Dalam pertandingan sepak bola kita sering mendengar kata-kata seperti diving, tackle, tendangan voli, tendangan first time, dan lain-lain. Untuk orang yang berkecimpung di dunia sepak bola, kata-kata itu tidak begitu asing. Namun bagi orang-orang awam, istilah seperti itu kadang membingungkan. Karenanya kami tampilkan beberapa istilah yang sering kita dengar dalam permainan sepak bola.
Sepak Bola Keren
Istilah dalam Sepak bola
1. Back Pass
Back Pass adalah umpan pemain ke arah penjaga gawang sebagai upaya untuk mengamankan wilayah pertahanan.

2. Clearing
Clearing adalah menghalau bola di daerah pertahanan sejauh mungkin ke arah depan.

3. Bicycle kick
Bicycle kick yaitu tendangan akrobatik ke gawang lawan untuk menyambut umpan silang dengan cara melompat membelakangi gawang sambil menendang bola dilewatkan kepala penendang (tendangan salto).

4. Tendangan Gawang
Tendangan Gawang adalah tendangan yang dilakukan dari daerah gawang sebagai akibat keluarnya bola melewati garis gawang, dimana sentuhan terakhir dilakukan oleh pemain penyerang.

5. Tendangan Sudut
Tendangan Sudut adalah tendangan dari daerah sudut lapangan oleh pemain penyerang karena bola melewati garis gawang setelah menyentuh pemain bertahan.

6. Intercept
Intercept biasanya disebut cara untuk memotong umpan lawan.

7. Tendangan Voli
Tendangan Voli adalah tendangan oleh pemain penyerang menendang bola hasil umpan lambung tanpa menunggu bola menyentuh tanah.

8. Tendangan First Time
Tendangan First Time adalah tendangan oleh pemain penyerang menendang bola dengan keras ke arah gawang pada kesempatan pertama (sentuhan pertama dengan bola).

9. Tendangan Penalty
Tendangan Penalty adalah tendangan yang dilakukan dari titik pinalti di dalam daerah Penalty, dengan jarak 11 meter dari gawang. Penalty terjadi jika pemain melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan di kotak tersebut (kotak penalty timnya sendiri).

10. Offside
Offside artinya pemain penyerang berada pada posisi lebih dekat ke gawang lawan dari pada pemain bertahan lawan sebelum bola diumpan oleh rekannya. Faktor yang dapat menggagalkan pemain terkena offside walaupun berada pada daerah offside dengan tidak mengambil bola atau tidak aktif dan saat teman mengoper kita, berdirilah di luar lapangan (jika kita berada di luar lapangan, kita dianggap tidak aktif a.k.a pasif) dan masuk ke dalam lapangan mengejar bola. Jika pemain melanggar offside, team B pada perumpamaan diatas akan mendapatkan tendangan bebas tetap di tempat kejadian.

11. Handsball
Handsball terjadi apabila pemain (selain kiper) menyentuh bola dengan tangan. Penjaga gawang juga akan dinyatakan handsball jika menyentuh bola di luar daerah pinalti.

12. Total Football
Total Football adalah sistim permainan yang dikembangkan Belanda dengan melakukan serangan secara simultan ke arah gawang lawan oleh semua pemain, selain penjaga gawang.

13. Tendangan First Time
Tendangan First Time adalah tendangan yang cukup ampuh dan mematikan, karena bola dapat bergerak liar dan susah dijangkau kiper. Biasanya tendangan first time adalah umpan atau bola muntah yang melambung atau juga bisa mendatar dan langsung ditendang ke gawan dengan keras, maka bolanya dapat bergerak liar.

14. Back Heel
Back Heel adalah trik menendang dalam sepak bola yaitu menendang dengan menggunakan tumit kaki. Trik ini cukup ampuh untuk mengelabui musuh.

15. Diving
Diving adalah istilah dalam dunia sepak bola yang mengacu pada tindakan pemain yang sengaja beraksi seperti terjatuh dan kesakitan setelah menerima perlakuan pemain lawan. Diving biasa dilakukan agar pemain dan timnya mendapatkan keuntungan berupa tendangan bebas, tendangan penalti, bahkan dikeluarkannya pemain lawan yang dianggap mengasari pemain yang melakukan diving. Untuk yang ketahuan melakukan diving, akan langsung dikenakan kartu kuning oleh wasit. Jika ketahuan melakukan diving yang mengakibatkan tim lawan kalah (misal: diving di kotak penalti sehingga mendapat penalti), akan diberikan sanksi.

16. Pertandingan Derby
Pertandingan derby adalah pertandingan antara tim sepak bola yang mempertemukan dua tim yang masing-masing memiliki sejarah dan rivalitas tinggi. Pertandingan derby dapat terjadi karena persaingan prestasi antara kedua tim, persaingan antara dua tim satu kota yang membuat pertandingan menjadi bergengsi.
Contoh Pertandingan Derby :

Derby della Madonnina : AC Milan vs Inter Milan
Derby della Capitale : AS Roma vs SS Lazio
Derby della Mole : Juventus vs Torino F.C.
Derby d'Italia : Juventus vs Inter Milan
Derby of Manchester : Manchester United F.C. vs Manchester City F.C.
Derby of Great London : Arsenal F.C. vs Chelsea F.C.
Derby of Merseyside : Liverpool F.C. vs Everton F.C.
North-West derby : Manchester United F.C. vs Liverpool F.C.
Derby of Manchester: Manchester United F.C. vs Manchester City F.C.

North London derby : Arsenal F.C. vs Tottenham Hotspur
El Clásico : Real Madrid vs FC Barcelona
Madrid derby : Real Madrid vs Atlético Madrid
El Derbi Barceloní : FC Barcelona vs RCD Espanyol

17. Hattick dan Quattrik
Hattick adalah istilah untuk pemain yang mencetak 3 gol dalam 1 pertandingan. Quattick adalah istilah untuk pemain yang mencetak 4 gol dalam 1 pertandingan.

18. Injury Time
Injury Time adalah istilah perpanjangan waktu dalam sepak bola. Injury time diberikan saat ujung babak. Biasanya injury time berkisar antara 1-4 menit, ada yang lebih dari 4 menit, tetapi itu terjadi sebab waktu bermain terbuang karena suatu konflik atau kejadian tertentu.

19. Boxing Day
Boxing Day adalah Pertandingan yang lige premier Inggris yang digelar satu hari setelah natal (25 Desember).

20. Zamora Trophy
Zamora Trophy adalah tropi untuk kiper di la liga spanyol yang memegang rekor paling lama tidak kebobolan dalam satu musim kompetisi

21. Silver goal
Silver goal ialah istilah untuk gol yang dicetak di masa perpanjangan waktu dimana setelah gol terjadi, maka pertandingan akan dihentikan telah jeda babak perpanjangan terdekat berakhir. Jika goal terjadi di masa perpanjangan pertama, maka pertandingan selesai setelah isitirahat babak tersebut berakhir.

22. Golden goal
Golden goal adalah istilah untuk gol yang dicetak di masa perpanjangan waktu dimana setelah gol terjadi, maka pertandingan akan langsung dihentikan

23. Ball Possesion
Ball Possesion yaitu istilah untuk penguasaan bola, artinya berapa lama waktu atau prosentase bola jatuh ke kaki total seluruh pemain dari sebuah klub dalam sebuah pertandingan

24. Treble Winner
Treble Winner adalah Istilah untuk klub pemenang tiga piala dalam tiga kejuaraan yang berbeda dalam satu musim kompetisi. Manchester United adalah salah satu klub yang pernah meraih title ini.

25. Starting eleven
Starting eleven adalah istilah untuk 11 pemain utama yang mengisi sebuah tim sepakbola dan dimainkan sejak menit pertama

Adapun Istilah-istilah yang mungkin masih sangat asing bagi anda, Ini sedikit rangkumannya, dan kalau ada yang tahu lebih banyak, mohon ditambah atau diralat:

1. Rabona
Rabona adalah teknik dalam menendang bola dimana kaki yang dipakai untuk menendang bola disilangkan di belakang kaki tumpuan. Kalau nggak punya skill tinggi jangan harap deh bisa melakukannya. Di Manchester United, yang pertama kali melakukannya adalah Juan Sebastian Veron. Cristiano Ronaldo juga beberapa kali melakukan teknik unik ini.

2. Sombrero
Dalam bahasa Spanyol, sombrero artinya sejenis topi, yang kemudian menjadi ciri khas negara Meksiko. Teknik mengecoh lawan ini dilakukan dengan mencungkil bola melewati kepala lawan lalu pemain berlari mengejar bola tersebut. Freddy Adu pernah menggegerkan MLS dengan teknik ini. Tapi pemain yang pertama kali memakai gaya ini adalah sang legenda Pele.

3. Roulette
Roulette artinya berputar. Teknik mendribling bola dengan memutar badan sambil bergerak di atas bola. Sungguh gerakan yang sulit dan membingungkan lawan. Zidane lah yang paling terkenal dalam teknik ini.

4. Pedalada
Teknik menggerakkan kaki menari nari di atas bola seperti mengayuh sepeda untuk menipu lawan. CR7, Ronaldo, Robinho atau Ronaldinho mahir sekali menggunakan teknik ini.

5. El pichichi
Sebenarnya banyak yang tahu istilah ini. Istilah ini adalah sebutan untuk Topskorer di Liga Spanyol. Tapi istilah ini tidak ada dalam bahasa Spanyol. Istilah ini adalah julukan dari seorang pemain Athletic Bilbao, Rafael "Pichichi" Moreno.

6. Trequartista
Artinya pemain tiga perempat. Bukan berarti tingginya hanya tiga perempat normal. Maksudnya adalah pemain yang beroperasi di wilayah tiga perempat lapangan, alias di daerah pertahanan lawan. Inilah pemain yang dianggap otak dari segala serangan. AC Milan terkenal dengan pemain-pemain yang hebat di posisi ini. mulai dari Niels Lindholm sampai Kaka'. Pemain ini bermain tepat berada diantara gelandang dan Striker. Posisinya yang menggantung membuatnya bebas bergerak ke manapun. Dalam istilah Inggris dikenal dengan sebutan The Phantom

Sebenarnya masih banyak istilah-istilah dalam Dunia Sepak Bola, mengingat sepak bola itu sangat luas jadi mungkin itulah beberapa Istilah yang sempat saya posting. Jika anda ingin menambahkan atau meralat istilah diatas silakan beri Tanggapan di Kotak Komentar yang ada di bawah.

No comments:

Post a Comment