Sunday, September 4, 2011

Tempat-Tempat Paling Menarik Untuk Dikunjungi di Jerman

Berbicara tentang tempat-tempat menarik di negeri ini, tentu saja tak terhitung jumlahnya. Obyek wisata disini mencakup banyak hal, sesuai dengan keinginan dan kesenangan para pengunjung. Bagi yang doyan belanja, mungkin bisa ke kota-kota ini. Yang suka bertualang dan berwisata alam bisa menyimak yang satu ini. Kalau mau belajar sejarah di kota-kota tua, juga bisa memilih diantara banyak kota dan desa dari abad pertengahan. Ke pantai juga bisa, terutama di musim panas.

Namun bagi mereka yang ingin keliling Jerman dan belum punya bayangan mau kemana saja, mungkin secuil informasi ini ada manfaatnya. Tempat-tempat di bawah ini adalah tempat paling menarik, indah, paling banyak dikunjungi dan biasanya menjadi menu wajib turis asing di negeri ini. Setiap tempat punya keunikan tersendiri. Dan sebagian besar telah kami kunjungi.

1. Berlin
Ibukota Jerman bersatu ini punya sejarah panjang dan menarik untuk disimak. Inilah kota dengan jumlah penduduk terbanyak di negeri ini (sekitar 3 juta jiwa). Sisa-sisa tembok Berlin, Postdamer Platz, Branderburger Tor, Check Point Charlie, Reichstaggebaüde (Gedung DPR) adalah tempat yang hampir selalu penuh turis. Banyak monumen serta 170 museum bisa disambangi. Kota kecil didekatnya, Postdam punya istana megah bertaman indah. Pecinta belanja bisa memilih butik-butik di KaDeWe atau KuDamm.

2. Hamburg
Selain kota pelabuhan terbesar di Jerman, pusat kota Hamburg juga terkenal akan passage-passage mirip mall-mall yang meski tak berukuran besar tapi punya toko-toko mewah di dalamnya. Banyak artis jerman tinggal di sini. Butik-butik terkenal pun menghiasi jalan utama kota. Jangan lupa memotret gedung balai kota megahnya.

3. Cologne
Kota ini terkenal akan gereja tua raksasanya. Letak gereja (Dome) tersebut persis di sebelah stasiun utama. Sehingag gampang sekali dicapai. Bila kebetulan punya waktu untuk mampir setengah jam saja, sudah bisa dimanfaatkan untuk memotret Dome. Sisa-sisa kota tua di kota berusia lebih dari 2000 tahun ini bisa dilihat di beberapa tempat. Berupa gerbang-gerabng batu kuno. Banyak museum menarik disini. Museum coklat, museum budaya, museum sisa dokumen nazi, dsb. Di musim panas, kota ini bisa sangat padat rasanya. Jika pas ada disini di sekitar pertengahan Februari, para turis bisa ikut menyaksikan suasana karnaval bersama jutaan pengunjung lainnya.

4. Dresden
Dibanding Berlin, Hamburg, Cologne, dan Munich, Dresden memang jauh lebih kecil. Tapi tak kalah ini. bahkan kota ini mendapatkan julukan sebagai kota baroque terindah di negeri ini. Istana-istana megah, gedung-gedung tua terlihat sangat terawat. Enaknya lagi, di Dresden turisnya tak sepadat di kota-kota besar tersebut. Sangat nyaman berjalan-jalan di sini. Tak jauh dari Dresden, ada satu kota menarik lainnya yakni Leipzig.

5. Heidelberg
Banyak orang menjuluki Heidelberg sebagai kota paling romantis di Jerman. Lokasinya tak jauh dari Frankfurt am Main. Yang paling terkenal dari sisa bangunan tua istana dan jembatan kuno di tas Sungai Neckar, kota tua, serta universitas tertua di negeri ini.

6. Munchen alias Munich
Jika mendengar nama ibu kota negara bagian Bavaria atau Bayern ini, mungkin sebagian kita akan langsung teringat akan nama klub sepak bola paling terkenal disini, Bayern Munchen. Padahal, Munchen tak hanya terkenal karena klub sepakbolanya. Ada Oktoberfest, pasar rakyat paling besar, dikunjungi tak kurang 5 juta orang setiap tahunnnya. Diselenggarakan setiap akhir bulan September hingga pertengahan Oktober. Pecinta teknik bisa banyak belajar di Deutsche museum. Jika ingin berjalan menikmati kota tua dan gedung-gedung indah pun bisa dilakukan sambil memotret balai kota megah milik Munchen.

7. Istana Neuschwanstein
Ingin melihat istana bak di negeri dongeng? Istana Neuschwanstein dekat kota Fussen di kaki pegunungan Alpen inilah tempat paling pas. Berdiri indah di atas sebuah bukit, dengan sebuh sungai dan danau di bawahnya, keindahan Neuschwanstein tak tergambarkan rasanya. Jutaan orang turut menikmati keindahannya setiap tahun. Istana maskot Disneyland Paris juga terinspirasi dari sini.

8. Bodensee
Inilah danau terluas di Jerman. Orang juga mengenalnya sebagai Danau Constance. Selain ukurannya luasnya, selain Jerman, danau ini berbatasan langsung dengan negara Swiss dan Austria. Liechtenstein, salah satu negara terkecil di dunia pun tak jauh letaknya dari batas timur Bodensee. Banyao orang naik feri keliling danau. Atau mampir ke Pulau Bunga (Pulau Mainau) nan indah di Bodensee.

Keliling ke tempat-tempat menarik ini bisa dilakukan dengan mudah dengan kereta api. Seminggu saja rasanya sudah cukup. Jika anda turun di Frankfurt mungkin bisa mengambil rute Frankfurt - Cologne - Hamburg - Berlin - Dresden - Munchen - Neuschwanstein - Bodensee - Heidelberg - Frankfurt.

No comments:

Post a Comment