Wednesday, June 30, 2010

10 jerung yang unik

1. Whale Shark
Spoiler for Hiu Paus:

jerung paus, Rhincodon typus, adalah jerung pemakan plankton yang merupakan spesies ikan terbesar. Boeratnya 15 ton dan panjangnya 15 meter pula .

Spoiler for jerung Paus:


Spoiler for Mulutnya gan. . .:
Di dalam mulut ikan jerung Paus ada semacam balin atau saringan. Jadi yang kena organ itu tubuhnya akan terbelah dan tersayat.


2. Basking Shark
Spoiler for Hiu Basking:

Jerung penjemur, Cetorhinus maximus, adalah ikan terbesar kedua setelah jerung paus. Spesies ini merupakan spesies kosmopolitan - spesies ini dapat ditemui di samudra hangat di seluruh dunia. Jerung ini bergerak lambat dan tidak berbahaya. Seperti jerung lainnya, jerung ini terancam punah. Panjangnya 14 meter. Makanan utamanya plankton.
Spoiler for eh ada yang ditangkep tuh. . .:


3. Goblin Shark
Jerung ini jarang ditemui karena hidup ribuan meter di bawah permukaan laut. Goblin Shark memiliki kulit yang semi-transparan yang memberikan mereka warna merah muda. Ada bagian yang aneh di kepalanya dan dipercaya oleh ilmuwan sebagai sistem electro-receptor untuk mengarahkan mereka pulang kembali ke rumah sehabis berburu karena tidak adanya cahaya di dasar laut. Panjangnya 3 meteran, dan masih menjadi misteri. . .
Spoiler for jerung Goblin:


Spoiler for jerung Goblin Zoom Mode:




4. Megamouth Shark
Spoiler for Megamouth:

Tumbuh sekitar 4,5 hingga 6 meter dengan berat sekitar 2,5 ton dan memiliki photophores di bagian mulutnya yang dapat memancarkan cahaya. Jerung ini tinggal di laut yang dalam, sama seperti goblin shark.
Spoiler for Megamouth:

Spoiler for Megamouth:
eh ada yang ketangkep tuh gan. . .


5. Frilled Shark
Spoiler for Frilled Shark:

Adalah salah satu jenis jerung yang jarang terlihat karena hidup di laut dalam, meski terkadang mereka tertangkap juga oleh para nelayan. Ada rumor yang mengatakan jenis jerung ini adalah evolusi awal dari seluruh evolusi ikan jerung.
Spoiler for Frilled Shark:


6. Wobbegong Shark
Spoiler for Hiu Webegong:

Panjangnya 3 meter. Jerung perairan Australia ini menyamar dengan warna dasar laut. Mengira gundukan pasir, ikan-ikan mendekatinya dan menjadi korban.
Spoiler for nampak atas:


7. Thresher Shark

Jerung ini panjangnya 6 meter, ekornya separuh panjang dengan badannya! Dengan ekornya dia memukul air dan ikan di sekitarnya akan pingsan sebelum memakannya.
Spoiler for Hiu Penumbuk:

Spoiler for yang ketangkep. . .:


8. Greenland Shark
Spoiler for Greenland Shark:

Kadang dikenal sebagai jerung tidur, namun dibalik itu jerung ini adalah jerung mematikan seperti sepupu mereka si Great White. Pernah ditemukan didalam perut mereka sisa-sisa tubuh dari beruang kutub, dan pernah terlihat menyambar mangsanya yang berada di darat karena terlalu dekat dengan tepi air. Identiknya hiu ini adalah buaya laut. Panjangnya sekitar 5-10 meter.
Spoiler for Hiu Greenland:

Spoiler for :


9. White Whale Shark
Spoiler for Hiu Albino:

Panjangnya sekitar 9 meter ditemukan oleh penyelam di kepulauan galapagos pada bulan Agustus 2008. Ada yang mengatakan hiu ini dapat tumbuh hingga beratnya 10 ton.
Spoiler for Hiu Bule:


10. Saw Shark
Spoiler for Saw Shark:

Jerung gergaji ini memiliki posisi insang yang unik, biasanya insang ikan hiu berada di samping lehernya, tapi hiu ini memiliki posisi insang di bawah tubuh mereka. Gaya hidup ikan jerung ini mirip dengan ikan todak.
Spoiler for nampak bawah:


11. Port Jackson Shark
Spoiler for Port Jackson:

Yang menarik dari ikan jerung ini adalah giginya yang agak pipih dibanding ikan jerung lainnya supaya bisa melumat kerang makanannya
Spoiler for giginya gan. . .:


12. Spined Pigmy Shark
Spoiler for Hiu Kurcaci:

Merupakan species jerung terkecil di dunia. . .dengan panjang maksimum hanya sekitar 30 cm. Jerung ini merupakan kerabat dekat jerung Lentera yang memiliki jaringan bioluminescent photophores di bagian tengah tubuhnya, diperkirakan berfungsi untuk menyamarkan diri dari predator dan mangsanya.
Spoiler for nampak dekat:


Quote:
Ada tambahan dari kaskuser, maaf dklik aja linknya karena keterbatasan tempat . .nice share
Quote:
Originally Posted by D.J.A.W.A View Post

No comments:

Post a Comment