Monday, July 5, 2010

5 Bahasa di Dunia Yang Akan Segera Punah

5 bahasa akan segera musnah dari muka bumi, Gan. Para penutur bahasa-bahasa tersebut semakin sedikit, hanya tinggal menunggu waktu saja, apabila tidak segera ada tindakan penyelamatan.

Berikut kelima bahasa tersebut:
1. Ter Sami (2 orang)
Bahasa Ter Sami hampir merupakan bahasa mati, hanya ada dua orang yang dapat berbicara bahasa itu dan setelah mereka tiada, bahasa ini akan hilang dari muka bumi. Bahasa ini dituturkan di bagian timur laut dari Semenanjung Kola, Rusia. Uni Soviet dituduh menjadi pelakunya yang memfokuskan hanya pada penggunaan bahasa Rusia yang berakibat musnahnya bahasa yang lebih kecil.

2. Bahasa Kayardild (10 orang)
Sama seperti Ter Sami, bahasa Kayardild juga tamu di bumi dan akan segera menghilang. Bahasa ini kebanyakan diucapkan di Bentinck Island dan pulau-pulau sekitarnya seperti Pulau Sweers, North West Queensland, Australia

3. Ume Sami (sekitar 10)
Bahasa Ume Sami diucapkan sepanjang Sungai Ume (salah satu sungai utama di bagian utara Swedia). Perjanjian Baru diterjemahkan ke dalam bahasa Sami Ume pada 1775, setelah beberapa tahun tidak ada yang akan dapat membaca bahwa terjemahan dan akan diselamatkan seperti barang antik.

4. Pite Sami (sekitar 20)
Bahasa ini digunakan oleh sekitar 20 penutur asli di Swedia dan Norwegia. Pite Sami merupakan salah satu dari empat bahasa Sami yang tidak memiliki bahasa tertulis resmi.

5. Votik Bahasa (20)
Yang kelima, bahasa Votik yang dituturkan di Ingria, barat laut Rusia.
Votik memiliki enam tenses, present, imperfect; and the rest of which are compound tenses: present perfect, past perfect, future and future perfect.

No comments:

Post a Comment