Thursday, October 13, 2011

10 Jenis Wine Terbaik yang Perlu Anda Tahu

Awalnya, wine dibuat dari sari buah anggur jenis vitis vinifera yang hanya tumbuh di area 30-50 derajat lintang utara dan selatan. Manusia membuat wine sejak 5.000 tahun lalu. Buah anggur diketahui tumbuh di muka bumi melalui keberadaan fosil berusia lebih dari 60 juta tahun. Bukti tertulisnya ada di kitab Injil Perjanjian Lama. Dalam kitab itu ditulis bahwa Nabi Nuh pernah menanam anggur dan membuat wine.

Bangsa Mesir mencatat, sejak 2.500 SM buah anggur digunakan untuk membuat wine. Seperti terungkap di Injil, wine pertama dibuat di Timur Tengah. Selain itu, baru penduduk Minoa, Yunani, dan Etruska mengenalnya. Beberapa abad kemudian, wine digunakan dalam prosesi keagamaan di gereja Kristen.

Bangsa Roma-lah adalah bangsa yang memperkenalkan pembuatan wine ke Eropa Barat, terutama Perancis, Jerman, dan Austria. Dalam perjalanannya, Christopher Colombus juga membawa wine hingga ke Meksiko, Amerika Selatan, Afrika Selatan, Australia, dan California. Namun di balik semua ini hanya ada 10 anggur terbaik berdasarkan sebuah test yang dilakukan oleh para pecinta anggur di belahan dunia.

Bagi Anda para pecinta anggur khususnya, tentu tahu ynag mana anggur kualitas terbaik dan buruk. Bahkan usia yang semakin tua membuat anggur tersebut semakin menjadi mahal sekali, dikarenakan mempunyai rasa citra tinggi didalam rasa anggur tersebut, tentunya bagi para pecinta anggur yang dapat mendeteksi hal tersebut.

10. Chateau Lafite Rothschild Pauillac
Wine ini beraroma mint dan mampu bertahan lama. Pada awalnya, wine ini digunakan sebagai sebuah obat oleh seorang politisi Perancis, yang memperkenalkan kepada King Louis XV.

9. Chateau Margaux
Berwarna sangat pekat dan rasanya cenderung pahit, namun banyak disukai orang.

8. Chateau Haut Brion Pessac Lognan
Diciptakan oleh produsen Bordeaux tertua di dunia, yaitu Hot Brion. Namun jenis minuman anggur ini harus segera diminum, karena jenis anggur ini tidak bisa bertahan lama.

7. Chateau Mouton Rothschild Pauillac
Wine ini berasal dari keluarga miliarder Rothschild ini punya kelainan karena desainnya yang menarik, yang dirancang oleh para seniman dunia seprti Picasso setelah perang dunia II.

6. Chateau La Mondote Saint Emillion
Dianggap wine murahan karena berasal dari ladang anggur kecil. Namun anggur yang ditanam berhasil mencapai kematangannya dengan sempurna, dan merajai pasar wine di kelasnya.

5. Chateau Valandraud Saint Emillion

Jenis ini mempunyai rasa yang sangat kaya, hingga banyak digemari para pencinta wine.

4. Chateau Latour Pauillac

Menjadi favorit karena memiliki rasa karamel. Jadi, kalau Anda ingin minum anggur yang beraroma karamel, sudah pasti wine ini yang harus Anda pilih.

3. Chateau Le Pin Pomerol
Berasal dari ladang anggur milik keluarga Thienpont ini tak hanya dibeli untuk diminum, namun juga banyak diburu oleh para kolektor karena citarasanya yang khas.

2. Chateau Petrus
Berasal dari anggur yang matang selepas dari pohon yang dibiarkan matang di tempat penyimpanan.

1. Dom Romane Conti
Wine jenis burgundy red wine ini merupakan wine termahal di dunia. Berasal dari Perancis dan memiliki rasa yang lebih tajam dibandingkan wine lainnya. Harganya? Untuk perbotolnya mencapai US$ 15 ribu. (IRV/CW)

1 comment:

  1. A map was studied by Columbus before the trans-Atlantic cruise that had been cleaned using computer software
    suksestoto

    ReplyDelete