Sunday, May 13, 2012

REVOLUSI SOSIAL . Pembantaian Sultan-Sultan Melayu Sumatera Timur

Revolusi Sosial Sumatera Timur

Revolusi Sosial Sumatera Timur adalah gerakan sosial di Sumatera Timur oleh rakyat terhadap pemerintah kesultanan Melayu yang mencapai puncaknya pada bulan Mac 1946. Revolusi ini dimulakan oleh gerakan komunis yang hendak menghapuskan sistem kerajaan dengan alasan anti feudalisme. Revolusi melibatkan gerakan rakyat (ketuanan Rakyat) yang berakhir dengan pembunuhan anggota keluarga kesultanan Melayu yang dikenal pro-Belanda namun juga golongan menengah pro-Republik dan pimpinan tempatan pentadbiran Republik Indonesia.


Diorama Peristiwa Revolusi Sosial Di Langkat (9 Mac 1946)


Credit: HPC2/Cari-Kaskus Forum.

REVOLUSI SOSIAL....!!!



Sultan Sya'ibun Abdul Jalil Rahmat Syah bin Muhammad Husin II. Beliau satu satunya Keturunan Sultan Asahan yang selamat dari Revolusi Sosial, Sultan Su'ibun selamat dan menyerahkan diri kepada Pemerintah Republik Indonesia di Pematang Siantar. Beliau mangkat 17 April 1980 di Medan dan dimakamkan di kompleks Masjid Raya Tanjung Balai.



Tengku Besar Mansyur Syah. Beliau adalah Tengku Besar Negeri Kualuh yang meninggal di pembantaian Revolusi Sosial. kepalanya terpisah dari badannya.

 


Pangeran Tengku Kamil, Ahli Keluarga Kesultanan Langkat. Beliau wafat setelah di tebas parang kepalanya
 

No comments:

Post a Comment