Tuesday, August 31, 2010

kemuncak tertinggi di dunia

Gunung yang terdapat di permukaan bumi memang banyak. Beberapa diantaranya menjadi sangat menarik kerena memiliki keistimewaan. Mulai dari ketinggian, ciri khas, keindahan alam, dan lainnya. Nah, berikut ini beberapa Gunung - Gunung hebat di dunia.

Jaya Wijaya, Pemilik Salju Abadi.


isi-bumi-kita.blogspot.com

Satu - satunya gunung di wilayah iklim tropis yang memiliki salju adalah pegunungan Jaya Wijaya. Dari kejauhan salju - salju tersebut tampak menhitam karena sangat dingin. Salju abadi dapat di temui di tiga puncak tertinggi pegunungan yang berada di propinsi papua itu. Antara lain di puncak jaya di ketinggian 5.030 m, puncak Trikora dengan ketinggian 5.160 m, serta puncak Yamin yang mencapai 5.100 m. Karena keistimewaan ini, banyak pendaki dan peneliti gunung datang ke bumi Cendrawasih tersebut unutk merasakan dinginnya salju di wilayah alam yang panas. Ternyata gunung yang ada di Indonesia bisa terkenal ke mancanegara. Hebat kan?

Rocky Mountains, Memang Pegunungan Batu.

isi-bumi-kita.blogspot.com

Rocky Mountain memang pegunungan yang memanjang di kawasan Amerika Utara. Panjangna sekitar 4.800 km. Wow!, Ujung pegunungan muncul mulai British Colombia di Canada, membentang hingga berakhir di wilayah New Mexico, Amerika Serikat. Di sebut Rocky Mountains karena memang komposisi gunung tersiri dari material padat seperti bebatuan dan cadas. Puncak tertinggi terdapat di gunung Elbert, Colorado yang mencapai sekitar 4.401 meter.

Pegunungan Alpen, Menjelajahi Banyak Negara.

isi-bumi-kita.blogspot.com

Pegunungan Alpen di benua Eropa merupakan pegunungan yang luasnya menyebar dan melintasi banayak negara. Bayangkan, pegunungan yang tingginya mencapai 4.880 meter itu melintasi Austria, Slovenia, Italia, Swiss, Jerman, hingga Prancis. Nama ALpen di ambil dari bahasa latin , yakni kata Albus yang berarti putish atau altus yang berarti tinggi.

Uniknya lagi, untuk merujuk gunung yang sama, masing - masing negara memiliki sebutan yang berbesa. Orang Inggris menyebut nya Alp, orang Pranci menyebut nya Alpes. Sementara orang Italia menyebutnya Alpi. Puncak tertinggi pegunungan ALpen adalah Mon Blanc yang berada tepat di perbatasan Prancis-Italia. Jika musim salju tiba, pegunungan ini justru di kunjungi banyak oarng untuk melakukan olah raga ski. Enak ya bisa bermain ski....

Pegunungan Andes, Membentang Sepanjang Amerika Selatan.

isi-bumi-kita.blogspot.com

Pegunungan Andes yang terletak di Amerika Selatan adalah pegunungan yang teroanjang dan tertinggi di dunia. Terbentang sepanjang 4.500 mil dari utara ke selatan di pantai barat benua Amerika Selatan, melintasi beberapa negara. Karena panjangnya, iklim nya pun berlain - lainan, Di bagian utara lebih panas karena dekat dengan khatulistiwa, gunung - gunung nya ada di Selatan dekat Antartika.

Di pegunungan Andes ini, terdapat perbatasan Bolivia dan Peru terletak di kawasan tertinggi yang didiami manusia di dunia, di sebut antiplano. Di sinilah di perkirakan pusat kerajaan Inca, yang sudah sangat tinggi kebudayaannya pada zaman dahulu kala. Bekas kerajaan ini sekarang juga termasuk kawasan yang di lestarikan oleh UNESCO (salah satu badan PBB).

Kilimanjaro, adalah Mahkota Tanzania.

isi-bumi-kita.blogspot.com

Dengan ketinggian 5.895 meter, Kilimanjaro menjulang dengan anggun. Diameter dasarnya saja mencapai 70 km. Dalam cuaca cerah, puncak Kilimanjaro dapat terlihat dari jarak 160 km. Walaupun letaknya hanya 3 derajat di bawah khatulistiwa, puncaknya selalu di selimuti salju.

Hutannya di huni oleh kumpulan fauna yang paling lengkap di dunia, seperti gajah, leopard, singa, monyet - monyet colobus dan burung -burung. Hutan hujan nya juga paling subur, Chagga di kaki Kilimanjaro adalah lokasi perkebunan kopi, jagung dan pisang yang luas.

Kilimanjaro termasuk kawasan yang di lestarikan olh UNESCO World Heritage Site. Selain itu Kilimanjaro adalah bagian adri taman Nasional Kilimanjaro yang luas nya 755 km persegi.

Himalaya, Pusat Kehidupan Asia.

isi-bumi-kita.blogspot.com

Himalaya adalah pegunungan yang memisahkan antar India dan dataran tinggi Tibet. Pegunungan Himalaya adalah gunung yang tertinggi di planet kita, puncaknya yang paling terkenal adalah Gunung Everest. Bandingkan saja, puncak Aconcagua di pegungan Andes tingginya 6.962 m, sedangkan di Himalaya adala lebih dari 100 puncak yang tingginya lebih dari 7.200 m.

Pegunungan Himalaya terbentang melintasi enam negara: Bhutan, China, India, Nepal, Pakistan, dan Afghanistan. Kalian tahu kan bahwa pegunungan adalah juga sumber air? Nah, Himalaya ini adalah sumber air unutk tiga sungai terbesar di dunia: Indus, Gangga-BrahmanaPutra dan Yangtze. 750 juta orang hidup di daerah aliran sungai ini, termasuk Banglasdesh.


Sumber : http://isi-bumi-kita.blogspot.com/2010/08/gunung-gunung-hebat-di-dunia.html

No comments:

Post a Comment