Thursday, December 30, 2010

Serial Ultraman


ultraman

ultraman

Serial Ultraman (ウルトラシリーズ ,Urutora Shirīzu) (Ultraman Series) adalah judul kolektif untuk semua serial tokusatsuTsuburaya Enterprises yang memunculkan berbagai jenis Ultraman. Pertama kali mengudara di stasiun televisi Jepang1966, serial Ultraman merupakan salah satu tokutsasu yang paling dikenal selain Serial Kamen Rider dan Serial Super Sentai. produksi pada tahun

Secara umum setiap tahunnya akan diproduksi serial Ultraman, namun terjadi kevakuman produksi yang cukup lama antara tahun 1982-1994 sehingga serial ini baru mencapai seri ke-16 (2007). Meski demikian, Ultraman tak hanya sekadar serial televisi, melainkan telah menjadi fenomena multimedia internasional dengan berbagai produk, seperti: anime, film, manga, pertunjukan aksi hidup di atas panggung, dan iklan.

Garis besar cerita

Periode produksi Ultraman dibagi dua, yaitu periode Showa (sebelum tahun 1990) dan periode Heisei (setelah tahun 1990). Pada Ultraman periode Showa, cerita antara Ultraman satu dengan yang lain di setiap serialnya berhubungan. Mereka diceritakan berasal dari planet yang sama. Sedangkan sejak Periode Heisei, cerita mulai berkembang dan lepas dari hubungan Ultraman sebelumnya. Dalam periode ini mulai dikenalkan warna kostum biru serta perubahan bentuk Ultraman, umumnya sampai 3 bentuk. Selain itu, Ultraman juga berasal dari planet yang berbeda-beda, kecuali serial Ultraman Mebius (2006) yang jalan ceritanya kembali ke periode Showa. Namun, secara garis besar, Ultraman produksi Showa maupun Heisei memiliki persamaan sebagai berikut:

  • Umumnya berwarna dasar dominan perak (abu-abu) serta corak merah. Dalam perkembangannya pada periode Heisei, Ultraman juga memiliki warna biru.
  • Memiliki sebuah color timer (life gauge/energy core) berwarna biru berbentuk bulat di tengah dada yang akan berkedip-kedip jika energi Ultraman telah habis. Umumnya Ultraman akan kehabisan energi setelah lewat 3 menit bertarung. Ultraseven tidak memiliki color timer, dan bentuk di Ultra N project adalah seperti huruf V memanjang ke samping.
  • Sebagai seorang pahlawan super, musuh Ultraman adalah monster bumi (kaijuu, sejenis Godzilla) dan makhluk luar angkasa. Monster yang kemunculannya menjadi langganan dalam serial Ultraman adalah Alien Baltan (tidak muncul dalam Ultraman Nexus). Ultraman juga mampu mengecilkan tubuhnya menjadi seukuran manusia untuk menghadapi musuh yang bukan raksasa.
  • Dapat mengeluarkan energi beam yang sangat kuat dengan menyilangkan kedua tangannya secara tegak lurus (jurus Spectrum Ray), beam ditembakkan dari lengan kiri yang vertikal. Meski memiliki banyak jurus lain dan berbeda antara Ultraman satu dengan yang lain, gerakan tadi selalu menjadi jurus pamungkas atau ciri khas dari setiap Ultraman.
  • Didukung oleh sebuah tim pelindung bumi yang dibentuk oleh sekelompok manusia yang memiliki senjata dan pesawat super canggih. Namun, biasanya teknologi ini tidak sampai mampu menghancurkan para monster raksasa selain Ultraman yang harus mengalahkannya.
  • Memiliki host (inang) atau menumpang dalam tubuh manusia bumi untuk dijadikan medium. Para host ini pasti adalah seseorang yang menjadi anggota tim tempur, kecuali Ultraman Mebius yang menyamar sebagai manusia. Khusus dalam serial Ultraman Nexus, manusia yang ditumpangi disebut dunamist, dan manusia yang menjadi dunamist belum tentu orang dari tim tempur. Inang berubah menjadi Ultraman dengan menggunakan sebuah benda yang menyinari tubuhnya dengan cara diacungkan ke atas. Ultrazeven berubah dengan menggunakan sejenis kacamata, dan Ultraman Jack berubah tanpa alat.

Asal Ultraman

Gugusan nebula M78

Disebut juga Tanah Cahaya, adalah asal para Ultraman periode Showa, kira-kira berjarak 3 juta tahun cahaya dengan bumi. Dikisahkan, planet ini dulunya dihuni oleh makhluk sejenis manusia. Dua ratus ribu tahun yang lampau, sebuah nebula dalam jajaran tata surya planet ini meledak, dan bintang Ultra berada di ambang kehancuran abadi. Untungnya, seseorang yang disebut sebagai Ultra Elder membuat sebuah matahari yang bernama Plasma Spark dan mengembalikn kedamaian di Planet Ultra. Tetapi, Plasma Spark memancarkan radiasi bernama Differation Ray yang mempunyai efek yang amat besar bagi penghuni Tanah Cahaya. Mereka berevolusi menjadi raksasa yang mempunyai kekuatan khusus. Merekalah yang kemudian dikenal sebagai Ultraman.

Kira-kira 30 ribu tahun yang lalu, pasukan monster dari Bangsa Empera menyerang Planet Ultra, tetapi para Ultraman berhasil memenangkan perang tersebut. Sejak saat itulah, dibentuk Space Garrison atau Pasukan Pelindung Galaksi. Para Ultraman bersumpah akan melindungi alam semesta dengan kekuatan mereka. Pemimpin pasukan adalah Ultra Father yang menikah dengan Ultra Mother. Ultraman Taro adalah anak mereka. Pastinya semua Ultraman Periode Showa adalah anggota Space Garrison. Komandan tempurnya adalah Ultraman Zoffy yang merupakan cucu dari Ultraman King. Tokoh-tokoh seperti Ultraman, Ultra Seven, Ultraman Jack, dan Ultraman Ace adalah adik dari Ultraman Zoffy.

Zodiac Leo, L77

L77 adalah sebuah planet yang damai, mirip dengan bumi dan terletak di rasi bintang Leo. Namun, L77 diserang oleh bangsa Magma dengan monster kembar bernama Red Gillas dan Black Gillas. Planet L77 dan seluruh penghuninya musnah dalam serangan. Namun, Ultraman Leo dan adik kembarnya, Ultraman Astra berhasil meloloskan diri. Saat Astra tertangkap Bangsa Magma, Leo terdampar di bumi. Astra akhirnya diselamatkan oleh Ultraman King dan dipertemukan dengan Leo. Mereka berdua kemudian diangkat sebagai anak oleh Ultra Father dan Ultra Mother.

U 40

U40 berjarak 2 juta tahun cahaya dari bumi. Planet ini mirip bumi yang memiliki banyak air. Dunia permukaannya mirip dengan kebudayaan Yunani Kuno, sedangkan di bawah tanah, ada sekitar 9000 kota berteknologi canggih. Para manusia cinta damai yang menghuni U40 menciptakan Ultra Mind, sebuah hasil penemuan yang mereka sebut sebagai asal muasal kehidupan. Tenaga dari Ultra Mind ini menyebabkan perubahan molekul di tubuh mereka dan merubah mereka menjadi Ultra Humanoid. Tujuh dari Ultra Humanoid ini dapat berubah menjadi raksasa, salah satunya adalah Ultraman Jonias.

Nebula Z 45

Asal Ultraman Zearth, berjarak 2.999.000 tahun cahaya dari bumi. Nama lainnya adalah The Land of Pikari, artinya Negeri Sekejap Cahaya.

Bumi

Periode Heisei memulai mengubah pakem cerita dengan serial Ultraman Tiga (1996) yang dikisahkan berasal dari bumi. Dalam serial ini, pada zaman dahulu sebelum umat manusia mendominasi bumi seperti sekarang, para Ultraman menempati bumi namun kehidupan mereka punah karena ada Ultraman jahat di antara mereka. Ultraman-Ultraman masa lalu ini pun berubah menjadi batu. Serial Ultraman Dyna (1997) adalah sekuel langsung dari Ultraman Tiga. Serial Ultraman Gaia (1998), meski keseluruhan ceritanya lepas dari Tiga dan Dyna, juga dikisahkan berasal dari bumi.

M7.8

Asal Ultraman Kids, berada di sebelah M78 dan merupakan planet yang bersinar merah jambu.

Felis

Planet asal Ultraman Nyan.

Nama-nama Ultraman

Serial televisi

Berikut adalah nama para Ultraman yang memiliki serial televisi berikut karakteristik serta masa tayang.

Periode Showa

  • Ultraman (original)
Nama host: Shin Hayata (diperankan oleh Susumu Kurobe)
Nama tim tempur: Science Special Investigation
Jumlah episode: 39
Masa tayang: 17 Juli 1966-9 April 1967
  • Ultraseven
Nama host: Dan Maboroshi (diperankan oleh Koji Moritsugu)
Nama tim tempur: the Ultra Garrison
Jumlah episode: 49
Masa tayang: 1 Oktober 1967-8 September 1968
  • The New Ultraman / Ultraman Jack’
Nama host: Hideki Goh (diperankan oleh Jiro Dan)
Nama tim tempur: MAT (Monster Attack Team)
Jumlah episode: 38
Masa tayang: 2 April 1971-31 Maret 1972
  • Ultraman Ace
Nama host: Seiji Hokuto dan Yuko Minami, 2 orang berubah menjadi satu :Ultraman. Setelah kepergian Minami, Hokuto berubah seorang diri (diperankan oleh Keiji Takamine dan Mitsuko Hoshi)
Nama tim tempur: TAC (Terrible Monster Attacking Crew)
Jumlah episode: 52
Masa tayang: 7 April 1972-30 Maret 1973
  • Ultraman Taro
Nama host: Kotaro Higashi (diperankan oleh Saburo Shinoda)
Nama tim tempur: ZAT (Zariba of All Territory)
Jumlah episode: 53
Masa tayang: 6 April 1973-5 April 1974
  • Ultraman Leo
Nama host: Gen Ohtori (diperankan oleh Ryou Manatsu)
Nama tim tempur: MAC
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 12 April 1974-28 Maret 1975
  • Ultraman 80
Nama host: Takeshi Yamato (diperankan oleh Hatsunori Hasegawa)
Nama tim tempur: UGM
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 2 April 1980-25 Maret 1981

Periode Heisei

  • Ultraman Tiga
Nama host: Daigo Madoka (diperankan oleh Hiroshi Nagano (anggota V6)
Nama tim tempur: GUTS (Global Unlimited Task Squad)
Jumlah episode: 52
Masa tayang: 7 September 1996-30 Agustus 1997
  • Ultraman Dyna
Nama host: Shin Asuka (diperankan oleh Takeshi Tsuruno)
Nama tim tempur: Super GUTS
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 6 September 1997-29 Agustus 1998
  • Ultraman Gaia
Nama host: Gamu Takayama (diperankan oleh Yoshioka Takeshi)
Nama tim tempur: XIG (The eXpanded Interceptive Guardians)
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 5 September 1998-28 Agustus 1999
  • Ultraman Cosmos
Nama host: Haruno Musashi (diperankan oleh Sugiura Takahashi)
Nama tim tempur: EYES
Jumlah episode: 65
Masa tayang: 7 Juli 2001-28 September 2002
  • Ultraman Nexus
Nama host: bergantian mulai dari Himeya Jun sebagai host pertama, selanjutnya Ren Senjyu, kemudian Nagi Saijyo, dan terakhir Kazuki Komon (berturut-turut diperankan oleh Yusuke Kirishima, Masato Uchiyama, Yasue Sato, dan Takuji Kawakubo).
Nama tim tempur: Night Rider
Jumlah episode: 37
Masa tayang: 2 Oktober 2004-25 Juni 2005
  • Ultraman Max
Nama host: Souma Kaito (diperankan oleh Shouta Aoyama)
Nama tim tempur: DASH (Defense Action Squad Heroes)
Jumlah episode: 40
Masa tayang: 2 Juli 2005-1 Maret 2006
  • Ultraman Mebius
Nama host: Tidak ada. Mebius menyamar menjadi manusia dengan identitas Mirai Hibino(diperankan oleh Shunji Igarashi)
Nama tim tempur: GUYS (Guard of Utility Situation)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 8 April 2006-Maret 2007
  • Ultraseven X
Nama host: Jin (diperankan oleh Eriku Yoza)
Nama tim tempur: DEUS
Jumlah episode: 12
Masa tayang: 5 Oktober-21 Desember 2007

Anime

Ultraman juga diproduksi dalam format serial anime di televisi:

  • Ultraman Jonias (1979–1980)
  • Ultraman Kids (4 April 1979-26 Maret 1980)
  • Ultraman Nyan: Extraordinary Cat who Descended from the Starry Sky (1997-1998)

Film layar lebar

  • Ultraman Zoffy (1984)
  • Ultraman Zearth, 2 buah film layar lebar
Nama host: Katsuto Asashi (diperankan oleh
Nama tim tempur: MYDO
Mulai diputar: 9 Maret 1996, dan 12 April 1997
  • Ultraman “The Next”
Nama host: Shunichi Maki (diperankan oleh Tetsuya Bessho)
Nama tim tempur: Tidak ada, dikisahkan belum dibentuk.
Mulai diputar: 18 Desember 2004

Ultraman lain

Ultraman juga ada yang tidak dibuatkan serial tersendiri tapi muncul sebagai pemeran pembantu dalam serial Ultraman yang lain, seperti:

  • Ultraman Father, Ultraman Mother, Ultraman King, dan Ultraman Astra. Mereka muncul dalam serial Ultraman Periode Showa dan Ultraman Mebius
  • Ultraman Agul, muncul dalam serial Ultraman Gaia
  • Ultraman Justice, muncul dalam Ultraman Cosmos
  • Ultraman Noa, muncul dalam Ultraman Nexus
  • Ultraman Xenon, muncul dalam Ultraman Max
  • Ultraman Hikari, muncul dalam Ultraman Mebius

Ultraman luar Jepang

Ultraman begitu populer di luar Jepang hingga dibuatkan Ultraman versi Barat di Amerika Serikat dan Australia.

  • Ultraman USA, serial kartun produksi Amerika Serikat (1987)
  • Ultraman Great, Australia
Nama host: Jack Shindo (diperankan oleh Dore Krause)
Nama tim tempur: UMA (Universal Multipurpose Agency)
Jumlah episode: 13
Masa tayang: 4 Januari-28 Maret 1992
  • Ultraman Powered, Amerika Serikat
Nama host: Kenichi Kai (diperankan oleh Kane Kosugi)
Nama tim tempur: WINR (Worldwide Investigation Network Response)
Jumlah episode: 13
Masa tayang: 8 April-1 Juli 1995

No comments:

Post a Comment