Thursday, August 11, 2011

Thor



Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas

Dalam paganisme Jerman, Thor (dari bahasa lama norsk, Þórr) adalah memegang palu-dewa yang berhubungan dengan guntur, petir, badai, pohon-pohon ek, kekuatan, kerusakan, kesuburan, penyembuhan, dan perlindungan umat manusia. Dewa serumpun dalam mitologi Jermanik yang lebih luas dikenal di Old bahasa Inggris sebagai Þunor dan di Old Tinggi Jerman Donar (rahasia þonar), yang berasal dari Jerman Þunraz (berarti "petir").

Akhirnya yang berasal dari agama Proto-Indo-Eropa, Thor adalah jelas disebutkan dewa sepanjang sejarah mencatat bangsa-bangsa Jerman, dari pendudukan Romawi wilayah Germania, ke ekspansi suku Periode Migrasi, untuk popularitas yang tinggi selama Viking Umur, ketika, dalam menghadapi proses Kristenisasi Skandinavia, lambang-nya palu, Mjöllnir, yang dipakai dalam menantang dan Norse pagan nama pribadi yang berisi nama saksi dewa untuk popularitasnya. Ke periode modern, Thor terus diakui dalam cerita rakyat pedesaan di seluruh wilayah Jerman. Thor sering dirujuk dalam nama tempat, hari dalam seminggu, Kamis ("hari Thor") menyandang namanya, dan nama yang berasal dari periode pagan berisi sendiri terus digunakan hari ini.

Dalam mitologi Nordik, sebagian besar dicatat di Islandia dari bahan tradisional yang berasal dari Skandinavia, banyak cerita dan informasi tentang Thor disediakan. Dalam sumber-sumber, Thor dikenakan setidaknya empat belas nama, adalah suami dari dewi berambut emas Sif, adalah kekasih dari jötunn Járnsaxa, dan biasanya digambarkan sebagai sengit bermata, berambut merah dan merah-berjanggut.Dengan Sif, Thor ayah dewi (dan Valkyrie mungkin) Þrúðr; dengan Járnsaxa, ia ayah Magni, dengan ibu yang namanya tidak tercatat, dia ayah Modi, dan dia adalah ayah tiri dari Ullr dewa. Sumber yang sama daftar Thor sebagai putra dari dewa Odin dan bumi dipersonifikasikan, Fjörgyn, dan dengan cara Odin, Thor memiliki banyak saudara. Thor memiliki dua hamba, Þjálfi dan Röskva, wahana di gerobak atau kereta ditarik oleh dua kambing, Tanngrisnir dan Tanngnjóstr (yang ia makan dan membangkitkan kembali), dan dianggap tiga tempat tinggal (Bilskirnir, Þrúðheimr, dan Þrúðvangr). Thor wields gunung-menghancurkan palu, Mjöllnir, mengenakan sabuk Megingjörð dan sarung tangan besi Járngreipr, dan memiliki staf Gríðarvölr. Thor eksploitasi, termasuk pembantaian tanpa henti tentang musuh dan pertempuran sengit dengan ular raksasa Jörmungandr-dan menubuatkan kematian mereka saling selama Ragnarok-peristiwa dicatat seluruh sumber untuk mitologi Nordik.

Old Norse Þórr, Inggris Kuno Þunor dan Old Tinggi Jerman Donar adalah sanak di Jerman, turun dari Jerman Common * þonaroz atau * þunraz, yang berarti "guntur". Nama Perancis dewa guntur, Toran atau Taran dan dewa Tuireann Irlandia juga terkait.

Thor adalah senama dari nama hari Kamis. Dengan menggunakan sebuah praktek yang dikenal sebagai germanica interpretatio selama periode Kekaisaran Romawi, orang-orang Jerman mengadopsi kalender Romawi mingguan, dan diganti nama-nama dewa Romawi dengan mereka sendiri. Latin meninggal Iovi ("hari Jupiter") telah dikonversi menjadi Proto-Jermanik dagaz Þonares ("hari Thor"), dari mana batang Inggris modern "Kamis" dan semua sanak Jerman lainnya pada hari kerja.

Awal di Era Viking, nama pribadi yang berisi theonym Thōrr dicatat dengan frekuensi besar. Sebelum Zaman Viking, tidak ada contoh yang diketahui dicatat. Nama Thórr berbasis mungkin telah berkembang selama Age Viking sebagai respon pemberontak untuk upaya Kristenisasi, mirip dengan praktek Age widescale Viking memakai liontin Thor palu.

Di Islandia abad ke-19, keturunan tertentu rubah dikenal sebagai holtaþórr ("Thor dari lubang di dlm tanah itu"), kemungkinan disebabkan oleh mantel merah berkembang biak.

Ejaan Thor modern adalah anglicization dari nama Norse Lama. Nama dewa Norse dibuktikan sudah di Old bahasa Inggris, seperti Thor. Ejaan modern diperkenalkan dengan awal bunga antik di Era Viking, pada abad ke-17.

Attestations
era Romawi

Catatan paling awal dari masyarakat Jerman telah dicatat oleh Roma, dan dalam karya-karya Thor sering disebut-melalui proses yang dikenal sebagai interpretatio Romana (di mana karakteristik yang dianggap serupa dengan hasil Roma dalam identifikasi non-dewa Romawi sebagai Dewa Romawi)-sebagai Romawi dewa Jupiter (juga dikenal sebagai Musytari) atau setengah dewa Yunani-Romawi Hercules. Contoh yang jelas pertama ini terjadi pada 1 pekerjaan sejarawan Roma Tacitus's AD Germania, di mana, menulis tentang agama Suebi (suatu konfederasi dari orang Jerman), dia komentar bahwa "di antara para dewa Merkurius adalah satu mereka terutama ibadah. Mereka menganggapnya sebagai kewajiban agama untuk menawarkan kepadanya, pada hari-hari tetap, manusia serta korban korban lainnya Hercules dan Mars mereka menenangkan oleh persembahan binatang dari jenis yang diizinkan "dan menambahkan bahwa sebagian dari Suebi juga memuliakan" Isis ".. Dalam hal ini, Tacitus mengacu pada Odin dewa sebagai "Mercury", Thor sebagai "Hercules", dan dewa Tyr sebagai "Mars", dan identitas dari "Isis" dari Suebi telah diperdebatkan. Dalam kasus Thor, identifikasi dengan dewa Hercules mungkin karena kesamaan antara Thor palu dan klub Hercules's. Dalam Annals nya, Tacitus kembali mengacu pada penghormatan terhadap "Hercules" oleh orang-orang Jerman, ia mencatat kayu yang melampaui sungai Weser (dalam apa yang sekarang Jerman barat laut) sebagai didedikasikan untuk dia.

Di Jerman daerah pendudukan oleh Kekaisaran Romawi, koin dan benda-benda nazar yang berasal dari abad ke-2 dan ke-3 Masehi telah ditemukan dengan tulisan Latin merujuk kepada "Hercules", dan begitu dalam kenyataannya, dengan berbagai tingkat kemungkinan, lihat Thor dengan cara interpretatio Roman.

Periode Migrasi

Mencatat contoh pertama dari nama dewa muncul di Periode Migrasi, di mana sepotong perhiasan (fibula a), fibula Nordendorf, berasal dari abad ke-7 Masehi dan ditemukan di Bavaria, dikenakan prasasti Penatua Futhark yang berisi nama "Þonar", yaitu "Donar", bentuk Jermanik selatan nama dewa.

Menurut Vita Bonifatii auctore Willibaldo, di 723 misionaris Kristen Santo Bonifasius ditebang pohon ek didedikasikan untuk "Musytari," Oak Donar dekat Fritzlar, Hesse, Jerman. Sekitar paruh kedua abad ke-8, Inggris Kuno kisah tokoh bernama "Thunor"-bentuk Inggris Kuno nama-dicatat, sosok Thor seorang yang mungkin merujuk pada sebuah kultus Inggris Lama dewa. Sehubungan, Thunor terkadang digunakan dalam teks Inggris Kuno ke gloss Jupiter, dewa mungkin dirujuk dalam puisi Salomo dan Saturnus, dan Old Inggris ekspresi þunnorad ("naik thunder") bisa merujuk ke gemuruh kereta dewa, kambing yang dipimpin Sebuah naskah kuno abad ke 9 Masehi dari Mainz, Jerman, yang dikenal sebagai Old Saxon Pembaptisan Sumpah mencatat nama tiga dewa Saxon lama;. UUôden (Saxon lama "Wodan"), Saxnôte, dan Thunaer (Saxon lama"Thor") untuk digunakan dalam kristenisasi kafir Jermanik dengan cara menyangkal dewa asli mereka sebagai setan.

Zaman Viking

Pada abad ke 11, penulis sejarah Adam catatan Bremen dalam bukunya Gesta Hammaburgensis Ecclesiae Pontificum bahwa patung Thor, yang menggambarkan Adam sebagai "paling hebat", duduk di Bait Allah di Uppsala di tengah-tengah takhta triple (diapit oleh Woden dan "Fricco ") yang terletak di Gamla Uppsala, Swedia. Rincian Adam bahwa "Thor, mereka memperhitungkan, aturan langit, ia mengatur guntur dan kilat, angin dan badai, cuaca cerah dan kesuburan" dan bahwa "Thor, dengan fuli nya, terlihat seperti Jupiter". Adam rincian bahwa orang Uppsala telah menunjuk imam untuk masing-masing dewa, dan bahwa para imam adalah untuk mempersembahkan persembahan. Dalam kasus Thor, lanjut dia, ini pengorbanan dilakukan ketika wabah atau kelaparan mengancam. Sebelumnya dalam pekerjaan yang sama, Adam relay yang pada tahun 1030 seorang pengkhotbah Inggris dengan nama Wulfred telah digantung oleh orang-orang kafir Jermanik dirakit untuk "mencemarkan" sebuah representasi dari Thor.

Dua objek dengan tulisan rahasia memanggil tanggal Thor dari abad ke-11, satu dari Inggris dan satu dari Swedia. Yang pertama, Mantra Canterbury dari Canterbury, Inggris, mendesak Thor untuk menyembuhkan luka dengan mengusir seorang Kam Yang kedua,. yang jimat Kvinneby, memanggil perlindungan dengan baik Thor dan palunya.

Post-Zaman Viking

Pada abad ke-12, abad setelah Norwegia "resmi" dikristenkan, Thor masih sedang dipanggil oleh penduduk, sebagaimana dibuktikan oleh tongkat bantalan pesan rahasia yang ditemukan di antara prasasti Bryggen di Bergen, Norwegia. Pada tongkat, baik Thor dan Odin dipanggil untuk membantu; Thor diminta untuk "menerima" pembaca, dan Odin untuk "sendiri" mereka Juga sekitar abad ke-12, ikonografi raja kristenisasi abad 11 Olaf II. Norwegia menyerap unsur-unsur dari Thor asli;. Olaf II telah menjadi merah-berjanggut akrab, palu-angka memegang.

Poetic Edda

Dalam Poetic Edda, disusun dalam abad ke-13 dari bahan sumber tradisional mencapai ke periode pagan, Thor muncul (atau disebutkan) dalam Völuspá puisi, Grímnismál, Skírnismál,, Hyndluljóð Hárbarðsljóð Hymiskviða, Lokasenna, Þrymskviða, Alvíssmál, dan.

Dalam Völuspá puisi, sebuah völva mati menceritakan sejarah alam semesta dan meramalkan masa depan kepada dewa Odin menyamar, termasuk kematian Thor. Thor, ia meramalkan, akan melakukan pertempuran dengan ular besar selama perang mitos besar dilancarkan di Ragnarok, dan di sana ia akan membunuh ular mengerikan, namun setelah ia hanya akan dapat mengambil sembilan langkah sebelum mengalah pada racun binatang:

Benjamin Thorpe terjemahan:

Kemudian datang anak yang perkasa dari Hlôdyn:
(Putra Odin's berjalan dengan rakasa untuk memerangi);
Midgard's Veor dalam kemarahannya akan membunuh cacing.


Sembilan kaki akan pergi anak Fiörgyn's,
membungkuk oleh ular, yang takut tidak ada musuh.
Semua orang akan meninggalkan rumah mereka. [22]



Henry Adams Bellows terjemahan:

Datang ke sini ada anak Hlothyn,
Ular gapes terang ke surga di atas;
. . . . . . . .
Terhadap ular berjalan anak Othin's.


Dalam kemarahan smites pengawas bumi, -
Keluar dari rumah mereka harus semua orang melarikan diri; -
Sembilan langkah tarif bin Fjorgyn,
Dan, mati terbunuh oleh ular, tak kenal takut dia tenggelam.

Setelah itu, kata völva, langit akan berubah hitam sebelum menelan api dunia, bintang-bintang akan hilang, api akan menari sebelum langit, uap akan naik, dunia akan dibahas dalam air, dan kemudian akan dibangkitkan lagi; hijau dan subur (lihat bagian Edda Prosa di bawah ini untuk kelangsungan hidup anak-anak Thor, yang kembali setelah peristiwa ini dengan Thor palu).

Dalam puisi Grímnismál, para Odin dewa, dengan menyamar sebagai Grímnir, dan disiksa, kelaparan dan haus, menanamkan dalam adat-istiadat Agnar muda kosmologis, termasuk yang berada di Þrúðheimr Thor, dan bahwa, setiap hari, menyeberangi Thor melalui Körmt sungai dan Örmt , dan Kerlaugar dua. Di sana, Grímnir mengatakan, Thor duduk sebagai hakim di pohon besar dunia kosmologis, Yggdrasil.

Dalam Skírnismál, dewa utusan Freyr's, Skírnir, mengancam Gerðr adil, yang Freyr yang jatuh cinta dengan, dengan sejumlah ancaman dan kutukan, termasuk bahwa Thor, Freyr, dan Odin akan marah dengan dia, dan bahwa dia risiko "murka kuat" mereka .

Thor adalah karakter utama Hárbarðsljóð, di mana, setelah perjalanan "dari timur", Thor bertemu tukang perahu di suatu lubang masuk dengan nama Hárbarðr (Odin, lagi menyamar), yang ia mencoba memanggil naik dari. sang tukang perahu, berteriak dari inlet, segera kasar dan menjengkelkan untuk Thor dan menolak untuk feri dia. Pada awalnya, Thor memegang lidahnya, tetapi Hárbarðr hanya menjadi lebih agresif, dan puisi segera menjadi pertandingan flyting antara Thor dan Hárbarðr, sambil mengungkapkan pengetahuan tentang dua, termasuk Thor pembunuhan jötnar beberapa "timur" dan berzerk perempuan Hlesey (sekarang pulau Denmark Læsø). Pada akhirnya, Thor berakhir sampai berjalan sebagai gantinya.

Thor lagi tokoh utama dalam puisi itu Hymiskviða, di mana, setelah para dewa telah berburu dan makan mangsa mereka, mereka memiliki keinginan untuk minum. Mereka "sh [ake] ranting" dan menginterpretasikan apa yang mereka katakan. Para dewa memutuskan bahwa mereka akan menemukan kuali yang cocok di rumah Ægir's. Thor tiba di rumah Ægir dan menemukan dia menjadi ceria, melihat ke matanya, dan mengatakan kepadanya bahwa dia harus mempersiapkan pesta untuk para dewa. Jengkel, Ægir mengatakan Thor bahwa dewa pertama harus membawa kepadanya sebuah kawah yang cocok untuk minuman bir masuk Pencarian dewa tetapi tidak menemukan kawah tersebut di mana saja. Namun, Tyr Thor mengatakan bahwa ia mungkin memiliki sebuah solusi; timur Élivágar kehidupan Hymir, dan ia memiliki seperti ketel yang mendalam .

Jadi, setelah Thor mengamankan kambing di rumah Egil's, Thor dan Tyr pergi ke aula Hymir dalam mencari sebuah kawah yang cukup besar untuk minuman bir bagi mereka semua. Mereka tiba, dan Tyr melihat neneknya sembilan ratus berkepala dan ibunya emas berpakaian, yang terakhir yang menyambut mereka dengan tanduk. Setelah Hymir-yang tidak senang melihat Thor-datang dari luar dingin, ibu Tyr's membantu mereka menemukan kawah benar kuat. Thor makan makan besar dua ekor lembu (semua sisanya makan tetapi satu), dan kemudian pergi tidur. Di pagi hari, ia terbangun dan memberitahu Hymir bahwa ia ingin pergi memancing malam berikutnya, dan bahwa dia akan menangkap banyak makanan, tetapi bahwa ia membutuhkan umpan. Hymir memberitahu dia untuk pergi mendapatkan beberapa umpan dari padang rumput, yang dia mengharapkan seharusnya tidak menjadi masalah bagi Thor. Thor keluar, menemukan sapi Hymir terbaik, dan merobek kepalanya .

Setelah kekosongan dalam naskah puisi, tiba-tiba Hymiskviða mengambil lagi dengan Thor dan Hymir dalam sebuah perahu, di laut. Hymir menangkap beberapa paus sekaligus, dan Thor umpan sejalan dengan kepala sapi. Thor gips garis keturunannya dan gigitan ular Jörmungandr mengerikan. Thor menarik ular di papan tulis, dan keras membanting dia di kepala dengan palu. menjerit Jörmungandr, dan bising keributan terdengar dari bawah air sebelum kekosongan lain muncul dalam naskah.

Setelah kekosongan kedua, Hymir duduk di perahu, bahagia dan benar-benar diam, karena mereka baris kembali ke pantai. Di pantai, Hymir menunjukkan bahwa Thor harus membantu dia membawa paus kembali ke ladangnya. Thor mengambil baik perahu dan paus atas, dan membawa semuanya kembali ke pertanian Hymir's. Setelah Thor berhasil menghancurkan sebuah piala kristal dengan melemparkan itu pada kepala Hymir di saran ibu Tyr's, Thor dan Tyr diberikan cauldron. Tyr tidak dapat mengangkatnya, tapi Thor berhasil roll, dan maka dengan itu mereka pergi. Beberapa jarak dari rumah Hymir, sebuah pasukan banyak makhluk berkepala dipimpin oleh Hymir menyerang dua, tetapi dibunuh oleh palu Thor. Dan meskipun salah satu kambing nya timpang di kaki, kedua berhasil membawa kuali kembali, memiliki banyak bir, dan sebagainya, sejak saat itu, kembali ke Ægir selama lebih setiap musim dingin.

Dalam puisi Lokasenna, para Loki setengah-dewa marah flyts dengan para dewa di aula entitas laut Ægir's. Thor tidak menghadiri acara tersebut, namun, karena ia sedang pergi di timur untuk tujuan yang tidak ditentukan. Menjelang akhir puisi itu, flyting berubah menjadi Sif, istri Thor, yang Loki kemudian mengklaim telah tidur dengan. Hamba tuhan Freyr's Beyla menyela, dan mengatakan bahwa, karena semua gunung-gunung gemetar, ia berpikir bahwa Thor sedang dalam perjalanan pulang. Beyla menambahkan bahwa Thor akan membawa perdamaian ke bertengkar, yang Loki merespon dengan penghinaan.

Thor tiba dan memberitahu Loki untuk diam, dan mengancam untuk kepala Loki rip dari tubuhnya dengan palu. Thor Loki bertanya mengapa dia begitu marah, dan komentar yang Thor tidak akan begitu berani untuk melawan "serigala" (Fenrir) ketika makan Odin (referensi untuk meramalkan peristiwa Ragnarok). Thor lagi memberitahu dia untuk diam, dan mengancam untuk membuang dia ke langit, di mana ia tidak akan pernah terlihat lagi. Thor Loki mengatakan bahwa seharusnya tidak menyombongkan waktunya di timur, karena ia pernah meringkuk ketakutan di ibu jari sarung tangan (cerita yang melibatkan penipuan oleh keajaiban Útgarða-Loki, diceritakan dalam buku Gylfaginning Prosa Edda)-yang, dia komentar, "hampir tidak seperti Thor". Thor lagi memberitahu dia untuk diam, mengancam untuk mematahkan setiap tulang dalam tubuh Loki. Loki menjawab bahwa ia bermaksud untuk tinggal beberapa saat lagi, dan lagi penghinaan Thor dengan referensi ke pertemuannya dengan Útgarða-Loki. Thor merespon dengan panggilan keempat untuk diam, dan mengancam untuk mengirim Loki untuk Hel. Pada akhir ancaman Thor, Loki memberikan dalam, berkomentar bahwa hanya untuk Thor akan ia meninggalkan aula, karena "aku tahu sendiri bahwa Anda mogok", dan puisi itu terus berlanjut.

Dalam puisi komedi Þrymskviða, Thor lagi memainkan peran sentral. Dalam puisi itu, Thor bangun dan menemukan bahwa ia kuat palu, Mjöllnir, hilang. Thor berubah menjadi Loki, dan mengatakan kepadanya tak seorang pun yang tahu bahwa palu telah dicuri. Yang dua pergi ke tempat tinggal dewi Freyja, dan sehingga ia mungkin mencoba untuk menemukan Mjöllnir, Thor bertanya padanya apakah ia dapat meminjam jubah bulu nya. Freyja setuju, dan mengatakan ia akan meminjamkan kepada Thor bahkan jika benda itu terbuat dari perak atau emas, dan Loki terbang, bulu jubah bersiul. [34]

Dalam Jötunheimr, para jötunn Þrymr duduk di sebuah barrow, anyaman kerah emas untuk anjing betina, dan pemangkasan surai kuda nya. Þrymr melihat Loki, dan bertanya apa yang bisa salah antara Æsir dan elf; mengapa Loki sendirian di Jötunheimr? Loki menjawab bahwa bahwa ia telah kabar buruk bagi para elf dan Æsir-bahwa palu Thor, Mjöllnir, sudah pergi. Þrymr mengatakan bahwa ia telah menyembunyikan Mjöllnir delapan liga di bawah bumi, dari yang akan diambil, tapi hanya jika Freyja dibawa kepadanya sebagai istrinya. Loki terbang, jubah bulu bersiul, jauh dari Jötunheimr dan kembali ke istana para dewa.

Thor Loki bertanya apakah usahanya berhasil, dan bahwa Loki harus memberitahunya saat ia masih di udara sebagai "cerita sering lolos seorang pria duduk, dan orang berbaring sering gonggongan keluar kebohongan." Loki menyatakan bahwa itu memang sebuah usaha, dan juga sukses, karena ia telah menemukan bahwa Þrymr memiliki palu, tetapi itu tidak dapat diambil kecuali Freyja dibawa ke Þrymr sebagai istrinya. Kembalinya dua sampai Freyja dan menyuruhnya mengenakan gaun pengantin kepala, karena mereka akan mengantarnya ke Jötunheimr. Freyja, marah dan marah, masuk ke dalam marah, yang menyebabkan semua lorong-lorong para Æsir gemetar dalam amarahnya, dan kalung-nya, Brísingamen terkenal, jatuh dari dia. Freyja tegas menolak.

Akibatnya, para dewa dan dewi bertemu dan mengadakan hal untuk mendiskusikan dan perdebatan masalah tersebut. Pada hal tersebut, dewa Heimdallr menempatkan sebagainya saran bahwa, di tempat Freyja, Thor harus berpakaian sebagai pengantin wanita, lengkap dengan perhiasan, pakaian wanita sampai ke lutut, kepala-gaun pengantin, dan Brísingamen kalung. Thor menolak ide, namun Loki menyela bahwa ini akan menjadi satu-satunya cara untuk kembali Mjöllnir. Loki menunjukkan bahwa, tanpa Mjöllnir, jötnar akan mampu menyerang dan menetap di Asgard. Para dewa Thor berpakaian sebagai pengantin, dan menyatakan Loki bahwa ia akan pergi dengan Thor sebagai pembantu rumah tangga, dan bahwa kedua akan dorongan untuk Jötunheimr bersama.

Setelah naik bersama-sama di kereta Thor kambing-driven, dua, menyamar, tiba di Jötunheimr. Þrymr perintah jötnar dalam ruang untuk menyebarkan jerami di bangku, untuk Freyja telah tiba untuk menjadi istrinya. Þrymr menceritakan binatang dan benda-benda berharga, yang menyatakan bahwa Freyja itu yang ia hilang dalam kekayaannya.

Pada awal malam hari, menyamar dan Thor Loki bertemu withÞrymr dan jötnar berkumpul. Thor makan dan minum galak, seluruh hewan mengkonsumsi dan tiga tong dari mead. Þrymr menemukan perilaku bertentangan dengan kesan nya Freyja, dan Loki, duduk sebelum Þrymr dan muncul sebagai "pembantu yang sangat cerdas", membuat alasan bahwa perilaku "Freyja's" adalah karena memiliki sesuatu yang dia tidak dikonsumsi selama delapan hari seluruh sebelum tiba karena keinginannya untuk tiba. Þrymr kemudian mengangkat tabir "Freyja's" dan ingin ciuman "dia". mata menakutkan menatap ke arahnya, tampaknya membakar dengan api. Loki mengatakan bahwa ini adalah karena "Freyja" belum tidur selama delapan malam di keinginannya.

The "adik celaka" dari jötnar muncul, meminta hadiah pengantin dari "Freyja", dan jötnar yang membawa keluar Mjöllnir untuk "menguduskan pengantin", untuk meletakkannya di pangkuannya, dan mengawinkan dua oleh "tangan" dari dewi Var. Thor internal tertawa ketika ia melihat palu, mengambil terus itu, pemogokan Þrymr, mengalahkan semua jötnar itu, membunuh "kakak" mereka, sehingga mendapatkan palunya kembali.

Dalam puisi itu Alvíssmál, Thor trik kurcaci, Alvíss, untuk azab-Nya atas menemukan bahwa ia berusaha untuk menikahi putrinya (yang tidak disebutkan namanya, mungkin Þrúðr). Sebagai mulai puisi, Thor bertemu seorang kurcaci yang berbicara tentang menikah. Thor menemukan kurcaci menjijikkan dan, tampaknya, menyadari bahwa pengantin perempuan adalah putrinya. Thor komentar bahwa perjanjian pernikahan dilakukan di antara para allah sementara Thor pergi, dan yang kerdil harus mencari persetujuannya. Untuk melakukannya, Thor berkata, Alvíss harus memberitahu apa yang dia ingin tahu tentang semua dunia yang kerdil telah dikunjungi. Dalam sebuah pertanyaan panjang dan sesi tanya jawab, Alvíss tidak tepat, ia menjelaskan fitur alam seperti yang dikenal dalam bahasa dari berbagai ras makhluk di dunia, dan memberikan sejumlah pengetahuan kosmologi .

Namun, sesi pertanyaan dan jawaban ternyata menjadi siasat oleh Thor, sebagai, meskipun komentar Thor bahwa ia telah benar-benar pernah melihat orang dengan lebih banyak kebijaksanaan pada payudara mereka, Thor telah berhasil untuk menunda kerdil cukup bagi Matahari untuk mengubah dia untuk batu; "hari baru sadar sekarang, kurcaci, sekarang matahari bersinar di balai".

Dalam Hyndluljóð puisi, Freyja menawarkan untuk wanita Hyndla jötunn untuk menghapus (kurban) untuk Thor sehingga dia mungkin dilindungi, dan komentar yang Thor tidak peduli banyak untuk wanita jötunn.

Prosa Edda, Heimskringla, dan hikayat

Dalam prolog-nya Prosa Edda, Snorri Sturluson euhemerises Thor sebagai pangeran dari Troy, dan putra raja Memnon oleh Troana, putri Priam. Thor, juga dikenal sebagai Tror, dikatakan telah menikah dengan Sybil nabiah (diidentifikasi dengan Sif). Thor lebih lanjut dikatakan di sini telah dibesarkan di Thrace oleh seorang kepala suku bernama Lorikus, yang ia kemudian membunuh untuk mengasumsikan judul 'raja Thrace, untuk memiliki rambut "lebih adil dari emas", dan telah cukup kuat untuk mengangkat bearskins sepuluh.

Nama Æsir adalah dijelaskan sebagai "orang dari Asia", Asgard menjadi "kota Asia", yaitu Troy. Atau, Troy adalah Tyrkland (Turki, yaitu Asia Kecil), dan Asialand adalah nama Scythia, dimana Thor mendirikan sebuah kota baru bernama Asgard. Odin adalah keturunan jauh dari Thor, dihapus oleh dua belas generasi, yang memimpin ekspedisi di Jerman, Denmark dan Swedia ke Norwegia.

Dalam Prosa Edda, Thor disebutkan dalam semua empat buku, Prolog, Gylfaginning, Skáldskaparmál, dan Háttatal.

Dalam Heimskringla, disusun dalam abad ke-13 oleh Snorri Sturluson, Thor atau patung Thor disebutkan dalam hikayat Ynglinga, Hákonar saga Goda, Olaf saga Tryggvason, dan Olaf saga Helga. Dalam bab saga Ynglinga 5, rekening sangat Euhemerized para dewa disediakan, di mana Thor digambarkan memiliki menjadi gothi-seorang kafir imam-yang diberikan oleh Odin (yang sendiri dijelaskan sebagai telah menjadi sangat kuat sihir-memegang kepala suku dari timur) yang tinggal di lokasi mitos Þrúðvangr, dalam apa yang sekarang Swedia. Cerita hikayat menambahkan bahwa banyak nama-nama-pada saat cerita, populer digunakan-berasal dari Thor.

cerita rakyat modern

Cerita tentang Thor, atau dipengaruhi oleh tradisi asli tentang Thor, terus ke periode modern, terutama di Skandinavia. Menulis di abad ke-19, sarjana Jacob Grimm catatan frase berbagai hidup ke dalam bahasa Jerman yang merujuk kepada tuhan, seperti Thorsvarme Norwegia ("kehangatan Thor") untuk petir, dan godgubben yang jauh Swedia ("yang tua yang baik (orang) adalah mengambil naik ") ketika guntur. Komentar Grimm itu, di kali, Skandinavia sering "tidak lagi suka mengucapkan nama asli dewa, atau mereka ingin memuji kebaikan kebapaan-Nya

Thor tetap digambarkan sebagai tokoh merah-berjanggut, yang dibuktikan dengan sajak Denmark yang belum menyebutnya sebagai med Thor duduk skæg lange ("Thor dengan jenggot panjang") dan kutukan diis Frisian ruadhiiret regiir Donner! ("biarkan guntur berambut merah melihat dengan !").Sebuah kepercayaan rakyat Skandinavia bahwa petir menakutkan pergi troll dan ettins muncul dalam berbagai cerita rakyat Skandinavia, dan mungkin merupakan cerminan terlambat peran Thor dalam memerangi makhluk tersebut. Sehubungan, kurangnya troll dan ettins di Skandinavia modern dijelaskan sebagai akibat dari "akurasi dan efisiensi dari stroke petir".

Swastika

Tanda pelindung dari palu yang dikenakan oleh perempuan, seperti yang kita tahu dari fakta bahwa telah ditemukan di kuburan perempuan. tampaknya telah digunakan oleh prajurit juga, dalam bentuk swastika. Terutama [...] tampaknya memiliki hubungan dengan cahaya dan api, dan telah dikaitkan dengan roda-matahari. Mungkin telah di rekening asosiasi Thor dengan petir bahwa tanda ini digunakan sebagai alternatif dari palu, karena ditemukan pada batu peringatan di Skandinavia selain prasasti untuk Thor. Ketika kita menemukan itu di memukul pedang seorang prajurit dan on-sabuk pedangnya, asumsi adalah bahwa prajurit itu menempatkan dirinya di bawah perlindungan Tuhan Thunder.

Swastika muncul di berbagai objek Jermanik yang membentang dari Periode Migrasi ke Zaman Viking, seperti abad ke-3 Værløse fibula (DR EM85, 123) dari Selandia, Denmark, ujung tombak Gothic dari Brest-Litovsk, Rusia; banyak Periode Migrasi bracteates; kremasi guci dari Inggris Anglo-Saxon dini; yang Sæbø pedang abad ke-8 dari Sogn, Norwegia, dan abad ke-9 Snoldelev Stone (DR 248) dari Ramsø, Denmark.

nama tempat
Batas kota Thorsager tanda tanda ("Thor's Acre"), Denmark

Sejumlah nama tempat di Skandinavia berisi nama Thorr Old Norse. Identifikasi nama-nama tempat sebagai menunjuk ke signifikansi agama rumit oleh penggunaan umum tersebut di atas Thorr sebagai unsur nama pribadi. Signifikansi kultis hanya dapat dijamin dalam nama tempat yang mengandung unsur-ve (menandakan lokasi dari ve, sejenis kuil pagan Jerman),-Hof (struktur yang digunakan untuk keperluan keagamaan, lihat hofs kafir), dan-lundr (a rumpun suci). Tempat Thorslundr namanya tercatat dengan frekuensi tertentu di Denmark (dan memiliki sanak langsung di pemukiman Norse di Irlandia, seperti Coill Tomair), sedangkan Thorshof sering muncul terutama di Norwegia selatan.

Dalam nama tempat bahasa Inggris, Anglo-Saxon Thunor (berbeda dengan bentuk Norse Lama nama, kemudian diperkenalkan ke Danelaw) meninggalkan jejak-jejak yang relatif sedikit. Salah satu contohnya adalah Thundersley, dari hlæw * Thunores (langsung serumpun ke Old Norse Thorslundr disebutkan di atas). Contoh kedua adalah Thurstable ("pilar Thunor's"bahasa Inggris kuno).
Dalam apa yang sekarang Jerman, lokasi dinamai Thor yang jarang dicatat, namun sejumlah lokasi yang disebut Donnersberg (Jerman "gunung Donner") dapat berasal nama mereka dari dewa Donner, bentuk Jermanik selatan nama dewa.

Asal, teori, dan interpretasi

Para ahli telah berteori tentang peran Thor dalam agama asal Jerman dan daripadanya. Cendekia Hilda Ellis Davidson merangkum bahwa:

Kultus Thor dikaitkan dengan huni laki-laki dan harta benda, dan dengan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Ini termasuk kesuburan ladang, dan Thor, meskipun digambarkan terutama sebagai badai dewa dalam mitos, juga prihatin dengan kesuburan dan pelestarian putaran musiman. Pada zaman kita sendiri, kapak batu sedikit dari masa lalu jarak telah digunakan sebagai simbol kesuburan dan ditempatkan oleh petani di lubang-lubang yang dibuat oleh bor untuk menerima benih pertama musim semi. Pernikahan Thor dengan Sif dari rambut keemasan, tentang apa yang kita mendengar sedikit dalam mitos, tampaknya merupakan memori simbol kuno perkawinan ilahi antara dewa langit dan dewi bumi, ketika ia datang ke bumi dalam badai dan badai membawa hujan yang membuat ladang subur. Dengan cara ini Thor, serta Odin, dapat dilihat untuk melanjutkan kultus dewa langit yang dikenal di Zaman Perunggu.

No comments:

Post a Comment