Saturday, August 20, 2011

Kapal Selam perang dunia 2

Pada perang dunia kedua, kapal selam memainkan peranan penting dalam meraih keberhasilan suatu invasi dan pemblokadean suplai musuh. kapal selam dirancang untuk penyerangan di atas permukaan dan di dalam laut, dilengkapi dengan batrai berkapasitas sedang sehingga kapal selam dapat melaju dengan cukup cepat ketika menyelam.

1.U-Boot [Jerman]

kapal selam Jerman meraih keberhasilan yang besar walaupun kapal selam yang ada hanya berjumlah 53 unit dengan keterbatasan teknis dan logistik. Keberhasilan ini menyakinkan Hitler yang semula skpetis untuk menyetujui program pembangunan kapal selam yang lebih kuat.U-Boot Tipe XXI adalah kapal selam pertama yang dirancang untuk melaju lebih cepat di bawah permukaan air daripada di atas permukaan dan, dengan snorkel serta kemampuan untuk melaju dengan sunyi (Schleichfahrt), dapat menyelam lebih lama.


U-Boot mencapai masa kejayaannya antara tahun 1939-1942 dengan menenggelamkan banyak sekali kapal sekutu sehingga angkatan laut Inggris sempat diambang kekalahan pada tahun 1942. Baru setelah ditemukannya radar dan dipecahkannya kode Enigma oleh para ilmuwan sekutu, U-Boot mengalami kemunduran bahkan terbalik dari pemburu bawah laut menjadi yang diburu oleh pesawat anti kapal selam dan kapal perang sekutu. Hampir seluruh U-Boot akhirnya berhasil dikirim ke dasar laut oleh sekutu pada akhir Perang Dunia II.

2.Balao class, Gato class,Sargo class,Tambor class [Amerika serikat]


Gato Class Balao Class Tambor Class Sargo Class untuk mengimbangi pencapaian yang di lakukan oleh rival utama nya yaitu jepang,dalam perang dunia 2 khusus nya di pertempuran pasifik, Amerika memproduksi sejumlah kapal selam jenis Gato,sargo.tambor dan Balao. sama seperti kapal selam lainnya selama perang dunia 2, kapal selam buatan amerika menggunakan mesin elektrik-diesel dan memilik 4 tabung torpedo. Kapal selam Tipe Gato adalah kapal selam yg diproduksi lebih awal, baru setelahnya Tipe Balao diproduksi, tipe balao memiliki perbedaan dengan pendahulunya Gato class, yaitu terketak pada ketebalan lambung kapal , karena pada KS tipe Balao ditambahkan baja sehingga membuat KS tipe Balao mampu menyelam sampai ke kedalaman 120 m dan memiliki kecepatan 20,25 knots (36km/h) dipermukaan dan 8,75 knots (16km/h) ketika menyelam. Tenaga Penggerak kapal selam kelas Balao pada umumnya sama dengan yang sebelumnya yaitu Gato Class. Seperti pendahulu mereka, mereka adalah kapal selam bertenaga mesin diesel generator listrik. selama perang dunia 2 Balao class beroperasi sampai ke perairan lombok dan periran menado. Prestasi terbaik Balao Class salah satu nya yaitu USS sand Lance yang mampu menenggelamkan 1 Kapal kargo jepang dan 2 kapal penjelajah jepang. lalu KS tipe balao yg lain yaitu uss Perch ikut serta dalam konvoi untuk membantu china dalam mengamankan perairan nya dari jepang, dan pernah beroperasi di selat makasar dan perairan balikpapan selama perang dunia 2.



3.B1 type, Kaichu, sen-taka, sen toku,Ko-Hyoteki, Kairyu (ks mini 2 kru) [Kekaisaran Jepang]

kaichu class an-01 class hyoteki Class Sentaka Class B1Type kairyu Type Kekaisaran jepang pertama kali memiliki kapal selam pada tahun 1905 tetapi untuk perang Jepang-Rusia. Pada perang dunia 2 jepang memiliki kapal selam dari beberapa tipe, yaitu tipe kecil/mini 2 awak, tipe sedang dan tipe besar. Kapal selam sangat berguna dalam angkatan laut kekaisaran jepang, dalam menyusup ke wilayah musuh, menenggelamkan kapal kargo,suplai,dan kapal perang musuh selama pertempuran pasifik. kaiten adalah sebutan bagi awak kapal selam AL kekaisaran jepang Tipe Ko-hyoteki diakhir perang dunia 2 yang menjalankan misi bunuh diri dalam laut seperti kamikaze dalam pertempuran udara.
Salah satu prestasi terbaik kapal selam jepang yaitu pada B1 Type, KS tersebut mampu melumpuhkan & menenggelamkan 2 Kapal pengangkut pesawat tempur AL Amerika yaitu USS saratoga pada awal Perang dunia 2 dan USS Wasp pada tanggal 15 september 1942


4. U class, Grampus class, Rivers Class, Rainbow Class [Inggris]


Quote:


Spoiler for inggris KS:

U-Class

Grampus Class
Rainbow Class
Rivers Class Royal Navy sebutan untuk AL inggris sudah memulai pemproduksikan kapal selam mulai tahun 1938, menjelang tahun 1942 dan 1943 Royal Navy memperbanyak dan Menyempurnakan hasil produksi kapal selam nya dari Tipe U-class menjadi Grampus Class atau T-class. Ada total 49 KS yg diproduksi, pada umumnya KS tipe ini beroperasi selama perang dunia 2 di wilayah perairan mediterania dan laut utara dan samudra atlantik. U-Class adalah kapal selam Inggris pertama yang memiliki baling-baling yang dirancang untuk kinerja terendam terbaik daripada kinerja muncul dan diperlengkapi dengan 2 tabung torpedo. lalu memiliki kecepatan 11.25 knots (21 km/h) dipermukaan dan 10 knots (19 km/h) didalam laut. Prestasi terbaik dari U-class yaitu mampu menenggelam kan 3 U-boats, 1 destroyer Jerman, dan 15 kapal Transport Jerman.

5. Dekabrist class, S-Class, L-Class, K Class, (Uni Soviet)

Dekabrist Class
S-Class
L-Class
K-Class
Dekabrist class adalah kapal selam yg pertama kali di buat oleh uni soviet setalah revolusi oktober. KS kelas ini sudah menjadi program galangan kapal AL soviet sejak tahun 1926 dan hanya dibuat sebanyak 6 unit saja. Kapal selam tipe ini pensiun pada awal-awal perang dunia 2 yaitu sekitar tahun 1940.
S-Class adalah bagian dari armada bawah laut Angkatan Laut Soviet selama Perang Dunia II. Dikembangkan sejak tahun 1931 oleh uni soviet, kapal Selam dari kelas ini adalah yang paling sukses dan mencapai kejayaan yang paling signifikan di antara semua kapal selam Soviet, Prestasi tertinggi S-CLass adalah mampu menenggelamkan puluhan Kapal kargo dan 7 kapal perang musuh selama perang dunia 2. KS ini menggunakan mesin elektrik diesel, memiliki kecepatan 19.5 knots (36 km/h) dipermukaan dan 9 knots (16.7 km/h) ketika menyelam, selain itu KS tipe ini sanggup meyelam sampai kedalaman 100meter serta memiliki 4 tabung torpedo dan diperlengkapi dengan 2 periskop.
L-class atau leninets adalah kelas ke 2 dari kapal selam yang dikembangkan oleh AL Soviet sebanyak 25 unit. banyak kisah tragis yg di alami oleh L-class, misalnya:L-1 Ditenggelamkan diperairan baltic oleh artileri jerman tahun 1941, L-2 tenggelam karena terkena ranjau laut 1941, L-6 ditenggelam kan oleh U-104 jerman tahun 1944 di perairan laut hitam. L-16 tenggelam setelah di hajar torpedo kapal selam jepang I-25 di laut utara tahun 1942. L-19 tenggelam tanpa diketahui sebab nya. L-23 ditenggelam kan kapal selam jerman U-106 tahun 1944 diperairan laut hitam. Dan L-24 tenggelam di perairan laut hitam karena terkena ranjau laut dilepas pantai bulgaria.
K-Class KS yg telah di design oleh AL uni soviet sejak tahun 1936 - 1940 dan unit yg terakhir di buat untuk tujuan percobaan nuklir. K-Class adalah Kapal selam yg memiliki jelajah yg jauh dan di perlengkapi dengan torpedo dan persenjataan berat, sehingga mampu beroperasi dalam 1 armada atau sebagai penyerang jarak jauh. selain itu KS K-class memiliki kelebihan dari KS yang lainnya, yaitu memiliki kecepatan 1 menit untuk menyelam ke dalam laut pada waktu posisi nya masih di atas permukaan, sehingga KS tipe ini memiliki tingkat keamanan tinggi dari pesawat tempur anti kapal selam.

No comments:

Post a Comment