Tuesday, August 23, 2011

King Arthur,Para Ksatria,Camelot dan legendanya.



Komplit tentang King Arthur ada di sini.Tentang Raja,Ksatrianya, bekas istana,mitos dll.

Arthur diklaim sebagai raja dari setiap kerajaan Celtic. Pada abad ke 6 banyak orang-orang bernama Arthur di Keluarga kerajaan Celtick di Britania, namun menjadi sedikit meragukan untuk mencari Arthuryang sesuai dengan nama besarnya. Nama arthur juga bisa saja menjadi Arthwyr yang sama dengan gelar Vortigern, seorang panglima perang pada abad kelima dalam perang di Britania.


Satu pertanyaan yang menarik apakah King Arthur adalah tokoh sejarah atau hanyalah legenda. Perdebatan sebenarnya telah terjadi sejak jaman Renaissance ketika Raja-Raja pada Tudor Monarki, ~Raja-Raja tudor seperti Henry VII (1485 - 1509), Henry VIII (1509 - 1547), Edward VI (1547 - 1553), Jane Grey (July 1553), Mary I (1553 - 1558), Elizabeth I (1558 - 1603)~ mulai menggunakan nama Arthur memiliki hubungan keturunan dengan kebangsawanan Tudor Monarki dan mulai memaksakan hubungan tersebut untuk memperkuat pemerintahan mereka. Namun pada jaman sekarang, sekolah-sekolah modern mulai mengasumsikan memang ada beberapa orangyang nyata dengan hati seperti seorang Raja Arthur, namun tentu saja tidak dengan ksatria-ksatria yang berpakaian perang yang bersinar, namun O.J Padel dalam bukunya The Nature of Arthur berpendapat " historical attributes of just the kind that we find attached to Arthur can be associated with a figure who was not historical to start with."

Breton King

Geoffrey dari Monmouth menyatakan Arthur adalah Raja Tertinggi dari Kerajaan Britania Raya. Ia adalah anak dari pendahulunya, Uther Pendragondan keponakan dari raja Ambrosius. Sebagai keturunan dari keponakan Raja Agung Eudaf Hens, Conan Meriadoc, kakek Arthur, telah melewati jalur dari Britania,dan mendirikan dinasti pada awal abad kelima. Raja Breton Aldrien telah diminya untuk menyelamatkan britania dari kekacauan setelah kedatangan bangsa Roma. Beliau mengirimkan saudaranya, Constantine, untuk membantu. Constantine telah menjadi sejarah kerajaan Britania yang membuat upaya pasukan Romawi menjadi sia-sia dalam penaklukan benua Eropa pada 407M. Jika melihat dari kronologis, bisa saja beliau menjadi Kakek Raja Arthur. Keturunan Arthur dari Breton telah dicatat oleh Gallet.

Riothamus the King

Geoffrey Ashe berpendapat bahwa sejarah Raja Arthur sama dengan sejarah yang dikenal sebagai Riothamus, dengan gelar sebagai "Greatest-King". Pasukannya dikenal telah menyebrangi jalur-jalur untuk melawan Visigoths di Lembah Loire pada 468 M. Dikhianati oleh Pejabat di Gaul, Beliau kemudian menghilang dalam sejarah. Kenyataanya beliau muncul dalam sejarah raja Domnon┼Że, walau mungkin kita bisa menyamakannya dengan seorang Pangeran dari Cornouaille bernama Iaun Reith. Riothamus telah diasingkan selama perang saudara di Britani. Ia kembali untuk mengambil kembali tahtanyadan kemudian terbunh pada saat serangan Jerman. Permasalahan utama dari identifikasi sejarah arthur adalah sejarah ini membuat sejarah raja Arthur kembali 50 tahun dari periode tradisonilnya pada awalabad keenam belas (See Ashe 1985).

Dumnonian King

Tradisi Welsh juga menganggap Arthur adalah raja agung dari Britania tetapi cenderung mengikuti silsilah ditetapkan dalam Mostyn MS117 dan Bonedd yr Arwr. Ini membuat kerancuan, karena Arthur dianggap Constantine Corneu, Raja dari Dumnonia. Dalam sejarahnya, ada tiga raja Dumnonia selama pemerintahan Arthur yaitu anak Constantine, Erbin; cucunya, Gereint; dan anak dari cucunya, Cado. Tidak ada indikasi yang menunjukkan bahwa dari ketiga tersebut memiliki hubungan dengan Arthur, dan tidak juga dalam kerajaan Dumnonian. Lagipula juga tidak ada penjelasan mengapa pangeran dari Dumnonian bisa menjadi raja agung dari Britania. Hubungan Arthur dengan daerah di Britania ini adalah semata-mata ia masih dalam kandungan ketika berada di Tintagel, tempat ibu dari suami pertamanyadan dimakamkan di Glastonbury, situs Kristen Kuno di negara tersebut..

Cumbrian King

Klan Campbell menulusuri kembali silsilah mereka ke Arthur ic Uibar: Arthur putera Uther. Norma Lorre Goodrich menggunakan hal ini untuk menyatakan Artur adalah seorang priayang berasal dari utara. Ide ini diusulkan pertama kali oleh Victorian Antiquary, W.F.Skene, dan ada beberapa bukti yang menguatkan hal tersebut, khususnya pada lokasi 12 peperangan Nennius yang berlokasi di Utara. Goodrich mengatakan bahwa lokasi Istana Arthur berada di Carlisle. Sebagai ibukota Kerajaan Utara Inggris Rheged, tampaknya tidak mungkin menhadi rumah bagi Arthur. Prof Goodrich mengambil pada sumber-sumber sastraabad pertengahan yang memiliki akhir yang imajinatif. (See Goodrich 1986 & Skene 1868).

Pennine King

Ada seorang raja dari Inggris utara yang bernama Arthwys yang tinggal pada generasi sebelum dari kisah Arthur. Beliau penguasa Kerajaan Besar Pennines, Banyak yang mengatakan peperangan Nenius berlangsung di Utara Inggris. Hal ini dan beberapa kisah dari utara Inggris yang berhubungan dengan kisah raja Arthur mungkin saja berhubungan dengan kerajaan ini.

King of Elmet

Kisah dari utara lain menceritakan tentang Arthwys adalah anak dari Masgwid Gloff, yang mungkin saja Raja dari wilayah Elmed (sekarang Yorkshire Barat). Tak ada yang mengetahui secara pasti tentang kerajaan ini. Walau tidak mungkin beliau memegang tahta kerajaan ini, namun kemungkinan besar memiliki andilyang besar dalam kisah Arthur.

Scottish King

Scotlandia juga mengklaim Arthur sebagai Pangeran mereka. Artur, putera raja Aidan dari Dalriada, diperkirakan lahir pada 550 M. DAvid F Carrol berpendapat bahwa pria ini adalah Arthur sebenarnya, memerintah Manau Gododdim dari Camelon (alias Camelot) di Strilingshire. (Carrol 1996)

Powysian King

Graham Philips dan Martin Keatman mengidentifikasi Arthur sebagai Owain Ddantwyn (White-Tooth / si gigi putih), pangeran dari House of Cunedda (di daerah Gwynedd) pada akhirabad ke 5. Pendapat mereka kurang meyakinkan dan mengandung beberapa misteri yang masih belum terpecahkan. Anak Owain, Cuneglasus (yang dikenal dalam silsilah Welsh sebagai Cynlas) merupakan salah satu dari lima raja Celtic yang dikutuk oleh Gildas.
Walau terjadi salah pemahaman dalam hal ini, Keatman dan Philips menambahkan bahwa Cuneglasus adalah anak dari Arthur. Mereka kemudian menambahkan dia dan ayahnya, Owain, telah memerintah Pwys sebagai satu-satunya kerajaan yang tak mau berdamai dengan Raja Gildas. Bagaimanapun juga, Cynlas tinggal di Din Arth di Rhos dan bukan anak dari Arth. Dari cerita Rakyat Welsh mengisahkan kerajaan Gwynedd telah dipisah antara ayahnya, Owain, yang menerima Gwynedd Timur (Rhos) dan pamannya, Cadwallon Lawhir (Long-Hand) yang mengambil daerah terbesar di barat Gwynedd. Selama periode ini, Cyngen Gldrydd yang memerinyak Powys, Beliau mungkin saja Aurelius Caninus yang disebutkan oleh Gildas.(See Phillips & Keatman 1992)

Rhos King

Thesis yang lebih sederhana dari Mark Davere Davies yang menyatakan bahwa Arthur adalah Cuneglasus itu sendiri. Untuk lebih lengkapnya klik situs resminya.

Dyfed King

Seorang raja bernama Arthwyr pernah memerintah di Dyfed di akhir abad ke 6. Beliau adalah anak dari raja Pedrap Cyngar, tetapi sedikit yang tahu tentang beliau. Meskipun namanya cukup terkenal, mungkin saja beberapa dari aksinya menjadi cerita rakyat.

Glamorgan King

Baram Blackett & Alan Wilson mengemukakan bahwa legenda Raja Arthur merupakan gabungan dari dua karakter bersejarah; Anwn (Arthun), raja inggris yang pernah menaklukkan Yunani dan Arthrwys (alias Athwrys) raja dari Glywssing dan Gwent. Arthun adalah anak dari penguasa Inggris Magnus Maximus, yang pernah hidup di akhir abad ke 4. Beliau dikenal juga sebagai Anwn (alias Dynod) dan gelar raja Yunaninya telah menjadi Antonius Gregorius dalam bahasa Latin (ini karena kesalahan pembacaan nama saja). Sebenarnya di banyak memerintah daerah di Wales. Arthwys dari Glwyssing & Gwent adalah raja dariabad ketujuh yang hidup di tenggara Wales. Rumahnya yang dikisahkan dalam legenda Arthurian berada di sekitar Caerleon menjadi salah satu hal yang menarik. Blackett & Wilson berpendapat beliau sebenarnya hidup di awal abad keenam dan ayahnya adalah raja Meurig yang dikenal sebagai Uther Pendragon, yang berarti Panglima yang Mengagumkan. Pendapat lainnya dari kedua orang ini mengatakan bahwa Arthur sebenarnya tinggal bukan di Cerniew (atau Cornwall), tetapi di Cernyw (atau Glywyssing).(See Blackett & Wilson 1980).

St. Arthmael the King

Seperti Blackett & Wilson, Chris Barber & David Pykitt juga menyatakan hubungan Raja Arthur dengan Raja Athwys dari Glywyssing & Gwent. Bagaimanapun juga, kemiripan disini berhenti, yang lebih penting adalah identifikasi orang, tempat, dan kejadian. Penambahan terbesar mereka setelah Camlann, Arthur/Athrwys mengabdi dan pensiun pada inggris ketika meraka penjadi penginjil yang penting. Mereka dikenal juga sebagai St. Armel (atau Arthmael) dan gereja mereka masih bisa di lihat di St.Armel-des-Boschaux. Teori mereka terlalu banyak yang dipertanyakan dan terdengar dipaksakan. (See Barber & Pykitt 1993).

Roman King

Hal ini telah banyak diperbincangkan bhwa Raja Arthur mungkin saja salah satu daru Lucius Artrius Castus; sebuah tema yangdiangkat oleh P.J.F. Turner. Castus adalah salah satu tokoh sejarah dan merupakan seorang Jendral Dalmatian pada abad kedua yang bertmepat di Inggris yang memerintah pasukan Roma, yang dikenal dengan Sarmations, dalam ekspedisi penumpasan pemberontakan di Armorica. Tapi sepertinya tidak mungkin keduanya memiliki hubungan satu sama lain.

ini adalah beberapa pendapat para ahli mengenai Arthur.

No comments:

Post a Comment