Tuesday, March 27, 2012

10 Pecatur Terbaik Sepanjang Sejarah

1. Jose Raul Capablanca

Tidak diragukan lagi, pemain dengan bakat alam terhebat sepanjang sejarah. Sering terlihat malas dan tidak suka membuang waktu untuk membaca buku catur. Akan tetapi, kontribusinya terhadap teori pembukaan catur sangat besar. Rekornya adalah 318 menang, 249 draw, dan hanya 34 kali kalah di semua pertandingan dan kejuaraan dalam rentang waktu 1909 sampai 1939. Belum ada Grandmaster yang bisa menanding jumlah kekalahan sesedikit itu dalam rentang waktu tersebut.

2. Garry Kasparov

Juara dunia selama 15 tahun dan mungkin dia adalah tactician terbaik sepanjang masa. Memegang titel sebagai juara dunia dari 1985 sampai 2000 (ketika akhirnya dikalahkan oleh Kramnik). Dia sering dijuluki “Monster Bermata Sepulu” yang dapat melihat segalanya pada posisi apapun. Dia adalah pemain yang kemampuan taktisnya dianggap paling mirip komputer dan memiliki pemahaman posisonal yang kuat dan persiapan opening paling dalam sepanjang sejarah.

3. Mikhail Botvinik

Satu2nya pemain yang menjadi juara dunia pada dua ajang yang berbeda.. Dia merupaka seorang ilmuwan dan ini terlihat dari gaya bermainnya yang suka membuat posisi tertutup dan melakukan manuver dari sayap. Meskipun bakat caturnya besar, kemampuannya paling dipengaruhi oleh persiapan yang sangat serius sebelum pertandingan, terutama dalam mempelajari endgame. Hasilnya adalah kemampuan penilaian posisi dan konsentrasi yang luar biasa pada setiap pertandingan. Kontribusinya pada pengembangan komputer catur juga besar.

4. Steinitz

Somebody 3 once said that if you take all the pieces from the board, put them in a box, shake them around a bit and then pour them back onto the board you would have the style of Steinitz. His games include many bizarre positions and his original style of play made him an unpredictable and dynamic adversary. It has also been said that for 20 years he stood higher above his contemporaries than any other master. This overwhelming superiority demonstrated that he was well ahead of his time and his tournament record was the best up to his defeat in the world championship match in 1894 at age 59. His play could be tactical or positional as he excelled in both areas and this flexibility was arguably his greatest asset.

5. Alekhine

Menjadi juara dunia dua kali, hanya kalah sekali dari Euwe tetapi langsung segera merebutnya kembali tidak lama kemudian. Kemudian, dia hanya kehilangan gelar karena meninggal dunia. Dia pemabuk . Pemain yang kuat dengan determinasi tinggi dan dijuluki “Complete Player”. Dia adalah idola Kasparov.

6. Anatoly Karpov

Tumpul dan tidak inspiratif. Otulah ciri permainan Karpov. Permainannya yang sering ingin menghindari tekanan membuat permainannya “kering”. Meski begitu, bakatnya tak terbantahkan. Juara dunia sepuluh kali adalah buktinya. Pemain ini terkenal dengan pembukaan Caro-Kann nya.

7. James “Bobby” Fischer

Juara Dunia yang kesebelas. Sering disebut-sebut sebagai “The Greatest Chess Player of The Time”. Di umur 13 tahun, dia mengikuti kejuaraan kandidat penantang Juara Dunia dan pertandingannya saat itu ada yang mendapat julukan “Game Of The Century”. Menjadi GM pada umur 15 tahun dan menjadi GM termuda saat itu. Meskipun kemampuannya brilian, kebanyak permainan caturnya tidak memiliki “kehalusan”. Permainan Fischer sangat ditentukan oleh persiapan pembukaan, dan (menurut penulis di situs ini) tanpa hal itu prestasinya tidak impresif. Meskipun Fischer cemerlang di eranya, dia tidak memberi cukup bukti untuk pantas ditempatkan lebih tinggi pada daftar ini.

8. Larsen

Tidak pernah menjadi juara dunia tetapi salah satu pemain terbaik. Dia bisa masuk ke dalam posisi yang menurut orang lain jelek tetapi dida bisa melihat potensi dari posisi tersebut dan memenanginya. Larsen tidak pernah bermain hasil seri dan permainannya sangat populer di kalangan publik. Repertoire pembukaannya sangat variatif. Dia adalah seorang jenius dalam sisi tertentu dan masternya counter-attack. Caranya keluar dari posisi yang kaku dan jelek dan memenanginya patut untuk dipelajari semua orang.

9. Nezhmetdinov

Salah satu wildcard dalam daftar ini. Jarang dikenal orang banyak tetapi jenius dalam taktik. Permainannya sangat variatif. Anda tidak akan tahu betapa hebatnya orang in sampai Anda mempelajari permainannya.

10. Emanuel Lasker

Bakat Fenomenal. Gaya bermainnya yang sering masuk ke dalam posisi yang berbahaya sangat populer. Dialah orang pertama yang menyarankan agar catur dielajari dengan pendekatan ilmiah dan menulia buku catur berjudul “Chess Strategy” yang sampai sekarang masih banyak dipakai sebagai panduan. Dia memegang gelar juara dunia selama 26 tahun. Hanya kalah dari Steinitz (28 tahun).

No comments:

Post a Comment