Wednesday, August 17, 2011

100 Fakta Dibalik Keajaiban - Keajaiban Dunia

Untuk lebih menambah wawasan kita, berikut ini postinga tentang 100 Fakta tentang Keajaiban - Keajaiban Dunia ..

Keajaiban di Yunani

1. Dahulu kala ada seorang dewi yang tinggal di sebuah kuil di Yunani
Parthenon, dulu adalah kuil yang dibangun untuk menghormati dewi Athena.sampai sekarang kuil ini masih tetap menjadi contoh terbaik dari arsitektur Yunani Kuno. Kuil ini dibangun dari batu pualam putih yang indah. Di dalamnya terdapat patung dewi Athena yang sangat besar sehingga membuat wisatawan kagum dan tercengang. Sisa-sisa kuil Parthenon masih berdiri sampai sekarang di bukit Acropolis, yaitu sebuah tempat yang cocok untuk melihat pemandangan kota Athena.

Keajaiban dunia kuno

2. Bangsa Romawi membangun stadion raksasa untuk pertarungan maut

Colosseum adalah stadion raksasa dari batu yang dapat menampung 50.000 orang. Kaisar dan orang - orang Romawi yang kaya bertaruh untuk 'permainan' yang melibatkan pertarungan gladiator serta pertarungan para tahanan melawan binatang buas, Arena pertandingan dibanjiri, seperti miniatur pertempuran angkatan laut.

3. Mercusuar besar di Alexandria Mesir, tingginya lebih dari 100 meter dengan kobaran api di puncaknya.
Mercusuar ini berdiri selama 1500 tahun hingga akhirnya rusak karena gempa bumi. Mercusuar ini dibangun pada masa pemerintahan Firaun Ptoemeus II (283-246 SM) dan terkenal sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno.


4. Manusia-singa raksasa melindungi piramida
Sphinx yang agung adalah patung setengah manusia, setengah singa yang sangat besar dan menjaga piramida-piramida di Giza, Mesir. Sphinx mungkin menggambarkan raja Khafre yang telah meninggal sebagai manusia yang mempunyai kekuatan mengerikan seperti singa. Patung Sphinx sudah sangat tua sehingga pasir yang tertiup angin telah mengikis bagian rinci tubuh singa dan bagian muka Khafre.


5. Taman Gantung tidak sungguh-sungguh menggantung
Bangsa Yunani kagum pada kota Babilonia, sekarang Irak. Mereka menemukan taman yang mengagumkan dengan teras berundak-undak yang ditanami tanaman yang menakjubkan. Diceritakan bahwa raja Babilonia meminta dibangunkan taman gantung tersebut untuk mengenang istrinya yang pada masa kecilnya hidup di pegunungan.


6. Kuil bangsa Yunani Kuno, Artemis, tersembunyi di bawah rawa.
Seorang arkeolog bernama John Wood menemukanya pada abad ke-19. Kuil ini dibangun di atas dua situs keramat yang terdahulu di Efesus, Asia kecil. Kuil Artemis ini dipersembahkan untuk dewi Artemis. Sampai sekarang, para arkeolog masih menemukan sesaji-sesaji yang dibawa oleh para peziarah dari segala penjuru Yunani


7. Perpustakaan terkenal di Alexandria terbakar hingga menjadi abu
Seni, matematika, dan ilmu pengetahuan lebih berkembang di Alexandria, Mesir daripada di tempat lain pada masa peradaban kuno. Sebagian besar catatan-catatan ilmu pengetahuan di perpustakaan itu musnah ketika orang-orang kristen membakar perpustakaan ini hingga rata dengan tanha pada tahun 391M.


Amerika yang menakjubkan

8. Bangsa Mesir bukanlah satu-satunya bangsa yang membangun piramida
Beberapa pembangunan piramida hidup di Amerika tengah dan selatan. Suku Inca, Maya, dan Aztec menggunakan piramida bukan untuk makam melainkan untuk kuil. Walaupun tanpa menggunakan teknologi modernm bentuk piramida adalah bentuk bangunan besar yang paling aman untuk digunakan.



9. Suku Inca membangun kota di puncak gunung
Machu picchu adalah sebuah kota yang terletak di atas pegunungan Andes, lengkap dengan taman, kuil, dan benteng. Kota ini dibangun dari batu besar yang saling bertautan dan diairi oleh mata air dari puncak gunung. Letak Machu picchu sangat tersembunyi sehingga penjelajah Spanyol tidak pernah menemukanya. Barulah pada tahun 1911, kota ini ditemukan oleh penjelajah Amerika, Hiram Bingham



10. Tidak semua monumen terbuat dari batu.
Orang Nazca memahat pola-pola raksasa dan gambar-gambar pada gurun berbatu di Peru, yang hanya bisa dolihat dengan baik dari udara. Sebagian dari polanya adalah bujur sangkar dan segitifa sederhana, dan sebagian lagi berupa gambar garis-garis yang membentuk binatang, misalnya laba-laba dan kera. Tidak seorang pun yang tahu pasti untuk apa pola dan gambar tiu dibuat.


11. Chan-Chan adalah kota mengagumkan yang dibangun dari batu bata.
Orang-orang Chimu adalah petani makmur yang membentuk kerajaan kecil di Peru. Keluarga-keluarga terkaya membangun perkampungan di Chan-Chan. Setiap kampung memiliki taman, piramida, dan gudang. Seluruhnya dihiasi dengan ukiran dan pola-pola yang indah.



12. Teotihuacan adalah kota terbesar di Dunia baru.
Sebelum bangsa-bangsa Eropa datang ke Amerika, peradaban ini berkembang dan runtuh di Meksiko. Peradaban ini meninggalkan sebuah kota besar dengan dua piramida besar yang disembahkan untuk matahari dan bulan, serta sebuah kuil yang luad untuk Quetzacoatl, dewa berkulit ular.




13. Suku Aztec bercocok tanam di danau
Setelah suku Aztec membangun ibukotanya pada sebuah pulau di sebuah danau, masyarakatnya mulai berkembang. Mereka juga memperluas pulaunya dengan membuat daratan dari alang-alang dan menutupinya dengan lumpur dari dasar danau. Kemudian mereka bercocok tanam dan berternak di atas daratan buatan itu.



Bangsa Afrika yang mengagumkan

14. Nigeria adalah pusat keajaiban kerajinan logam.
Kerajaan Benini di Nigeria yang terkenal karena patung kuningannya didirikan pada abad 11M. Kerajaan ini terkenal dengan patung-patung kuningannya. Kota Benin, ibukota kerajaan ini, bertahan sampai tahun 1897, ketika penjajah Inggris menghancurkannya serta mengambil ribuan patung.


15. Di Kamerun, piramida-piramida dibuat dari bambu.
Beragam bangsa Afrika datang dan mendiami wilayah Bamileke. Sebagian dari mereka membuat atap rumah yang berbentuk seperti piramida dari batang-batang bambu yang panjang.Piramida bambu itu kemudian dikerek ke atas, dan di bawahnya dipasangi dinding. Tinggi piramida bambu ini bisa mencapai 10meter lebih


16. Zimbawe dulu adalah kota batu yang besar
Selama abad pertengahan, salah satu bangsa Afrika yang sungguh tangguh berpusat di Zimbawe Raya. Dikelilingi olhe benteng batu lengkap dengan menaranya yang mengesankan, kota batu ini melingkupi lembah dan puncak bukit yang berada di dekatnya. Orang-orang Karanga yang mendiami kota ini menggunakan emas lokal untuk diperdagangkan dengan perlanggan-pelangganya dari jauh,sejauh Cina.


17. Masjid Mali terlihat seperti puri pasir raksasa
Di Djenne terdapat masjid menakjubkan yang dibangun dari lumpur dan batu bata. Permukaan dindingnya dipasangi palang-palang dari kayu untuk membantu para tukang naik turun. Dulu Djenne adalah pos perdagangan yang penting dan pusat falsafah umat Muslim. Masjid Mali diperbaiki dengan lumpur baru setiap musim semi, dalam sebuah festival besar yang melibatkan seluruh masyarakat.

18. Gereja St. George di Etiopia terbuat dari satu batuan padat.
Sekitar tahun 1200M, raja Lalibela memulai program pembangunan gereja. Para pekerja menggali parit yang dalam di sekeliling sebuah batuan raksasa, memahat batu itu menjadi sebuah salib, dan kemudian melubanginya untuk membentuk sebuah gereja.
ST.GEORGE CHURCH:

19. Rumah Dogon berbentuk seperti orang.
Suku Dogon di Mali membangun rumah yang menggambarkan orang yang berbaring di lantai. Tempat pemanas ruangan sebagai kepala, gudang sebagai tangan, ruang kerja sebagai perut, dan kandang sebagai kakinya.


Negeri-negeri candi

20. Raja Kashyapa memerintah dari dalam singa
Benteng gunung raja di Sri Langka dikenal sebagai Sigiriya atau mulut singa. Disebut Mulut singa karena benteng ini hanya bisa dicapai dengan mendaki gerbang-gerbang yang dijaga dengan baik, yang dipahat menyerupai rahang Singa terbuka. Benteng kerajaan Raja Kashyapa terletak di atas dataran(plato)kecil yang berbentuk dari gunung berapi kuno, 180 meter di atas dataran di bawahnya.

21. Kota Pagan memiliki 4000 situs keramat agama Budha
Kota Pagan pada zaman dahulu menjadi ibukota negara Birma (Myanmar) di Asia tenggara. Pada masa kejayaannya, dari sekitar tahun 1060 sampai 1280, ribuan situs keramat agama Budha beserta monumen-monumen dibangun. Sekarang kota ini sudah lenyap tetapi 2000 situs keramatnya masih bisa dilihat hingga kini.

22. 85 Candi di Khajraho lenyap selama 500
Raja Chandela di India meninggalkan kota candi Hindhu Khajraho demi keselamatan benteng-benteng bukit selama kekacauan melanda India. Pemerintah Muslim yang kemudian berkuasa di India tidak mengetahui adanya bangunan keramat agama Hindhu tersebut, sehingga bangunan-bangunan tersebut tetap aman sampai diketemukan kembali oleh pejabat ketentaraan Inggris pada tahun 1838.

23. Para petani membuat undak-undak di pegunungan
Tanaman padi yang membutuhkan banyak air tidak bisa tumbuh di daerah perbukitan yang curam, tetapi para petani di Asia Timur menemukan cara untuk menggunakan bentang muka tanah pegunungan. Mereka membuat teras berundak-undak yang dapat menampung genangan lumpur untuk tanaman pertanian mereka. seluruh pegunungan dibuat menjadi berteras-teras.

24. Candi di Jawa menelan bukit!
Umat Budha membangun bangunan suci raksasa di Borobudur, dengan membentuk sebuah bukit kecil kemudian menutupinya dengan balok-balok batu. Mereka juga menambahkan beberapa patung yang mengagumkan. Sejak tahun 1972, lebih dari 800.000 ribu batu telah diambil, dibersihkan, dan diganti.

25. Angkor Wat adalah candi terbesar yang pernah dibangun.
Kerajaan Khmer di Kamboja dipercaya diperintah oleh raja-raja titisan dewa. Ibukotanya di Angkor, terdiri dari sebuah kompleks bangunan candi yang besar dengan danau buatan, parit, dan tembok pembatas panjang yang ditutupi oleh ukir-ukiran. Setelah kerajaan Khmer tuntuh, candi Angkor Wat diselamatkan dari kepungan hutan oleh para rahib Budha. Parit yang mengitari Angkor Wat panjangnya 6 km, lebarnya sama dengan 3 pesawat jet berukuran besar.


Kemegahan di Timur

26. Sebuah tembok panjangnya 6400km
peradaban Cina hidup dengan bercocok tanam, dan bangsa Cina yang masih muda sering diserang oleh kaum pengembara dari Utara. Mulai tahun 214 SM, Cina membangun tembok batu di sepanjang perbatasan untuk mencegah gangguan dari luar. Tembok itu tingginya 9 meter, dengan menara pengawas dan jalan di sepanjang bagian atasnya untuk para penjaga.

27. Ada kota di dalam kota Beijing
Dahulu, Kaisar Cina tinggal di dalam kotanya sendiri yang memiliki ratusan bangunan dan 9000 kamar, dengan dikelilingi tembok tinggi sepanjang 16Km. Kota ini dikenal sebagai " kota terlarang "karena tak seorang pun diijinkan masuk tanpa undangan khusus dari kaisar. Kota ini sekarang menjadi museum.
KOTATERLARANG:

28. Seorang Kaisar dikubur bersama patung-patung tentara dari tanah liat.
Menurut tradisi Cina, orang yang sudah meninggal harus dikubur atau dibakar (dikremasi) bersama benda-benda yang akan bermanfaat baginya si surga nanti. Umumnya benda tersebut berupa segenggam uang. Namun, kaisar pertama Cina, Qin Shi Huangdi dikubur bersama 7000 patung tentara seukuran tubuh manusia dari tanah liat.

29. Makam-makam Jepang dibentuk menyerupai lubang kunci
Jepang menjadi negara kuat pada masa dinasti Yamato, antara tahun 250 - 500 M. Para bangsawan yang meninggal pada masa dinasti Yamato dikubur di dalam makam-makam besar yang berbentuk seperti lubang kunci jika dilihat dari atas. Diperlukan 800.000 ribu orang untuk membangun makam Kaisar Nintoku.

30. Patung Budha raksasa berada di kuil kayu terbesar di dunia.
Kuil kayu Todai-ji di Jepang memiliki panjang 57 meter, lebar 50 meter, dan tinggi 47 meter, teteapi dulu jauh lebih besar. Selama hampir 1500 tahun, kuil ini telah menjadi tempat penyimpanan sebuah patung budha raksasa yang terbuat dari 130 ton perunggu dan dilapisi dengan 130 kg emas.

31. Rakyat Korea adalah ahli perbintangan awal
Pada awal abad ke-7, oleh ratu Silla kuno di Korea diperintah oleh Ratu Sondok. Ratu Sondok memiliki gedung observatorium yang dibangun untuk mempelajari bintang-bintang. Gedung observatorium ini masih berdiri sampai sekarang, meskipun sudah tidak digunakan lagi.
Monumen-monumen besar

Monumen-monumen besar

32. Raksasa batu di pulau paskah beratnya sama dengan 1000 orang laki-laki
Patung-patung batu raksasa, yang disebut MOAI, membuat takut orang-orang Eropa yang pertama kali mendatangi pulau Paskah di Samudra Pasifik. Dari ke-600 patung tersebut, yang paling besar memiliki berat sekurang-kurangnya 75 ton, belum termasuk topinya yang seberat 11 ton, yang disebut PUKAO. Dipahat dari sebuah balok batu, patung-patung tersebut dipindahkan dengan menempuh jarak yang jauh sebelum ditempatkan untuk menandai makam. Matanya terbuat dari batu karang.

33. Penduduk Inggris kuno membangun sebuah lingkaran batu yang besar
STONEHENGE di Inggris terbuat dari batu-batu raksasa. Sebagian diambil sejauh 385 kilometer dari sebuah tambang di Wales. Batu-batu tersebut disusun sehingga sinar matahari bisa menerobos pintu masuk saat pagi pada hari terpanjang di musim panas--titik balik matahari di musim panas. Titik balik matahari adalah hari perayaan yang paling penting bagi para petani. Mereka berdoa agar tanaman pertaniannya tumbuh subur hingga masa panen.

34. Sebuah lingkaran tanah raksasa di Inggris benar-benar menjadi misteri
Penduduk Inggris kuno yang membangun STONEHENGE juga membangun bukit misterius, yaitu bukit SILBURY. Bukit ini terletak di dekat Avebury, lingkaran batu yang lainya, namun tak seorangpun tahu kegunaannya. Tinggi bukit itu 40 meter dan bagian atasnya melintang sepanjang 30 meter. Tidak ada tanda-tanda adanya makam di dalamnya.

35. Beberapa parade keagamaan panjangnya bisa mencapai 1 km atau lebih. Orang-orang suci dari Perancis Utara telah berjalan sepanjang jalan raya berbatu di Carnes, Inggris, setiap matahari terbit dan terbenam. Ukiran-ukiran keagamaan prasejarah pada sebagian batu kemudian ditambah dengan huruf Romawi dan simbol Kristiani.

36. Candi-candi di pulau Malta sudah berdiri selama 5000 tahun.
Bangunan-bangunan tertua di dunia terdapat di Malta. Petani-petani kuni menyembah dewi kesuburan dan membangun candi dari batu kapur untuk ritual keagamaan. Candi-candi tersebut menjadi tempat bagi patung-patung kecil dewi "ibu bumi".

Kota - kota yang hilang

37. Kota-kota kuno telah ditelan laut.
Permukaan air di Laut Tengah telah berubah sejak dibangunnya kota-kota di sekelilingnya. Garis pantai Libanon ditandai dengan kota-kota bawah air seperti kota Yarmuta, yang ditinggalkan ketika permukaan laut naik. Garis pantai Laut Hitam mundur dengan kecepatan lebih dari 1 km per hari ketika air laut tengah mulai mengalir, 7500 tahun lalu.

38. Dalam legenda diceritakan bahwa pulau Atlantis hilang
Bangsa Yunani Kuno menceritakan tentang sebiah Pulau di Samudra Atlantik yang pernah mengirimkan pasukannya untuk memerintah Mediterania. Namun, dalam legenda diceritakan bahwa pulau tenggelam itu di bawah gelombang setelah dilanda gempa bumi.

39. Istana Cleopatra berada di bawah perahu-perahu ikan.
Setelah diambil alih oleh bangsa Romawi sekitar tahun 100 SM, kota Alexandria di Mesir menjadi tidak terlalu penting. Penduduk Alexandria memindahkan kotanya ke pedalaman, menjauh dari laut. Kota yang ditinggalkan itu sekarang ditemukan di bawah dermaga.

40. Sebuah Kota Mesir muncul di Amerika
Sphinx Mesir yang sangat besat ditemukan tidak jauh dari El Paso, Texas pada tahun 1999. Namun ini bukanlah Sphinx yang sebenarnya. Sphinx ini hanyalah perlengkapan untuk film "The Ten commandments". Sphinx ini telah disembunyikan oleh Cecil B. de Mille pada tahun 1923 untuk menjaga kerahasiaan sebelum film diedarkan.

41. Mungkin ada kota yang berada setengah kilometer di bawah laut di dekat Kuba
Para ilmuwan telah meneliti daerah dasar laut di Cabo de San Antonio, di lepas pantai Kuba. Mereka melihat adanya bangunan dengan beraturan 600 meter di bawah permukaan air, tetapi mereka ridak bisa memastikan apakah bentuk jalan dan rumah di sana dibuat oleh manusia atau terbentuk karena sesuatu yang alami seperti batu karang.

42. Piramida di bawah laut Jepang mungkin adalah suatu keajaiban alam
Di lepas pantai pulau paling selatan Jepang, dekat Taiwan, para penyelam telah menemukan sebuah gundukan batu dengan sesuatu yang mungkin berupa anak tangga, pahatan, dan sebuah jalan. Gundukan ini terlihat seperti kuil suku Inca. Namun para ahli geologi mengatakan bahwa semua penampakan aneh tersebut mungkin bisa dijelaskan sebagai dampak dari gelombang yang menghantam batu.

Keajaiban Di Air

43. Lubang - lubang di bawah laut memberi makan mahluk-mahluk menyeramkan
Hampir semua kehidupan di Bumi tergantung pada matahari untuk menghasilkan energi. Namun, lubang-lubang di bawah laut memberi makan beberapa mahluk hidup yang sangat aneh. Lubang-lubang itu mengeluarkan gumpalan air panas keruh yang mengandung material. Lubang itu juga memberi makan tanaman dan hewan yang sangat kecil, yang akan dimakan oleh cacing pita dan remis besar, sejenis kerang-kerangan.

44. Tempat terdalam di laut adalah palung Mariana.
Palung ini menandai daerah lempeng Pasifik yang sangat bsar masuk di bawah lempeng Asia Timur. Palung ini panjangnya 2500 kilometer dab beberapa bagiannya berada 11 KM di bawah permukaan laut.

45. Ada barisan pegunungan di bawah Samudra Atlantik
Barisan pegunungan ini panjangnya 16.000 kilometer dan berada di tengah-tengah antara Amerika di satu sisi, serta Eropa dan Afrika di sisi lain. Dasar laut terbentuk dari batuan Vulkanis yang mendorong dua sisi Samudra Atlantik sehingga terpisah jauh, dengan laju 10 sentimeter per tahun. Saat tertekan, dasar laut akan terlipat ke atas pegunungan.

46. Amerika Utara pernah dihantam oleh gelombang setinggi setengah kilometer.
Di teluk Lituya, Alaska, pohon-pohon dihantam dari pinggir teluk oleh gelombang yang tingginya memecahkan rekor pada tahun 1958. Para ilmuwan menduga gelombang ini disebabkan oleh sepotong gunung yang menghantam ujung teluk. Tinggi gelombang ini mencaoai 520 meter di atas permukaan laut.

Binatang-binatang mengagumkan

47. Kupu-kupu raja terbang sejauh 3000 kilometer
Kupu-kupu raja di Amerika Utara bergerombol sepanjang liburan musim dingin. Mereka terbang dari daerah utara yang ke hutan di bagian selatan California dan Meksiko. Pada musim semi mereka kembali. Di perjalanan, sebagian bertelur dan mati. Kupu-kupu muda melanjutkan perjalannya ke utara saat musim panas.

48. Di pulau Christmas, Samudra Hindia, tanah berubah menjadi merah dua kali dalam setahun
Kepiting hutan merah bermigrasi dalam kelompok yang sangat besar menuju pantai tempat mereka meletakan semua telurnya sekaligus. Kemudian kepiting muda yang masih kecil kembali setelah beberapa bulan sebagai larva.

49. Karang - karang kecil membangun sebuah rumah yang bisa dilihat dari angkasa.
GREAT BARRIER REEF (karang penghalang besar) membentang di sepanjang pesisir timur laut Australia sepanjang 2000 kilometer. Karang ini dibangun dan dipengaruhi oleh miliaran polip-polip karang yang sangat kecil, yang penampangnya kurang dari satu sentimeter. Dibutuhkan lebih dari 20 juta tahun bagi binatang-binatang kecil itu untuk membangun sebuah keajaiban dunia yang bisa dilihat dari angkasa.

50. Kota rayap memiliki pendingin udara
Sarang ryap sering tak terlihat, tetapi sebagian sarang rayap muncul di tanah membentuk gundukan aneh. Di Australia utara terdapat sebuah sarang rayap yang memanjang dari utara ke selatan. Para ilmuwan berpendapat bahwa rayap menggunakan energi matahari untuk mensirkulasi udara sejuk di dalam sarangnya.

Bumi yang bergerak

51. Batu-batu di dasar Grand Canyon sudah berumur dua miliar tahun
Sungai Colorado di Amerika Serikat telah mengikis berton-ton batuan sehingga membentuk ngarai yang luasnya mencapai 446 kilometer. Di beberapa tempat, ngarai ini dalamnya 1,6 kilometer dan lebarnya 29 kilometer.

52. Sebuah meteorit meninggalkan sebuah lubang di Arizona
BARRINGER CRATER (lubang besar Barringer) di Amerika Serikat lebarnya satu kilometer dengan kedalaman 180 meter. Serpihan logam dan kaca bisa ditemukan dalam jarak sampai 100 kilometer di sekeliling lubang. Serpihan tersebut adalah sisa dari meteorit logam yang meledak ketika bertabrakan dengan bumi.

53. Angin bisa menciptakan bukit pasir
Bukit Pasir Pilat di pesisir Atlantik Perancis telah dibentuk oleh angin dan gelombang yang menimbun pasir dari teluk lebih dari 200 tahun terakhir. Bukit pasir ini memiliki tinggi 105 meter, lebar 500 meter, dan panjang hampir 3 kilometer. Bukit pasir ini perlahan-lahan masuk ke pedalaman. Hutan cemara telah ditanam untuk memperlambatnya.

54. Yosemit dipahat oleh berton-ton es.
Taman Nasional Yosemit di Sierra Nevada, Amerika Serikat, mempunyai beberapa batuan yang paling menakjubkan di dunia. El capitan adalah tebing batu granit halus yang menjulang hampir satu kilometer dari lembah di bawahnya. Tebing ini dipahat dari penampakan permukaan tanah oleh gletser besar yang meluncur bagai selembar kertas raksasa.

55. Afrika terbagi menjadi dua sepanjang lembah celah
Celah raksasa yang panjangnya 4000 kilometer, lebar 100 kilometer, dan dalamnya mencapai 2 kilometer ini terbentuk karena Afrika dan Asia pelan-pelan terpisah. Celah ini memungkinkan batuan panas dari bawah mencuat membentuk gunung-gunung seperti gunung Kilimanjaro.

Batu yang luar biasa

56. Batu Uluru berubah warna sepanjang hari
Bongkahan batu aneh yang terhampar di tempat terpencil yang berpenduduk jarang di Australia adalah situs keramat suku Aborigin. Dahulu batu ini dikenal sebagai Batu Ayers. Batu kemerah-merahan ini berubah ke warna-warna yang menakjubkan ketika matahari terbit dan terbenam. Lekuk-lekuk dan lubang-lubang yang terbentuk karena hujan dan badai menciptakan serangkaian bayangan aneh yang bergerak di sepanjang permukaan batuan.

57. Batuan bisa berubah menjadi jembatan
Suku Indian Amerika percaya bahwa pelangi telah berubah menjadi batu ketika mereka mengunjungi RAIBOW BRIDGE (jembatan pelangi) setinggi 93 meter dan sepanjang 85 meter di Utah, Amerika Serikat. Jembatan batu pasir tersebut bisa terlihat bewarna merah muda, merah, atau lembayung ketika terkena sinar matahari.

58. Ruangan yang sangat besar bisa dipahat dari batuan
Gua-gua di Serawak, Malaysia, sangatlah besar, Gua kijang memiliki lebar hampir 100 meter, tinggi 100 meter, dan panjang lebih dari 2 kilometer! Ruangan yang cukup untuk 20 lapangan sepakbola.


59. Beberapa batuan dulunya adalah pohon
Di dekat Winslow, Arizona, ada gurun yang tertutup batuan dari gelondong kayu-kayu tempat tersebut. Gelondong-gelondong kayu tersebut mengkristal karena tergeletak di dalam lumpur dan terkubur selama jutaan tahun. Kriistal-kristal kayu tersebut mempertahankan detil-detilnya seperti cincin pertumbuhan batang pohon.


60. Gunung berapi bisa menciptakan jalan yang rapo
GIANT'S CAUSEWAY di Irlandia terbentuk karena aliran lava dari gunung berapi. Lava tersebut mendingin pelan-pelan kemudian retak dari permukaannya ke bawah seperti lumpur yang mengering, membentuk "gelondong-gelondong" batu bersergi enam. Dalam tradisi orang Irlandia diceritakan bahwa gelondong-gelondong batu bersegi enam itu dibuat oleh seorang raksasa yang ingin membuat jala ke Skotlandia.

61. Bumi bisa memutahkan air panas
Saat panas dari dalam Bumi bertemu dengan air, kamu bisa menemukan sumber air panas dan geiser. Whakarewarewa di Selandia Baru adalah sumber air panas yang paling menakjubkan. Lumpur yang menggelembung dan sumber air panas berada di belakang Pohutu, yaitu geiser yang memancarkan air dan uap air setinggi 30 meter ke udara.


62. Para peziarah mengunjungi gunung berapi Fuji
Gunung Fuji adlah gunung berapi terbesar di Jepang, merupakan hasil dari ribuan muntahan abu dan lava. Kuil-kuil yang mengelilingi bibir kawah gunung berapi menjadi rumah bagi pendeta muda yang sedang mempelajari agama Shinto.

63. Gunung-gunung berapi yang mati bisa meninggalkan rumah.
Urgup Cones di Turki seluruhnya merupakan tinggalan gunung-gunung berapi kecil. Lapisan terluar dari gunung berapi telah terkikis sehingga memunculkan kerucut-kerucut lava padat yang dulu memenuhi ruang-ruang dalam gunung berapi. Kemudian kerucut-kerucut tersebut telah dipahat untuk dijadikan rumah.


64. Kamu bisa menikmati konser di dalam gelembung lava.
Saat lava mengalir dari gunung berapi, bagian luarnya menjadi dingin dan menjadi batuan keras, tetapi di dalamnya tetap cair. Kadang-kadang terdapat terowongan atau gua di dalam batu tersebut. Di Cueva de los Verdes, kepulauan Canary, gua-gua seperti itu telah diubah menjadi sebuah gedung konser.

Danau-danau fantastis

65. Danau bisa ditemukan ditempat yang paling aneh
Danau kawah di Oregon yang bewarna biru kristal sangatlah indah, tetapi terletak di puncak gunung. Ketika gunung berapi tua, Mount Mazama, terakhir meletus, gunung ini meninggalkan kawah berbentuk seperti mangkuk yang lebarnya 10 kilometer dengan kedalaman hampir 600 meter. Air dari es dan salju yang mencair hampir memenuhi mangkuk ini.

66. Kamu bisa mengunjungi sebuah pulau di atas danau yang berada di pulau di atas danau.
Danau Huron di Amerika Utara memiliki pulau yang besar, yaitu pulau Manitoulin, pulau di atas danau yang terbesar didunia. Di pulau Manitoulin sendiri juga terapat Danau Manitou yang juga berukuran besar dan memiliki beberapa pulau yang lebih kecil diatasnya.

67. Beberapa danau kadar garamnya lebih tinggi dibanding kadar garam air laut
Laut mati adalah sebuah danau di Timur Tengah yang berada 400 meter di bawah permukaan laut. Air danau ini menguap dengan cepat dari permukaan karena iklimnya yang panas dan meninggalkan mineral-mineral misalnya garam. Kadar garam Laut Mati lebih tinggi 10X lipat dibanding kadar garam air laut.


68. Ada sebuah danau yang sama tuanya dengan dinosaurus
Danau Vostok di dekat Kutub Selatan telah terasing dari dunia selama jutaan tahun di bawah lapisan es Antartika. Para ilmuwan sedang bekerja keras agar bisa mengebor sedalam 4 kilometer ke bawah menuju danau yang berada di bawah es, tanpa mengganggu kehidupan yang mungkin bertahan di sana.

69. Danau bisa benar-benar tersembunyi
Ada sebuah danau di bagian timur laut Nambia, Afrika, yang terletak jauh di bawah tanah di dalam gua, Dragon's Breath Cave(gua napas naga). Gua ini mendukung kehidupan, Tanpa cahaya matahari, semua makhluk hidup di dalam gua tersebut mengandalkan kotoran kelelawar yang jatuh sebagai sumber energi. Karena tidak ada sumber cahaya maka penglihatan binatang dan ikan yang tinggal disana sangat lemah namun indera yang lain seperti indera peraba dan penciuman menjadi lebih berkembang.

Air terjun yang sangat menakjubkan

70. Air terjun Niagara adalah air terjun yang bergerak ke hulu
Air yang mengalir mengikis batuan yang berada di bawahnya, menyebabkan bibir air terjun runtuh. Kemudian air terjun mejadi mundur beberapa meter. Air Terjun Niagara bergerak mundur sekitar 1 meter per tahun dalma 300 tauhn terakhir. Namun air terjun ini kini sistabilkan karena sungai Niagara pada malam hari dialihkan untuk pembangkit tenaga hidrolistrik. Di sini, air sungai ini digunakan untuk menyediakan air.

71. Sebuah air terjun tingginya hampir satu kilometer
Ada sebuah gunung dengan jurang-jurang yang curam dan tersembunyi di hutan hujan tropis di Venezuela. Air terjun Angel mengalir di sisi salah satu jurang ini, dan menjatuhkan air setinggi 979 meter menuju ke sungai di bawahnya. Ini adalah air terjun tertinggi didunia.

72. Air terjun Iguacu menciptakan pelangi-pelangi yang indah
Sekitar 12.750 meter kubik air mengalir melewati bibir air Terjun Iguacu di Argentina tiap detiknya. Air terjun ini terbagi menjadi beberapa aliran yang terpisah oleh tonjolan-tonjolan batu di sepanjang bibirnya yang panjangnya 4 kilometer. Maka terciptalah begitu banyak semburan air sehingga sering muncul beberapa pelangi dalam sekali waktu.


Karya - karya Spektakuler di air

73. Bendungan Akosombo membentuk sebuah danau yang lebih besar daripada sebuah negara.
Luas danau Volta 8000 kilometer persegi, kira-kira 3X lebih luas daripada negara Luxembourg. Danau ini dibentuk dengan membendung sungai Volta pada tahun 1965 guna menyediakan air untuk pertanian. Danau buatan ini bukan hanya menjadi sebuah waduk. Danau ini juga menjadi pemenuh kebutuhan listrik negara Ghana, sumber ikan di pedalaman, dan sistim navigasi - menyediakan jalur perhubungan kapal antara bagian utara negara dan pantai.

74. Sebuah terusan menghubungkan dua Samudra
Terusan Panama di Amerika Tengah menghubungkan Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Terusan ini dibangun agar kapal tidak perlu berjalan jauh mengitari Amerika Serikat. Panjang Terusan Panama 65 kilometer, sehingga kapal dapat menghemat waktu tempuh dari satu sisi di Amerika Serikat ke sisi lainya sepanjang 12.000 kilometer perjalanan mengelilingi Amerika selatan.


75. Kamu bisa naik kapal melintasi gurun.
Pada tahun 1869 sebuah perusahaan Prancis menyelesaikan program tekniknya selama 11 tahun untuk menciptakan Terusan Suez sepanjang 100 kilometer. Terusan ini melewati Mesir, menghubungkan Laut Tengah dengan Laut merah. Terusan Suez menghemat perjalanan sepanjang 7700 kilometer mengitari laut yang berbahaya.

76. Bangsa Belanda bisa dengan mudah menutup pintu untuk menghentikan datangnya pasang laut
Rotterdam adalah pelabuhan tersibuk di dunia. Pelabuhan ini dibangun di atas tanah reklamasi( hasil pengeringan )dari mulut Sungai Rhine, dan dulu sering dihantam gelombang badai di Laut utara. Sekarang ada dua pintu yang sangat besar yang bisa membendung gelombang yang sangat tinggi. Tinggi tiap pintu kira-kira 300 meter - lebih tinggi dari menara Eiffel.

77. Beberapa perahu menggunakan lift!
Ketika sebuah terusan mendaki bukit, diperlukan pintu air untuk menaikkan atau menurunkan perahu satu "undakan" setiap kali. Cara ini memperlambat perjalanan. Sebagai ganti dari serangkaian pintu air, beberapa terusan mempunyai "lift" perahu, yang mengangkat atau menurunkan sebagian terusan lengkap dengan air dan perahunya, dari dasar ke puncak, atau sebaliknya.

Membentuk bumi kita

78. Jika Laut aral menyusut
Danau besar di Asia tengah bernama Laut Aral dahulu 15 meter lebih dalam dan luasnya 2X lebih besar daripada sekarang. Danau ini menyusut karena sungai-sungai yang mengalir ke danau ini digunakan untuk mengairi lahan. Laut Aral mulai menyusut dan kadar garamnya menjadi 3X lebih tinggi daripada sebelumnya, dan menyebabkan seluruh ikan mati. Pulau-pulau yang melintasi bagian tengah Laut Aral sekarang menyatu dan memisahkan air menjadi 2 danau yang terpisah.

79. Lava bisa digunakan untuk memperbesar sebuah pulau
Islandia berada di barisan pegunungan berapi di tengah Samudra Atlantik, yang menjadi tempat terjadinya banyak aktifitas gunung berapi. Pada tahun 1973, penduduk desa di pulau Vestmannaeyjar, Islandia, menghindari aliran lava dengan memompakan air laut ke aliran lava tersebut, membelokkannya ke laut. Kemudia lava itu membentuk sebuah dinding baru yang dijadikan sebagai perlabuhan penangkaran ikan, dan menambah luas pulau mereka 2kilometer persegi.

80. Beberapa negara menjadi semakin besar
Belanda adalah salah satu negara dengan permukaan tanah rendah di Eropa. Disebut "rendah" karena banyak daerah pantainya yang sebenarnya berada di bawah permukaan laut. Seperempat bagian dari Belanda telah direklamasi dari muara dan laut dengan membangun sistem dinding tanah dan memompa air keluar.

81. Membutuhkan waktu 14 tahun untuk memahat sebuah gunung
Gunung Rushmore di Dakota Selatan, Amerika Serikat, dipahat oleh 400 orang selama lebih dari 14 tahun. Mereka memahat 4 wajah pemimpin Amerika dengan ukuran yang sangat besar. Sisi gunung yang menerima paling banyak sinar matahari memperlihatkan ke-4 wajah pemimpin tersebut, masing-masing memiliki mata berukuran 4 meter.

82. Jembatan Akashi Kaikyo mencapai 2 kilometer dalam 1 langkah
Negara Jepang terdiri atas 4 pulau besar dan ratusan [ulau yang lebih kecil. Dahulu orang-orang biasa naik Feri(kapal pernyebrangan)untuk melakukan perjalanan dari salah satu pulau besar, Shikoku, ke pulau utama, Honshu. Jembatan Akashi Kaikyo membentang sepanjang 2 kilometer di atas laut yang memisahkan kedua pulau tersebut, membuat orang bisa berpergian dengan mudah dan cepat. Ini adalah jembatan dengan rentang terpanjang di dunia.

83. Jemaah yang terpanjang adalah jemaah haji
Selama 6 hari dalam bulan terakhir pada kalender Islam, kota Mekah menjadi tuan rumah bagi 2 juta jemaah. Orang Muslim dari semua negara dan latar belakang datang dan berkumpul untuk berjalan mengelilingi Ka'bah di Masjid Raya Mekah, tempat tersuci di bumi bagi umat Muslim. Mereka juga melakukan upacara keagamaan.

84. Kereta api bisa berjalan 150 kilometer/jam di bawah laut
Eurotunnel adalah terowongan yang menghubungkan daratan Inggris dengan Prancis Utara. Ketiga terowongan Eurotunnel - yang terdiri atas 2 terowongan untuk rel kereta api, dan 1 terowongan untuk perawatan - membentang sepanjang 14,7 kilometer di bawah laut dan yang lain panjangnya 30 kilometer di bawah tanah padat. Kereta api yang melintasi terowongan tersebut membawa penumpang pejalan kaki dan juga para pengendara mobil yang tetap berada dalam mobilnya.

85. Sydney Harbour Bridge di Australia adalah jembatan terlebar di dunia
Jembatan ini, yang selesai dibangun pada tahun 1932, mempunyai lebar hampir 50 meter. Jembatan ini memuat jalur-jalur kereta api, jalur lalu lintas, sebuah jalur sepeda, dan jalan kecil bagi pejalan kaki.

Taman bermain Wah

86. Stadion olah raga Skydome di Toronto, Kanada, adalah salah satu ruangan tertutup terbesar di dunia.
Untuk sekedar memperlihatkan seberapa besar stadion ini, 46 balon udara panas berukuran besar dipompa di dalamnya pada tahun 1992. Tekor membuka atap gedung untuk menampkkan langit terbuka adalah sekitar 20 menit.

87. Sydney Opera House(gedung opera Sydney) dibangun dua kali
Bentuk atap gedung Opera Sydney yang aneh mulai dikerjakan jauh sebelum bahan-bahan untuk atap itu diciptakan. Ketika pembangunnya menyadari bahwa atapnya akan jauh lebih berat dari yang diperkirakan, mereka meledakan pondasi dan mulai membangun lagi!.


88. Di Jepang, kamu bisa berselancar di pantai yang beratap
Seagaia Ocean Dome (Kubah Laut Seagaia) adalah pantai dalam ruangan buatan dengan atap yang bisa dibuka. Pengunjung bisa berselancar di atas ombak buatan sepanjang tahun. Pantai buatan dengan panjang 300 meter ini berjarak 100 meter dari pantai sebenarnya.

89. Di Prancis ada kota bioskop
bangunan-bangunan menakjubkan menjadi bagian Futuroscope(bioskop masa depan), taman hiburan yang sangat besar, di dekat Poitiers, Prancis. Beberapa bioskop di Futuroscope memiliki layar yang mengelilingi penonton dan salah satunya menampilkan film 3D. Film 3D ini ditampilkan pada layar setinggi 15 meter dan lebarnya 20 meter.

90. Dibutuhkan 1 Laskar untuk menjalankan Disney World
Taman hiburan di Florida, Amerika Serikat ini, mencakup luas 120 kilometer persegi. Diperlukan 45.000 pemandu, pelayan toko, penjaga kebersihan, koki, ahli medis, dan staff lain untuk menjalankan taman. Pengunjung membeli 9Miliar hamburger dan 7Miliar hotdog per tahun.

91. Menara tertinggi ternyata kembar
Menara Petronas di Kuala Lumpur adalah salah satu di antara gedung-gedung tertinggi di dunia, dengan ketinggian mencapai 452 meter. Menara ini dibangun untuk perusahaan minyak nasional Malaysia. Ada 88 lantai perkantoran dan tiap menara disangga oleh 16 tiang beton.

92. Beberapa orang selalu membangun rumah di langit
Orang-orang Korowai di Indonesia membangun rumah di pohon. Rumah tersebut, disebut dobbos, melindungi mereka dan dari masalah jika tetangga mereka tidak ramah. Tangga tali dinaikkan ke atas pohon untuk menjauhkan diri dari musuh.

93. Kamu bisa mengelilingi langit dengan rollercoaster
Ditengah gurun di barat daya Amerika Serikat, kota Las Vegas menjadi kota hiburan utama di Amerika. Hotel-hotel dan gedung-gedung hiburan yang sangat besar bisa dilihat dari Menara Stratosphere. Ada rollercoasteryang mengelilingi puncak menara,300 meter di atas tanah.

94. Beberapa pencakar langit bergoyang ditiup angin
Pencakar langit yang sangat tinggi terdorong oleh angin, menyebabkan lantai teratas bergoyang. Ini bisa membuat orang merasa mual. Beberapa bangunan pencakar langit seperti Citicorp Center di New York, Amerika Serikat, mempunyai pemberat dipuncaknya yang bisa digerakkan dari satu sisi ke sisi lain agar bangunan tersebut bisa menahan angin, sehingga mencegah dampak angin.

95. Pencakar langit yang pertama dibangun 120 tahun yang lalu
Chicago, sebuah kota di bagian barat tengah Amerika Serikat, dulu dibangun dari kayu, tapi sebagian besar terbakar pada tahun 1871. Kota tua ini digantikan oleh gedung-gedung yang lebih modern, termasuk berlantai 10, Home Insurance, yang pertama kali dibangun dengan kerangka logam.

96. Roket dibuat di dalam ruangan tertinggi di dunia.
Beberapa roket luar angkasa penjangnya lebih dari 100 meter. Saat roket itu dibuat berdiri tegak, dibutuhkan sebuah bangunan yang sangat besar. NASA's Vehicle Assembly Building(VAB) atau Bangunan Perakitan Kendaraan Milik Nasa di Florida, Amerika Serikat, mempunyai tinggi 160 meter dengan pintu setinggi 139 meter. Pintu tersebut lebih besar daripada lapangan bola.

97. Ada 4 bagian utama pesawat luar angkasa
Setiap bagian utama pesawat luar angkasa dirancang untuk membantu bagian tertentu dari perjalanan. Pesawat ini mempunyai mesin sendiri, juga pengikat tangki bahan bakar dan dua peluncur roket yang membantu mendorong roket menuju luar angkasa.


98. Teleskop Hubble menggunakan kaca
Dengan pesawat ulang alik, sekarang kita bisa memperbaiki satelit yang rusak di luar angkasa, atau mengambil satelit itu dan membawanya kembali ke Bumi untuk diperbaiki. Teleskop Hubble perlu dilengkapi dengan kaca elektronik sebelum bisa mengirim gambar-gambar luar angkasa yang mengagumkan.


99. Kamu bisa tinggal di luar angkasa selama setahun
International Space Station (Stasiun Luar Angkasa Internasional) bisa digunakan oleh ilmuwan untuk tinggal di luar angkasa selama berminggu-minggu di dalam laboratorium tanpa bobot. Seorang astronot tinggal di stasiun luar angkasa tua Mir selama lebih dari setahun.

100. Manusia adalah makhluk mengagumkan!!
Keajaiban dunia terbesar adalah diri anda sendiri (manusia). Anda bisa berpikir dan melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh binatang dan juga komputer. Kita mungkin tidak pernah menemukan sesuatu yang sama mengagumkannya dengan diri kita di seluruh jagad raya

No comments:

Post a Comment