Saturday, September 17, 2011

10 Fakta Menarik Eropa

Istanbul, Ibukota Dua Benua


Sejak zaman kuno, Istanbul telah menyatukan Asia dan Eropa melalui Selat Bosphorus. Tak diragukan lagi jika kota yang menakjubkan ini merupakan salah satu tempat yang paling indah di bumi. Istanbul adalah satu-satu kota metropolis yang menjembatani dua benua. Istanbul adalah Ibukota Kebudayaan Eropa pada tahun 2010, sebuah program yang diprakarsai oleh Uni Eropa.

Sepanjang sejarah, kota ini telah menjadi ibukota banyak kerajaan. Napoleon Bonaparte pernah berkata: “Jika bumi adalah sebuah negara tunggal, Istanbul akan menjadi ibukotanya.”

Gunung Berapi Paling Aktif


Etna adalah gunung berapi terbesar sekaligus teraktif di Eropa. Dengan ketinggian maksimum sekitar 3350 m, Gunung Etna merupakan Stratovolcano yang terletak di Sisilia, Italia selatan.

Gunung berapi tertinggi di Eropa ini sebenarnya adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia. Anda dapat mencari update pada topik letusannya di situs Istituto Nazionale di Geofisica e Vulcanologia. Letusannya telah didokumentasikan sejak zaman kuno, lebih tepatnya sejak 1500 SM. Ini adalah periode letusan tertua yang didokumentasikan di dunia.

Stromboli juga merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif. Ini adalah salah satu dari delapan Aeolian Islands (Isole Eolie), kepulauan vulkanik lepas pantai. Menurut spesialis, Stromboli adalah gunung berapi hanya aktif di daratan Eropa.

Gunung Vesuvius, paling dikenal karena letusan yang benar-benar menghancurkan Pompeii dan Herculaneum. Terakhir meletus pada tahun 1944.

Vatnajokull (Islandia) adalah gletser terbesar di Eropa di mana terletak tujuh gunung berapi di bawah topi esnya.

Negara Terbesar dan Negara Terkecil


Eropa adalah rumah untuk bagi negara terkecil di dunia, Vatikan City State (Stato della Città del Vaticano) dan negera terbesar, Rusia (ditinjau dari penduduk dan luas wilayahnya). Sementara Cina merupakan negara dengan tetangga yang paling banyak (15), diikuti oleh Rusia (14) dan Brasil (10).

Menurut CIA World Factbook, wilayah Rusia luasnya mencapai 17.098.242 km persegi (daratan 16.377.742 km persegi; air 720.500 km persegi), sementara luas Vatikan hanya 0,44 km persegi.

Merry Cemetery



Tempat pemakaman sering digambarkan sebagai tempat untuk bersedih, tetapi pemakaman pun ternyata juga dapat menghibur. Sapanta yang terletak di Utara Rumania terkenal di seluruh dunia karena Merry Cemetery-nya, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO. Sapanta adalah kuburan yang unik dan menjadi daya tarik wisata. Apa yang menarik? Desain atipikal batu nisannya yang berbentuk salib besar terbuat dari kayu ek. Dicat dengan tangan dengan warna yang hidup seperti merah, biru, hijau, kuning dan diukir dengan epitaphs singkat nan lucu untuk menggambarkan hidup atau keadaan orang-orang yang meninggal.

Orang di balik konsep ini adalah pengrajin Rumania, Ioan Stan Patras, yang memulai memahat salib pada tahun 1935. Budaya kuno Dacians, nenek moyang Rumania, melihat kematian sebagai pembebasan dan keabadian jiwa. Sapanta mempertahankan sikap positif terhadap kematian dan menyambutnya dengan senyum.

Patung Liberty


Patung Liberty yang terkenal itu ternyata dirancang oleh Frédéric Bartholdi. Patung neoklasik kolosal itu dibangun di Perancis dan diberikan sebagai hadiah persahabatan pada Amerika Serikat. Sementara kerangka bajanya dibuat oleh Alexandre Gustave Eiffel, seorang insinyur Perancis yang brilian, yang berada di balik pembuatan Menara Eiffel.

Tinggi keseluruhan patung Liberty adalah 305 kaki, 6 inci dan tujuh sinar pada mahkota Lady Liberty mewakili tujuh benua. Lady Replika Liberty sendiri telah diciptakan di seluruh dunia dan yang paling terkenal terletak di Perancis.

Asal-usul Nama Eropa

Menurut mitologi Yunani kuno, Europa adalah seorang putri Fenisia yang cantik. Ia adalah putri Agenor, raja Tirus. Zeus jatuh cinta pada Europa sehingga ia memutuskan untuk muncul di depan Europa dalam wujud banteng putih untuk meyakinkan Europa. Kekuatan metamorfosis Zeus adalah elemen kunci dalam mitologi Yunani.

Sang putri kemudian naik ke punggung banteng jelmaan Zeus dan segera dibawa ke Kreta di mana Zeus mengungkapkan dirinya yang sebenarnya dengan segala kemuliaannya kepada Europa. Zeus dan Europa akhirnya dikarunia tiga anak: Sarpedon, Minos dan Rhadamanthys.

Secara etimologis, Eropa, berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti lebar, berwasandan beraspek luas..

Laut Mediterania

Dalam 40 tahun terakhir telah ditemukan bukti kuat yang menyatakan bahwa Laut Mediterania sering mengalami kekeringan di masa lalu. Peristiwa itu juga dikenal sebagai Krisis Salinitas Messinian. Kisah menakjubkan dari penemuan ini diceritakan dalam ” The Mediterranean Was a Desert, Voyage of the Glomar Challenger” oleh Kenneth J. Hsu.

Menurut Rob Butler, “Krisis Salinitas di Mediterania mewakili salah satu contoh perubahan yang paling dramatis di lingkungan luar daerah glasial dalam catatan geologi yang relatif muda.”

Tempat Lahir Kerajaan-kerajaan Besar


Banyak kerajaan terbesar yang lahir di Eropa. Kerajaan Inggris itu pada satu waktu merupakan kekaisaran terbesar di dunia. Luasnya mencakup lebih dari 36 juta kilometer persegi dan memiliki populasi antara 480 dan 570 juta orang. Pada puncak kekuasaannya, dikatakan bahwa “matahari tidak pernah terbenam.” Sementara imperium kolonial lain yang terkenal adalah Kerajaan Spanyol, Kekaisaran Rusia, Kekaisaran Perancis, Kekaisaran Portugis.

Kekaisaran Romawi, sebuah kerajaan pra-kolonial, sering digambarkan sebagai tempat lahirnya peradaban modern dan salah satu kerajaan dunia yang paling sukses.

Nama Terpanjang

Siapkan diri untuk mendengar beberapa nama terpanjang yang diakui secara resmi. Memang Sulit untuk mengalahkan sebuah nama bukit di Selandia baru:

Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu

Tapi, mari kita mencoba mengalahkannya.

Sebuah desa di Wales, Inggris Raya, memiliki nama yang berisi 58 huruf. Ini pun diakui sebagai nama tempat terpanjang di Eropa. Namanya adalah Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch yang berarti “Gereja St Mary di lembah pohon hazel putih di dekat pusaran air yang deras dan Gereja St Tysilio dari gua merah.” Versi pendeknya adalah Llanfairpwllgwyngyll.

Periksa juga nama-nama yang luar biasa panjang lainnya: Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä, yang terletak di Finlandia, Siemieniakowszczyzna di Polandia dan Newtownmountkennedy di Irlandia.

Periode Migrasi

Zaman Migrasi tetap menjadi salah satu fakta yang paling diketahui tentang Eropa, yaitu ketika berbagai macam suku membanjiri Eropa. Tahap pertama dari gerakan migrasi berakhir sekitar 500 M ketika suku-suku Jermanik (Frank, Goth, Saxon, Vandal, Lombard dan lain-lain) mendirikan kerajaan mereka di tengah, Barat, Selatan dan SE Eropa. Periode ini kemudian diikuti oleh fase kedua Periode Migrasi ((500-700 M), yaitu migrasi orang-orang Slavia.

Invasi dari Avar dan Bulgaria, Penaklukan Muslim atas Sisilia, Invasi Hungaria dan invasi Viking juga merupakan saat-saat penting lainnya dalam sejarah Eropa

toptenz

1 comment: