Monday, April 29, 2013

Siapakah Pemain Terbaik Barcelona?


Siapapun penggemar sepakbola pasti sudah paham ketika nama Barcelona disebut-sebut. Sebagai sebuah tim sepakbola, Barcelona adalah tim raksasa dari Spanyol bersama seteru abadinya Real Madrid.  Kedua tim ini saling mengalahkan dan selalu memunculkan pro kontra yang menarik untuk dicermati. Dari sisi pemain, Barcelona sebenarnya punya banyak pemain yang pantas disebut sebagai legenda.

Pemain Barcelona Dari Masa Ke Masa

Di era 50-an, setidaknya nama Laszlo Kubala adalah yang paling bersinar di zamannya. Kemampuannya telah membantu Barca untuk meraih semua gelar di tahun 1951 sampai 1952. Sebagai pemain sepakbola, tendangan bebasnya adalah senjata utama yang selalu mengancam gawang lawan. Rekornya adalah mencetak 7 gol dalam 1 pertandingan La Liga saat pertandingan melawan Sporting Gijon. Patungnya di dekat Stadion Camp Nou adalah bukti bahwa pemain ini punya kualitas terbaik yang dibutuhkan Barca di masanya. Namanya lainnya yang patut untuk selalu dikenang adalah Rivaldo. Awalnya Rivaldo datang dari Deportivo La Coruna untuk mengisi posisi Ronaldo. Kemampuannya sebagai gelandang serang cukup berhasil membawa Barca meraih gelar La Liga dan Copa del Rey pada musim yang sama. Rivaldo juga pernah mendapat gelar pemain terbaik atau Ballon d’Or. Aksi Rivaldo yang sampai saat ini masih banyak dikenang adalah pada saat pertandingan melawan Valencia di musim 2000/2001. Dengan bicycle kick, Rivaldo berhasil menutup hatrick pada menit ke 89 dan sekaligus membantu Barca mendapat tiket Liga Champion.
Nama lainnya yang patut masuk ke daftar legenda adalah Johan Cryuff. Kedatangannya di Barcelona langsung membawa Barca merasakan kembali gelar La Liga yang sudah lepas selama 14 tahun. Sebagai bagian dari rivalitas dengan Madrid, kemenangan 5-0 di Santiago Bernabeu selalu dikenang penggemar Barca.  Secara internasional, Johan Cryuff sudah mendapat gelar Ballon d’Or 3 kali yaitu di tahun 1971, 1973 dan 1974. Pep Guardiola adalah nama lain yang akan selalu dingat di Barcelona. Seperti halnya Johan Cryuff, Pep Guardiola juga cukup berhasil ketika menjadi pemain maupun pelatih Barcelona. Nama besar lainnya yang banyak dikenang adalah Ronaldinho.  Dari segi kemampuan, seorang Ronaldinho jelas punya kelas. Permainannya yang menghibur karena kayanya trik yang dimilikinya adalah sesuatu yang membuat semakin meningkatnya pendukung Barcelona di awal milenium.
barca-2

Generasi Emas Barcelona Saat Ini

Untuk saat ini, orang bisa dengan mudah menyebutkan nama generasi emas barcelona. Di mulai dari Charles Puyol, Xavi Hernadez, Andreas Iniesta dan Lionel Messi. Dari deretan nama-nama pemain ini, nama Lionel Messi adalah yang paling sering disebut bersama rivalnya Ronaldo dari Real Madrid. Lionel Messi Lahir pada 24 Juni 1987 di Rosario Argentina. Dia pindah ke Spanyol pada usia 13 tahun setelah FC Barcelona setuju untuk membiayai terapi hormon. Sebagai pemain, kualitas Messi sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan tinggi badan yang tidak terlalu tinggi, seperti halnya Maradona, Messi adalah bahaya bagi setiap penjaga gawang. Kemampuannya menembus gawang lawan setidaknya telah diakui dengan diterimanya gelar pemain terbaik versi FIFA untuk ke empat kalinya.

No comments:

Post a Comment