Tuesday, August 23, 2011

Novel Terbaik : The Lord Of The Rings

kali ini gw bakal posting tentang novel terkenal berjudul : The Lord Of The Rings. wah! gw yakin pasti bannyak yang udah tau tentang novel ini, pasti… secara,, ni novel keren banget buat dibaca. baik dari yg masih anak-anak, remaja, dewasa, bhkan yg udah aki aki, hehehe :D

The Lord Of The Rings adalah kisah fantasi epik yanng dibuat oleh J. R. R. Tolkien.novel ni dterbitkan dalam 3 jilid, pada tahun 1954 dan 1955, dimana masing-masing jilid terdiri dari 2 buku. jilid pertama dikasih judul The Fellowship Rings, jilid kedua The Two Towers, dan jilid ketiga The Return Of The King. kisah ini ditulis oleh Tolkien dari tahun 1937 sampai tahun1949 dan menjadi salah satu karya sastra abad ke 20 yang sangat terkenal dan diminati dan bahkan diterjemahkan ke dalam 38 bahasa, wow… novel ini bahkan difilmkan oleh sutradara Peter Jackson pada tahun 2001, 2002, dan 2003. film yang dibuatkan berdasarkan novel ini memenangkan beberapa Academy Award. ckckck, luar biasa… :D

berikutnya biara kagak penasaran ni ye,, yuk kita baca sinopsisnya,, cekidoottt…..!!! :D

SINOPSIS:

Cerita dimulai ketika Bilbo Baggins berangkat meninggalkan Shire dan mewariskan hartanya ke pewarisnya, Frodo. Gandalf, seorang teman Bilbo, menasehati Frodo untuk berhati-hati dengan cincin yang menjadi salah satu warisan Bilbo. Tujuh belas tahun kemudian berlalu, dan Gandalf menyuruh Frodo untuk membawa cincin itu keluar dari Shire karena dewa kegelapan Sauron sedang mencari-cari cincin tersebut. Frodo, Samwise Gamgee dan Peregrin Took (atau Pippin) berangkat dan mereka bertemu dengan Ring-wraiths dalam perjalanan mereka. Setelah sampai di Brandyhall, mereka bertemu dengan Meriadoc Brandybuck (atau Merry) dan keempatnya mulai perjalanan mereka menuju Bree. Mereka hampir dibunuh Barrow-wights jika Tom Bombadil tidak menolong mereka.

Ketika mereka sampai di Bree, mereka bertemu dengan seseorang misterius yang dipanggil dengan nama Strider. Sebuah surat dari Gandalf diberikan kepada Frodo, memberitahu bahwa Strider adalah teman Gandalf. Dalam surat itu, Frodo juga disuruh untuk pergi ke Rivendell. Strider menawarkan bantuannya kepada Frodo dan mereka pun menerimanya. Kelima tokoh ini pun akhirnya sampai di Rivendell, tetapi Frodo sempat ditusuk oleh pisau Morgul yang sangat mematikan.

Setelah Frodo disembuhkan oleh Elrond, sang penguasa Rivendell, sebuah rapat diadakan. Rapat itu menceritakan sejarah cincin dan mereka memutuskan untuk menghancurkan Cincin dengan cara membuang Cincin itu ke Orodruin (atau Mount Doom) yang berada di Mordor. Sebuah grup yang beranggotakan Frodo, Sam, Merry, Pippin, Gandalf, Aragorn, Boromir, Legolas dan Gimli dibentuk.

Grup ini melewatkan banyak bahaya. Gandalf jatuh ke dalam kegelapan ketika para pembawa cincin berada di dalam Moria. Boromir meninggal dibunuh sekelompok Orc yang bersenjatakan panah. Merry dan Pippin pun diculik para Orc dan Frodo dan Sam pergi berdua ke Mount Doom.

Aragorn, Legolas dan Gimli, sebagai sisa Pembawa Cincin, memutuskan untuk menyelamatkan Merry dan Pippin. Mereka menyebut diri mereka sebagai Tiga Pemburu (The Three Hunters) dan mengejar para Orc sampai ke Hutan Fangorn. Tiga Pemburu bertemu dengan pasukan Rohan yang telah membunuh para Orc yang telah menculik Merry dan Pippin.

Di Hutan Fangorn, Tiga Pemburu bertemu dengan Gandalf, yang ternyata hidup kembali. Gandalf menyuruh mereka semua untuk pergi ke Rohan dan membantu pasukan Rohan. Pada saat yang sama, Merry dan Pippin yang sudah berada di dalam Hutan Fangorn, pergi ke Isengard bersama para Ent yang ingin membalas dendam mereka terhadap Saruman, penghuni menaraOrthanc di Isengard.

Gandalf, Aragorn, Legolas dan Gimli berperang dalam Pertempuran Helm’s Deep bersama para Rohirrim dan mereka menang. Setelah menang, mereka pergi ke Isengard dan bertemu dengan Merry dan Pippin. Pada saat ini, Frodo sedang berjalan menuju Mordor dan bertemu dengan Faramir, adik dari Boromir dan anak bungsu Denethor. Faramir memberikan Frodo makanan dan Frodo pun melanjutkan perjalanannya.

fiuhh,, begitulahh ceriatanya. dan ini karakternya:

  • Frodo Baggins, seorang Hobbit yang diwariskan Cincin dari pamannya
  • Samwise Gamgee, seorang Hobbit yang bekerja sebagai tukang kebun Frodo
  • Meriadoc Brandybuck (disebut juga Merry), saudara sepupu Frodo
  • Peregrin Took (disebut juga Pippin), saudara sepupu Frodo
  • Gandalf, seorang Maia yang menjelma sebagai Wizard untuk membantu penduduk Middle-Earth
  • Aragorn, keturununan Isildur dan pewaris tahta Kerajaan Gondor dan Arnor
  • Legolas, Pangeran Elf Mirkwood yang diutus Elrond untuk mewakili para Elves
  • Gimli, anak dari Gl√≥in. Ia diutus Elrond untuk mewakili para Dwarves
  • Boromir, anak tertua dari Denethor dan Kapten Menara Putih
ini juga cerita di balik The Lord of The Rings, JRR Tolkien meninggal pada saat menulis seri terakhir dan buku karya lainnya, namun entah kenapa novel milik Tolkien ini hilang ditelan bumi akibat dari perang dunia II, akhrinya seorang penulis di abad tersebut menemukan novel THE LORD OF THE RING ini di dalam kamar Tolkien, maka dari itu THE LORD OF THE RING sering disebut sebagai Novel Tersembunyi, HIDDEN NOVEL, dunia gempar saat membaca karya Tolkien ini, ia menggabungkan budaya perang romawi dan yunani dengan mahkluk-mahkluk purba kala, dan ketiga seri trilogy novel ini diliris menjadi film yang semakin terkenal, maka dari itu tolkien dan karyanya dinobatkan menjadi seri novel terbesar yang pernah ditulis sepanjang sejarah, novel karya tolkien ini banyak menginspirasi pembuat novel lainnya serta pembuat game, seperti WARCRAFT, HON dan film-film yang identik dengan novel ini.
pokoknya big thumb deh buat Pak Tolkien

No comments:

Post a Comment