Saturday, August 20, 2011

monster penguasa lautan

Monster adalah sebutan bagi sesuatu yang berukuran besar atau setidaknya sesuatu yang menyeraman. Monster juga tidak selamanya berbentuk mahluk hidup, bahkan gunung berapi sekalipun juga sering di anggap sebagai monster akibat keganasan dan luasnya kerusakan yang ditimbulkan oleh letusanya :oops:

Luasnya laut, juga tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan monster yang menjadi penghuninya. Saya tidak perlu menyebutkan seperti apakah bentuk monster tersebut karena pembaca tentu telah dapat membayangkannya. Kini, silakan simak beberapa monster penghuni lautan yang merupakan buah karya peradaban manusia :?:

Monster-monster berikut belum pernah dimiliki oleh Indonesia dan belum pernah juga di buat di Indonesia. Salah satu alasanya adalah konon para petinggi militer dan pemimpin negeri ini akan memaksimalkan ribuan pulau yang ada sebagai pengganti peran monster tersebut. Namun hingga saat ini ide tersebut tidak pernah terealisasi, bahkan yang paling menyedihkan adalah hampir tidak ada upaya untuk merealisasikan ide tersebut :shock: :sad:

Bukti nyatanya adalah : militer Indonesia terutama AU & AL tidak dibekali dengan peralatan yang memadai baik dalam hal jumlah maupun kualitasnya. Padahal negeri ini tidak terbilang luasnya serta betapa banyak keragaman sumber daya alamnya. Militer Indonesia hanya unggul dalam jumlah AD yang sangat gagah ketika berparade serta sangat galak terhadap masyarakat sipil, namun entahlah dalam urusan nyali dan ketrampilan :?:

Negeri ini memang baru saja membeli beberapa peralatan militer yang cukup memadai, namun akhirnya tidak berguna sama sekali :shock: Beberapa Sukhoi yang membanggakan dan sangat diandalkan, ternyata dalam pembeliannya tidak disertai dengan paket senjata (bom, rudal). Jika demikian, bagaimana mungkin pesawat tersebut dapat mengamankan wilayah udara negeri ini :?:

******

Shinano

Kapal induk Shinano memilki panjang 266 meter sekaligus merupakan kapal terbesar dimasanya. Shinano dibuat oleh Jepang dan di pergunakan oleh tentara kekaisaran Jepang selama masa Perang Dunia kedua. Kapal induk Shinano di operasikan pada tahun 1944 dan ditenggelamkan pada 29 November tahun itu juga oleh kapal selam milik Amerika, USS Archer-Fish.

Iowa

Bukan merupakan kapal induk, kapal perang Iowa yang memiliki panjang 270 meter ini dioperasikan sejak tahun 1943 dan telah menjalani banyak pertempuran mulai sejak Perang Dunia kedua hingga Perang Teluk. Pada awalnya Angkatan Laut AS bermaksud memiliki 6 (enam) unit kapal ini, namun kenyataanya hanya 4 (empat) yang diselesaikan dan kini semuanya telahdi pensiunkan. Sedangkan 2 (dua) lainnya dibatalkan proses pembuatannya.

Lexington

Kapal induk Lexington sepanjang 271 meter adalah kapal induk pertama yang dioperasikan oleh AS. Lexington tidak murni kapal induk, kapal induk berbobot 37.000 ton ini pada awalnya merupakan kapal perang penjelalajah yang kemudian dimodifikasi menjadi kapal induk pada tahun 1929.

Admiral Kuznetsov

Kapal induk milik Rusia yang memiliki bobot penuh 55.200 ton dan memiliki kecepatan 59 km/jam. Pertama kali menjalankan tugas pada tahun 1990, Admiral Kuznetsov memiliki panjang 302 meter dan Rusia hanya memiliki satu unit.

Midway

Dioperasikan AS sejak tahun 1945, kapal induk jenis Midway memiliki tubuh sepanjang 306 meter yang konon merupakan salah satu kapal induk terpanjang di dunia dalam sejarah, padahal masih banyak lagi kapal induk yang jauh lebih panjang dari Midway. Kapal induk Midway memiliki kecepatan maksimum 61 km/jam dan dipensiunkan pada tahun 1992.

Kennedy

Disebut dengan nama USS John F. Kennedy CV-67, beroperasi sejak 1968. Kapal induk ini juga memiliki sebutan “Big John”, memiliki panjang 320 meter serta bobot totalnya (full load) 82.655 ton. Setelah mengarungi laut hampir 40 tahun, AS akhirnya mempensiunkan Big John pada tahun 2007.

Forrestal

Kapal induk Forrestal merupakan kapal induk terbesar pertama yang di operasikan oleh US Navy. Forrestal memiliki tubuh sepanjang 325 meter dengan bobot penuh 25% lebih besar dari pada Midway. Sebanyak 4 (empat) Forrestal dioperasikan US Navy sejak 1955, dan kapal induk ini dipensiunkan secara bertahap mulai tahun 1993 hingga 1998.

Kitty Hawk

Juga dikenal dengan sebutan Miss Kitty. Si Nona monster ini dioperasikan sejak tahun 1961 dan merupakan hasil pengembangan dari kapal induk Forrestal. Miss Kitty hanya dibangun sebanyak 4 (empat) unit dan masing-masing sanggup menggendong 90 pesawat tempur sekaligus. Si Nona pemilik panjang tubuh 327 meter tersebut kini telah pensiun.

Nimitz

Meski bukan yang paling panjang, namun kapal induk sepanjang 333 meter ini merupakan salah satu monster terbesar di lautan. Nimmitz yang memiliki bobot penuh sebesar 100.000 ton tersebut merupakan kapal induk bertenaga nuklir. Masing-masing Nimmitz dibekali dengan 2 (dua) reaktor nuklir yang mampu menghasilkan daya 190 MW.

Dengan menggunakan nuklir sebagai bahan bakar, kapal induk Nimmitz yang berjumlah lebih dari 10 unit tersebut mampu terus beroperasi selama 20 tahun tanpa perlu pengisian ulang bahan bakar. Hingga saat ini, seluruh Nimmitz masih tetap dioperasikan oleh US Navy.

Enterprise

Satu-satunya kapal induk terpanjang dalam daftar ini dengan panjang tubuh 342 meter. Dengan julukan “Big E”, USS Enterprise merupakan kapal induk bertenaga nuklir pertama di dunia. Dalam pembuatannya, Enterprise konon menghabiskan dana sebanyak 450 juta dolar, namun selama karirnya, Enterprise selalu setia mengawal arogansi AS di berbagai belahan dunia. Enterprise disebut-sebut sebagai kapal induk yang paling lama dioperasikan oleh AS sejak pelayaran perdananya tahun 1961. Namun tidak lama lagi monster laut itu akan segera dipensiunkan, setidaknya pada tahun 2013 mendatang.

No comments:

Post a Comment