Thursday, August 1, 2013

10 pelabuhan terbesar di dunia



Berikut ini adalah pelabuhan terbesar di dunia. hal ini berdasarkan Kapasitas penanganan port diukur dalam hal TEU (Twenty-foot Equivalent Unit). Berdasarkan unit perhitungan, Maritime insight  telah dinilai 10 port kapal sebagai pelabuhan terbesar di dunia. Kebetulan, sebagian besar port ini laut rate berada di bawah benua Asia dan penyempitan lebih lanjut dari statistik ini, sebagian besar muncul dari satu negara – Cina.
Hal ini untuk dicatat bahwa daftar pelabuhan terbesar di dunia tunduk pada perubahan konstan. Hal ini terutama karena perkembangan yang terjadi di setiap negara dan setiap di seluruh dunia, sehubungan dengan transportasi kargo laut dan jaringan komersial. China adalah yang terdepan dalam balapan ini memiliki benteng di sektor pelabuhan laut dan semangat kompetitif dari kekuatan super-Asia jelas terlihat dalam kompilasi di bawah ini.
Rinci di bawah ini adalah daftar 10 pelabuhan laut dinilai sebagai yang tersibuk dan terbesar:
1. Shanghai (Cina): Memiliki total lima wilayah kerja, pelabuhan Shanghai menjadi pelabuhan terbesar di dunia, melebihi pelabuhan Singapura. Tahun itu saja, sekitar 29 juta TEUs ditangani oleh pelabuhan Shanghai yang memiliki baik – sebuah laut serta pelabuhan sungai. Pelabuhan Shanghai adalah sumber aktivitas ekonomi yang besar di daerah Sungai Yangtze yang telah membantu lebih jauh status ekonomi wilayah seperti Zhejiang, Jiangsu dan Henan.
2. Ningbo-Zhoushan (Cina): Dibentuk sebagai usaha kolaborasi antara pelabuhan Ningbo dan port Zhoushan pada tahun 2006, Ningbo-Zhoushan port pelabuhan laut terbesar kedua di dunia. Katering untuk tiga sungai – Sungai Yangtze, Yong dan Qaintang, port ini diharapkan memiliki dorongan besar dalam bentuk pembangunan terminal baru – Dapukuo Jintang, yang terdiri dari lima tempat berlabuh yang diharapkan akan selesai pada tahun 2014.

3. Singapura (Singapura): Setelah dinilai sebagai pelabuhan terbesar di dunia, pelabuhan Singapura telah tergelincir beberapa tempat dan sekarang peringkat ketiga dalam kategori yang sama. Dari perspektif ekonomi Singapura, pelabuhan Singapura memainkan peran yang sangat penting karena melayani pasar ekspor ulang dalam skala raksasa.
Port Singapura terhubung ke lebih dari 600 pelabuhan yang tersebar di sekitar lebih dari 100 negara. Dalam hal penanganannya, pelabuhan kapal menangani seperlima dari kontainer kargo global dan bertanggung jawab untuk transit hampir 50% dari pasokan minyak mentah global.
4. Rotterdam (Belanda): Port laut Eropa hanya terdaftar, pelabuhan Rotterdam berada di peringkat keempat dalam daftar port laut terbesar di dunia.

Hal ini juga menjabat sebagai pelabuhan terbesar di dunia untuk 42-tahun antara tahun 1962 dan 2004 sebelum dikalahkan oleh Singapura dan Shanghai, dalam urutan itu. Pelabuhan Rotterdam adalah pelabuhan terbesar di seluruh Eropa.
5. Tianjin (Cina): Terletak di Sungai Haihe, pelabuhan Tianjin di Cina menempati peringkat kelima dalam daftar port terbesar di dunia. Pada saat itu terhubung ke lebih dari 400 pelabuhan di hampir 200 negara di dunia, sebuah angka yang diperkirakan akan meningkat oleh empat tahun ke depan. Pelabuhan Tianjin adalah pelabuhan terbesar ketiga di Cina dan port tunggal terbesar di bagian Utara negara itu.
6. Guangzhou (Cina): Port terbesar di Cina Selatan, pelabuhan Guangzhou menikmati konektivitas dengan lebih dari 300 pelabuhan di hampir 100 negara. Port membentuk andalan untuk sabuk industri yang ditemukan di daerah Guangxi, Yunnan, Hunan dan Jiangxi. Pelabuhan Huangpu juga merupakan bagian dari pelabuhan Guangzhou.

7. Qingdao (Cina): Berdampingan Laut Kuning dan terletak di Semenanjung Shandong, pelabuhan Qingdao berada di peringkat ketujuh dalam daftar 10 pelabuhan kapal terbesar.
Menghadapi Jepang dan Korea Selatan, pemimpin dunia dalam bisnis perkapalan, pelabuhan Qingdao adalah pelabuhan alami dan memiliki konektivitas dengan lebih dari 450 pelabuhan di 130 negara.
8. Qinhuangdao Port (Cina): Operasional selama hampir tiga dekade, pelabuhan Qinhuangdao terutama dikenal untuk transportasi batubara di negara itu. Secara statistik saat ini, port adalah port batubara terbesar lading global dan internal, menyumbang hampir 50% dari transportasi batubara di negara itu antara Utara dan Selatan.

9. Hong Kong (Cina): Peringkat kesembilan dalam daftar pelabuhan laut terbesar di dunia, Hong Kong pelabuhan terletak di Laut Cina Selatan.
Sebuah pelabuhan alami, Hong Kong pelabuhan telah sangat berperan dalam kelanjutan ekonomi kota Hong Kong. Pada tahun 2010, pelabuhan menyumbang 23,7 juta TEUs senilai kargo kontainer.
10. Busan (Korea Selatan): Pelabuhan Busan, juga dikenal sebagai Pusan, berfungsi sebagai pelabuhan terbesar Korea Selatan dan terbesar kedua kota tersebut. Pelabuhan terbesar ke-10 di dunia, pelabuhan Busan terletak di Sungai Naktong dan membentuk liburan komersial utama di antara Samudra Pasifik dan negara-negara milik Eurasia.
Busan Pelabuhan Pihak berwenang diharapkan untuk mengungkap sebuah pelabuhan baru dengan nama New Busan Port untuk memberikan kemudahan lebih lanjut dalam operasi pelabuhan Pusan. Pembangunan pelabuhan baru ditetapkan akan selesai pada 2015.
Sumber : http://www.marineinsight.com/marine/top-10-biggest-ports-in-the-world-in-2011/

No comments:

Post a Comment