Wednesday, January 12, 2011

SIAPAKAH MEREKA????

Teutonic Knights

Coat of arms of the Teutonic Order.png
Jata Grand Master Kesatria Teuton.

Aktif sekitar 1190–kini
Kesetiaan Paus, Maharaja Suci Rom
Jenis Golongan paderi Katolik Rom
(1192-1929 sebagai golongan tentera)

Ibu pejabat Acre (1192–1291)
Venice (1291–1309)
Marienburg (1309–1466)
Königsberg (1466–1525)
Mergentheim (1525–1809)
Vienna (1809–kini)

Gelaran Kesatria Teuton, Golongan Jerman
Pengasas Perawan Mary, Saint Elizabeth dari Hungary, & Saint George
Pakaian Mantel putih dengan salib hitam

Komander
Grand Master Pertama Heinrich Walpot von Bassenheim
Grand Master sekarang Bruno Platter




Golongan Kesatria Teuton dari Hospital St. Mary di Jerusalem
[1] (nama-nama rasmi: Latin: Ordo domus Sanctæ Mariæ Theutonicorum Hierosolymitanorum, Jerman: Orden der Brüder vom Deutschen Haus St. Mariens di Jerusalem), atau pendeknya Golongan Teuton (kini: Golongan Jerman), adalah satu golongan paderi Katolik Rom Jerman. Ia ditubuhkan bagi membantu penganut Katolik dalam perjalanan ziarah mereka ke Tanah Suci dan mewujudkan hospital bagi menjaga orang yang sakit dan cedera. Anggota golongan ini biasanya dikenali sebagai Kesatria Teuton, kerana mereka juga berkhidmat sebagai golongan tentera salib semasa Zaman Pertengahan. Keahlian golongan ini adalah kecil dan apabila terdapat keperluan, sukarelawan atau tentera upahan ditambah ke dalam pasukan tentera.


Castle of the Teutonic Order in Bad Mergentheim.

Kesatria Teuton ditubuhkan pada akhir kurun ke-12 di Acre, Levant, dan memainkan peranan penting di Outremer, mengawal tol pelabuhan dari Acre. Setelah tentera Kristian dikalahkan di Timur Tengah, Golongan ini berpindah ke Transylvania pada tahun 1211 bagi membantu untuk mempertahankan Hungary daripada Kipchak Turk. Golongan ini diusir dengan kekerasan pada tahun 1225 setelah dituduh cuba untuk menempatkan mereka di bawah Paus bukannya kedaulatan Hungary.

http://citypictures.org/data/media/256/Malbork_Castle_of_Teutonic_Knights_Pomerania_1.jpg

Malbork Castle of Teutonic Knights Pomerania

Pada tahun 1230, berikutan Golden Bull of Rimini, Grand Master Hermann von Salza dan Duke Konrad I dari Masovia melancarkan Perang Salib Prusia, satu serangan bersama ke atas Prusia bagi mengkristiankan Prusia Kuno Baltik. Kesatria ini kemudian menubuhkan Negeri Rahib Kesatria Teuton bebas di dalam jajahan yang ditawan, dan kemudian menakluk Livonia. Raja Poland menuduh Kesatria memiliki tanah yang menjadi miliknya.

Kesatria hilang tujuannya di Eropah dengan Pengkristian Lithuania. Kumpulan ini kemudian terlibat di dalam kempen menentang jiran-jiran Kristiannya, iaitu Kerajaan Poland, Grand Duchy di Lithuania, dan Republik Novgorod (selepas mengasimilasi Golongan Livon). Kesatria Teuton mempunyai asas ekonomi yang kukuh, menggaji tentera upahan dari seluruh Eropah bagi menambah levi feudal mereka, dan menjadi sebuah kuasa laut di Laut Baltik. Pada tahun 1410, sebuah pasukan tentera Lithuan-Poland dengan muktamad mengalahkan golongan Kesatria menghancurkan kuasa ketenteraannya di dalam Pertempuran Grunwald (Tannenberg).

Pada tahun 1515, Maharaja Suci Rom Maximilian I membuat persekutuan melalui perkahwinan dengan Sigismund I dari Poland-Lithuania. Selepas itu Empayar tidak menyokong Kesatria dalam menentang Poland. Pada tahun 1525, Grand Master Albert dari Brandenburg meletak jawatan dan memeluk Lutheranism, menjadi Duke Prusia. Kemudian diikuti oleh Livonia, dan juga pegangan Kesatria di kawasan Protestant di Jerman.

Kewujudan Kesatria masih terdapat di kawasan Katolik di Jerman sehingga tahun 1809, apabila Napoleon Bonaparte memerintahkan ia dibubarkan dan Kesatria kehilangan pegangan sekular terakhir. Kewujudan Kesatria ini berlangsung sebagai sebuah badan amal dan adat istiadat. Ia telah diharamkan oleh Hitler pada tahun 1938, tetapi diwujudkan semula pada tahun 1945. Pada hari ini, ia beroperasi dengan tujuan amal di Eropah Tengah.

http://www.roundtable-bretonnia.org/images/fbfiles/images/MR100870.jpghttp://www.theknightshop.co.uk/catalog/images/teut1jpg.jpg

Golongan Kesatria ini memakai mantel putih dengan salib berwarna hitam. Sebuah pattée salibKerajaan Prusia dan Jerman sebagai Salib Besi. Moto Golongan Kesatria ini adalah:"Helfen, Wehren, Heilen" ("Bantu, Pertahan, Sembuh"). kadang kala digunakan sebagai jata mereka; imej ini kemudian digunakan untuk hiasan ketenteraan dan lambang kebesaran oleh

Knights Templar


Templarsign.jpg
Cop mohor Kesatria Templar yang terkenal dengan imej dua kesatria yang menunggang seekor kuda, sebagai simbol kemiskinan awal mereka. Teks adalah di dalam huruf-huruf Greek dan Latin, Sigillum Militum Xpisti: diikuti dengan salib, yang mana bermaksud "Mohor Tentera Kristian".

Aktif c. 1119–1314
Kesetiaan Papacy
Jenis Kristian Baratperintah tentera
Keanggotaan 15,000–20,000 anggota semasa kemuncaknya, 10% daripadanya adalah kesatria[1][2]
Ibu pejabat Gunung Kuil, Jerusalem
Gelaran Order of the Temple
Pengasas St. Bernard dari Clairvaux
Pakaian Mantel putih dengan salib merah
Perang/pertempuran Perang Salib, termasuk:
Pertempuran Montgisard (1177),
Pertempuran Hattin (1187),
Pertempuran Arsuf (1191),
Pengepungan Acre (1190–1191),
Pengepungan Acre (1291)
Reconquista
Komander
Grand Master pertama Hugues de Payens
Grand Master terakhir Jacques de Molay

Kesatria Templar atau Poor Fellow-Soldiers of Christ and of the Temple of Solomon (Latin: Pauperes commilitones Christi Templique Solomonici), merupakan antara pertubuhan pasukan tentera dari Kristian Barat yang paling terkenal.[3] Pertubuhan ini bertahan selama dua kurun semasa Zaman Pertengahan. Ia ditubuhkan selepas Perang Salib Pertama yang berlaku pada tahun 1096, dengan tujuan asalnya untuk memastikan keselamatan penganut Kristian yang mengunjungi Jerusalem selepas penaklukannya.

Kesatria Templar secara rasmi disokong oleh Gereja Katolik Rom sekitar tahun 1129, dan menjadi pertubuhan kebajikan yang disukai di seluruh dunia Kristian hinggakan keahliannya dan kuasanya berkembang dengan pantas. Kesatria Templar memakai mantel putih dan salib yang berwarna merah. Mereka adalah di antara unit tempur yang memiliki kemahiran tinggi semasa perang-perang salib.[4] Ahli-ahli pasukan ini yang tidak berperang akan menguruskan infrastruktur ekonomi di seluruh dunia Kristian, memperkenalkan teknik-teknik kewangan seperti perbankan,[5][6] dan membina banyak kubu di seluruh Mediterranean dan Tanah Suci.

http://www.reliks.com/products/bin/2781/thumbs/1.jpghttp://www.daydreamersfancydress.co.uk/acatalog/knightstemplarthumb.jpg

Kejayaan Templar bergantung rapat dengan perang salib; apabila kehilangan Tanah Suci, sokongan terhadap pasukan ini mula pudar. Khabar-khabar angin berkenaan upacara-upacara rahsia membawa kepada ketidakpercayaan, sementara Raja Philip IV dari Perancis yang mempunyai banyak hutang dengan pasukan ini mula menekan Paus Clement V bagi mengambil tindakan ke atas Kesatria Templar. Pada tahun 1307, ramai anggota pasukan ini di Perancis telah ditahan, dan diseksa untuk memberi pengakuan palsu. Mereka kemudian dihukum bakar hidup-hidup.[7] Pada tahun 1312, Paus Clement, di bawah tekanan berterusan daripada Raja Philip, telah membubarkan pasukan Kesatria Templar.

Sejarah

Templar didirikan oleh Hugh de Payens, seorang ksatria Perang Salib Pertama, bersama dengan 9 orang ksatria lainnya, pada sekitar tahun 1119. Mereka tetap tinggal di Tanah Suci seusai perang untuk mengawal para peziarah yang datang dari Jaffa ke Yerusalem.

Nama mereka merujuk kepada markas besar mereka yang historis, yaitu Bait Suci Yerusalem di Gunung Bait Suci. Apa yang dikira kaum Templar sebagai Bait Suci Yahudi di Yerusalem sesungguhnya adalah Masjid al-Aqsa, sebuah tempat suci Islam di puncak Bukit Moria, yang mereka ganti namanya menjadi Templum Domini (Bait Suci Tuhan). Puncak ini suci bagi orang Yahudi dan Kristen dan dikenal sebagai Gunung Bait Suci, namun bagi orang Muslim dikenal sebagai Al-Haram ash-Sharif (tempat perlindungan kudus). Templum Domini menjadi model bagi gereja-gereja Templar di kemudian hari di Eropa, seperti misalnya Gereja Temple di London, dan ditampilkan pada beberapa Segel Templar.

Selain di Palestina, ordo ini berperang di Reconquista Spanyol dan Portugal, yaitu perebutan kembali Spanyol dan Portugal dari tangan kekuasaan Islam. Markas besar kaum Templar di Tomar, Portugal adalah Convento de Cristo. Mereka diberikan tanah yang luas dan kastil di daerah yang masih kosong. Pada suatu saat, mereka mewarisi kerajaan Aragon, bersama-sama dengan ordo-ordo militer lainnya. Para Ksatria Templar dapat dikenali melalui mantel luar putih mereka, dengan salib merah yang menonjol yang ditempatkan di atas jantung atau di dada, seperti yang dapat dilihat dalam banyak gambar tentang para perwira Salib.

Perbankan

Hampir secara kebetulan kaum Templar terjun ke dunia perbankan. Ketika orang-orang bergabung dengan ordo ini, sering mereka menyumbangkan uang dalam jumlah besar atau harta milik lainnya kepada ordo ini karena semua harus mengambil sumpah kemiskinan. Ditambah dengan bantuan besar-besaran dari Paus, kekuatan finansial mereka sudah terjamin sejak awal. Karena kaum Templar menyimpan uang tunai di kantor-kantor cabang dan greja-gereja mereka, wajarlah bila pada 1135 Ordo ini mulai meminjamkan uang kepada para peziarah Spanyol yang ingin berkunjung ke Tanah suci. Keterlibatan para Ksatria ini dalam perbankan berkembang di kemudian hari menjadi basis yang baru bagi uang, karena kaum Templar semakin terlibat dalam kegiatan perbankan. Salah satu petunjuk dari koneksi politik mereka yang kuat ialah bahwa keterlibatan kaum Templar dengan riba tidak menimbulkan pertikaian di kalangan Ordo itu maupun Gereja pada umumnya. Tuduhan ini biasanya dihindarkan, dengan dikeluarkannya peraturan bahwa kaum Templar mempunyai hak atas produksi harta milik yang digadaikan.

Koneksi politik kaum Templar dan kesadaran akan sifat komersial dan urban dari komunitas seberang lautan sudah barang tentu menyebabkan Ordo ini memperoleh posisi kekuatan yang penting, baik di Eropa maupun di Tanah Suci. Sukses mereka membangkitkan keprihatinan di kalangan banyak ordo lainnya dan belakangan juga di kalangan kaum bangsawan dan raja-raja Eropa pula, yang pada saat itu berusaha memonopoli kekuasaan atas uang dan perbankan setelah masa kacau yang panjang di mana masyarakat sipil, khususnya Gereja dan ordo awamnya, telah mendominasi aktivitas finansial. Harta milik kaum Templar meluas di Eropa maupun di Timur Tengah, termasuk untuk beberapa waktu di seluruh Pulau Siprus.

Kehancuran

Keruntuhan kaum Templar mungkin dimulai oleh masalah pinjaman. Filipus IV, Raja Prancis membutuhkan uang tunai untuk peperangannya dan meminta bantuan uang dari kaum Templar. Mereka menolak. Raja berusaha meminta Paus mengucilkan kaum Templar karena penolakan ini, tetapi Paus Bonifasius VIII menolak. Filipus mengirim penasihatnya Guillaume de Nogaret, dalam upaya menculik Paus. Bonifasius VIII meninggal hanya sebulan kemudian karena terkejut atas usaha itu dan perlakuan yang buruk. Paus berikutnya, Benediktus XI, mencabut pengucilan atas Filip IV tetapi menolak untuk membebaskan Nogaret. Timbul kecurigaan bahwa Paus meninggal karena diracuni oleh agen Nogaret.

Paus berikutnya, Clemens V, setuju atas tuntutan-tuntutan Filipus IV terhadap kaum Templar, dan belakangan memindahkan takhta kepausan ke Avignon. Pada 13 Oktober(hari Jumat tanggal 13) yang sial tahun 1307, keseluruhan Ksatria Templar di Prancis secara berbarengan ditawan oleh agen-agen Filipus, kemudian disiksa agar mengakui adanya ajaran sesat di kalangan Ordo itu. Pada umumnya orang berpendapat bahwa Filipus, yang merebut perbendaharaan dan menghancurkan sistem perbankan biara, iri terhadap kekayaan dan kekuasaan kaum Templar, dan berusaha mengendalikannya untuk dirinya sendiri. Kejadian-kejadian ini dan aset-aset perbankan kaum Templar yang asli untuk para deposan yang mendadak berpindah-pindah, adalah dua dari banyak perubahan ke arah sistem persetujuan militer untuk mendukung uang Eropa, dan menyingkirkan kekuasaan ini dari Ordo-ordo Gereja. Menyaksikan nasib kaum Templar, para Hospitaller St. Yohanes dari Yerusalem dan Rhodes dan Malta juga merasa harus meninggalkan usaha perbankan mereka. Banyak dari harta kaum Templar di luar Prancis dialihkan oleh Paus kepada para Ksatria Hospitaller, dan banyak Ksatria Templar yang masih tersisa juga diterima menjadi anggota Hospitaller.

Banyak raja dan kaum bangsawan yang mendukung para Ksatria itu saat itu, dan baru membubarkan ordo tersebut di wilayah mereka ketika mereka diperintahkan oleh Paus Clemens V. Robert the Bruce, Raja Skotlandia, telah di-ekskomunikasi karena alasan-alasan lain, dan karena itu tidak mau mendengarkan perintah Paus. Di Portugal, nama Ordo ini diubah menjadi Ordo Kristus, dan diyakini telah ikut berperan dalam penemuan-penemuan pelayaran Portugis yang pertama. Pangeran Henry si Pelayar memimpin ordo Portugis ini selama 20 tahun hingga kematiannya. Di Spanyol, di mana raja Aragon juga menentang penyerahan warisan kaum Templar kepada kaum Hospitaller (seperti yang diperintahkan oleh Clemens V), Ordo Motesalah yang mengambil alih aset-aset kaum Templar.


Tuduhan ajaran sesat

Perdebatan berlanjut tentang apakah tuduhan tentang ajaran sesat memang layak dikenai menurut ukuran masa itu. Di bawah siksaan, sebagian kaum Templar mengaku melakukan tindakan-tindakan homoseksual, dan bahwa mereka menyembah kepala manusia dan sebuah agama misteri yang dikenal sebagai Bafomet. Para pemimpin mereka belakangan menyangkal pengakuan-pengakuan ini dan karena itu mereka dihukum mati. Sebagian pakar menolak semua ini dan menganggapnya sebagai pengakuan yang dipaksakan, sesuatu yang biasa terjadi di masa Inkuisisi.

Yang lainnya berpendapat bahwa tuduhan-tuduhan ini sebenarnya disebabkan oleh kesalahpahaman tentang ritual-ritual rahasia yang diadakan di balik pintu tertutup yang berasal pada pergumulan pahit Tentara Salib melawan kaum Sarasin. Hal ini mencakup penyangkalan terhadap Kristus dan meludahi Salib tiga kali, serta mencium bokong orang lain. Menurut sebagian pakar, dan dokumen-dokumen Vatikan yang baru-baru ini ditemukan, tindakan-tindakan ini dimaksudkan sebagai simulasi terhadap kemungkinan penghinaan dan siksaan yang akan dialami oleh seorang Tentara Salib bila mereka ditangkap oleh kaum Sarasin. Menurut alur penalaran ini, mereka diajarkan bagaimana melakukan kemurtadan hanya dengan pikiran saja dan bukan dengan hati.

Mengenai tuduhan penyembahan kepala dan bahwa kaum Templar berusaha mencampurkan kekristenan dengan Islam, sebagian pakar berpendapat bahwa yang pertama merujuk kepada ritual yang dilakukan dengan relikui Santa Eufemia, salah satu dari 11 hamba perempuan Santa Ursula, Hughes de Payens, dan Yohanes Pembaptis dan bukan penyembahan berhala. Kata yang terakhir konon berasal dari para "chaplain" yang menciptakan istilah Bafomet melalui kode Atbash untuk memistikkan istilah Sophia (kata Yunani untuk "hikmat"). Meskipun semakin diterima, penafsiran ini kontroversial karena penafsiran yang lebih luas diterima ialah bahwa Bafomet adalah sebuah penghinaan dalam bahasa Prancis kuno terhadap nama Nabi Muhammad SAW.

Teori persekongkolan berkaitan dengan tekanan terhadap para Ksatria Templar yang seringkali melampaui motif yang disebutkan, yaitu merampas harta milik dan memperkuat kekuatan geopolitik. Menurut posisi Gereja Katolik penganiayaan ini tidak adil, bahwa kaum Templar itu tidak mempunyai kesalahan, dan bahwa Paus pada saat itu dimanipulasi untuk menindas mereka. Jawaban Gereja pada waktu itu memperkuat posisi ini. Proses kepausan yang dimulai oleh Paus Clemens V untuk menginvestigasi baik Ordo secara keseluruhan maupun para anggotanya secara individu sama sekali tidak menemukan seorangpun ksatria yang bersalah menyebarkan ajaran sesat di luar Prancis. Sebanyak 54 ksatria dihukum mati di Prancis oleh penguasa Prancis dengan tuduhan pengaja-pengajar sesat setelah menyangkal kesaksian-kesaksian awal mereka yang disampaikan di hadapan Komisi Kepausan. Hukuman mati ini didorong oleh keinginan Filipus untuk mencegah lebih banyak kaum Templar memiliki gagasan-gagasn yang berani. Upaya ini gagal sama sekali, karena banyak orang lain yang memberikan kesaksian menolak tuduhan-tuduhan ajaran sesat ini dalam investigasi kepausan yang diadakan kemudian.

Pada akhirnya hanya tiga orang yang dituduh sesat langsung oleh Komisi Kepausan yaitu Jacques de Molay dan dua bawahan langsungnya. Mereka diharuskan menolak ajaran sesat mereka secara terbuka di muka umum. De Molay memperoleh keberanian kembali dan menyatakan bahwa Ordo dan ia bersama kedua rekannya tidak bersalah. Keduanya ditangkap oleh penguasa Prancis dan dituduh sebagai penyesat kambuhan, lalu dibakar pada salib pada 1314. Komisi Kepausan menemukan bahwa Ordo itu secara keseluruhan tidak sesat, meskipun ada bukti-bukti terisolasi tentang penyebaran ajaran sesat. Malah Komisi ini mendukung bahwa Ordo itu harus dipertahankan. Namun Clemens V, karena menghadapi pendapat umum yang kian meningkat dan menentang Ordo itu, merasa bahwa satu-satunya pilihan adalah menekan Ordo tersebut, artinya menarik persetujuan paus atasnya.

Sebuah bukti yang menunjukkan bahwa Clemens V sama sekali tidak rela bekerja sama dengan Filipus ialah bahwa Paus memutuskan harta dan tanah Ordo itu dialihkan kepada Ordo Hospitaller (meskipun sebagian tanah kaum Tempar dikuasai oleh Filipus dan para bangsawan Eropa lainnya selama bertahun-tahun. Hal ini bertentangan dengan kehendak Filipus agar harta mereka yang di Prancis dialihkan kepadanya.

Sebuah legenda yang dikenal luas mengatakan bahwa ketika ia dibakar pada salib Jacques de Molay, Guru Besar dari para Ksatria templar, mengutuk Raja Filipus dan Paus Clemens V bahwa mereka akan menemui peradilan kekal dalam tempo satu tahun. Paus Clemens V meninggal hanya satu bulan kemudian, sementara Filipus IV tujuh bulan sesudahnya. Para komentator sangat gembira dengan perkembangan itu dan seringkali menyampaikan cerita ini dalam laporan mereka.

Knights Hospitaller



http://antipemurtadan.files.wordpress.com/2009/12/522px-coat_of_arms_of_the_sovereign_military_order_of_malta-svg.png

The Knights Hospitaller yang nama lengkapnya dalam bahasa Inggris adalah : The Order of Knights of the Hospital of St.John of Jerusalem sering juga disebut dengan Knights of Malta atau Knights of Rhodes. Dua nama terakhir lebih merupakan nama sebutan berdasarkan base Ordo itu yang berpindah beberapa kali.
Tahun 1020, para pedagang dari Amalfi dan Salerno Italia atas izin Kalifah Mesir membangun rumah sakit di Yerusalem. Pusat suaka dan medis itu dibangun atas nama St. John The Baptist ( Santo Yohannes pembaptis ), melayani para peziarah Kristen yang mengunjungi tempat kelahiran Kristus di Yerusalem.

http://www.theknightshop.co.uk/catalog/images/Untitled-1%20copy.jpghttp://farm3.static.flickr.com/2254/2445904696_e8f9542379.jpg
Pada awalnya, Ordo ini hanya melayani para peziarah disana, namun dalam waktu singkat tugasnya bertambah selain bagian medis dan kerohanian, juga mengorganisir pengawalan bagi para peziarah.
Bersama dengan Knights Templar, Hospitallers menjadi salah satu elemen paling penting dan kuat di wilayah Palestina. Knights Hospitallers kemudian mulai mendapatkan reputasi tempurnya dalam skrimish2 melawan pasukan2 Muslim sepanjang jalur pengawalan mereka. Para Ksatrianya mengenakan jubah berwarna hitam dengan emblem salib warna putih.

http://tidakmenarik.files.wordpress.com/2009/07/kirk6479customimage1692642.jpg?w=450&h=596

Bersama knight tampler ( putih dan merah )

Ketika ’sepupu’ sekaligus rival mereka yaitu Knights Templar mengalami holocaust oleh Inquisitor Vatikan dan Phillip dari perancis di thn 1312, banyak sekali properti milik Templar yg dialihkan ke tangan Knight Hospitaller. Pengaturan pengendalian atas aset2 mereka dibagi menjadi 8 wilayah ( Provence, Auvergne, Perancis, Itali, Aragorn, Castille, Jerman dan Inggris ).
Setelah beberapa kali berpindah wilayah, Knights Hospitaller berakhir di Malta. Ketika di tahun 1798 Napoleon merebut pulau itu dalam ekspedisinya ke Mesir.
para anggota Ordo Hospitaller kemudian berubah status dari Ksatria militer menjadi kelompok sosial dan kemanusiaan.
Saat ini organisasi tersebut bernama ” Sovereign Military Order of Malta ” berdiri sebagai organisasi kemanusiaan dan sosial. Tetap menjadi Ksatria walau tanpa pedang, kuda dan jubah hitam




No comments:

Post a Comment